Faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan untuk membayar pajak wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas pada kpp pratama samarinda

Mariatul Fathah, Yana Ulfah, Agus Iwan Kesuma

Abstract


Berdasarkan fakta yang ada jumlah wajib pajak dari tahun ke tahun semakin bertambah. Kurangnya kesadaran wajib pajak menjadi masalah dalam memaksimalkan penerimaan pajak. Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian terhadap kemauan membayar pajak wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas di KPP Pratama Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode survey yang menggunakan data primer berupa kuesioner yang diberikan kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas yang terdaftar di KPP Pratama Samarinda. Berdasarkan data dari KPP Pratama Samarinda wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas per November 2016 sebanyak 38.717. Dari jumlah tersebut diambil sampel dengan menggunakan metode convenience sampling. Jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 100 orang. Dengan menggunakan alat analisis regresi berganda menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan siginfikan terhadap kemauan membayar pajak, sedangkan pengetahuan peraturan perpajakan tidak berpengaruh siginfikan terhadap kemauan membayar pajak.


Keywords


Kemauan membayar pajak; kesadaran wajib pajak; pengetahuan peraturan perpajakan; kualitas pelayanan

References


Atiqah dan Verisca Dena Fitria. 2010.“Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan dan Kesadaran Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Menyampaikan SPT”. Akuntabilitas, Vol. 3 No 1 .

Arum, Harjanti Puspa. 2012.“Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas”. Diponegoro Journal of Accounting, Vol. 1, No. 1.

Edwin Nugraha. 2016. “ Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas di KPP Pratama Yogyakarta.

Eka Setyawati. 2013. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemauan untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011. ”Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19”. Universitas Diponegoro Edisi IV, Jakarta.

Handayani, Sapti Wuri. 2012.”Faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan membayar pajak wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas”. Makalah Simposium Nasional Perpajakan.

Hardiningsih, Pancawati dan Nila Yulianawati. 2011.”Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak”. Dinamika Keuangan dan Perbankan, Vol. 3 No. 1.

Kertajaya, Himawan. 2007. ”Perilaku Sosial Dalam Ekonomi”. Aksara, Jakarta. Mardiasmo.2011. “Perpajakan edisi revisi 2009”, Edisi XIV, Andi, Yogyakarta. Riano Roy Purnaditya.2015. “Pengaruh Pemahaman Pajak, Kualitas Pelayanan

dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Pajak

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian, Cetakan ketujuh belas. Alfabeta .

Bandung.

Supriyati dan Nur Hidayati. 2008.“Pengaruh Pengetahuan Pajak dan Persepsi Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak”. Akuntansi dan Teknologi Informasi, Vol.7 No.1.

Tatiana, Vanessa dan Priyo Hari.2009. “Dampak Program Sunset Policy terhadap Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak”. Makalah Simposium Nasional Perpajakan II.

Undang-Undang No.28 tahun 2007, Tentang Perubahan Ketentuan dan Tata Cara Umum Perpajakan.

Verisca Dena Fitria.2010. “Pengaruh Pengetahuan Perpajaka, Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan dan Kesadaran Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT)

Waluyo. 2005. Perpajakan Indonesia, Pembahasan Sesuai dengan Ketentuan Perundang-undangan Perpajakan dan Aturan Pelaksanaa Perpajakan Terbaru Edisi V, Jakarta.

Winda Kurnia Fikriningrum.2012. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak. Widayati dan Nurlis.2010. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan

Bebas”. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i1.3262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com