ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Oktavia Megaria, Hj. Nurita Affan, Ibnu Abni Lahaya

Abstract


Oktavia Megaria, 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dibawah bimbingan Nurita Affan dan Ibnu Abni Lahaya.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan publik di Indonesia. Faktor-faktor tersebut terdiri dari debt to equity ratio, profitabilitas, kualitas auditor dan ukuran perusahaan. Sampel penelitian ini menggunakan perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik pada tingkat signifikansi 5%.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hanya variabel ukuran perusahaan yang berpengaruh positif terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan, sementara variabel debt to equity ratio, profitabilitas, dan kualitas tidak berpengaruh terhadap ketepatan pelaporan keuangan. Ketepatan waktu pelaporan keuangan sangat diperlukan oleh para pemakai laporan keuangan, pemakai tidak hanya perlu memiliki informasi keuangan yang relevan dengan prediksi dan keputusannya, tetapi informasi harus lebih bersifat baru, dan tidak hanya berhubungan dengan periode yang lalu.

 

Kata Kunci: ketepatan waktu, debt to equity ratio, profitabilitas, kualitas auditor, ukuran perusahaan.


References


Andini, Herliana Widya. 2016. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014). Skripsi. Universitas Bakrie. Jakarta.

Apriayanti dan Setyarini Santosa. 2014. Pengaruh Atribut Perusahaan dan Faktor Audit Terhadap Keterlambatan Audit pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Malaysia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol.16, No.2.

Astuti, Christina Dwi. 2007. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, dan Keuangan Publik. Vol.2, No.1.

Dewi, Karina Mutiara. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu dan Audit Delay Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2007-2011). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Dwiyanti, Rini. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Hilmi, Utari dan Syaiful Ali. 2008. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar di BEJ Periode 2004-2006). Jurnal dan Prosiding SNA - Simposium Nasional Akuntansi XI, 22 Maret.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hery. 2013. Teori Akuntansi. Suatu Pengantar. Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Irawan, Ekky Anandika. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan Perbankan Go Publik di Bursa Efek Indonesia (Studi Pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009). Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Indrayenti dan Cindrawati Ie. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia). Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol.7, No.1.

Islam, Lathiefatunnisa Nur. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan: Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2013). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Iyoha, Francis O. 2012. Company Attributes and The Timeliness of Financial Reporting in Nigeria. Bussiness Intelligence Journal. Vol.5, No.1.

Jensen, Michael C. dan William H. Meckling. 1976. Theory of The Firm: Manajerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics. Vol.3, No.305-360.

Kadir, Abdul. 2011. Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. Vol.12, No.1.

Kurniawati, Astrid. 2014. Faktor-Faktor Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik di Indonesia (Studi Empiris di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitass Dian Nuswantoro, Semarang.

Kusumawardani, Fitria. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Analisis Akuntansi. Vol.2, No.1.

Lestari, Dewi. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay: Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Lucyanda, Jurica dan Sabrina Paramitha Nura’ni. 2013. Pengujian Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay. Jurnal Akuntansi dan Auditing. Vol.9, No.2.

Marathani, Dhea Tiza. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol.2, No.1.

Martono dan Agus Harjito. 2008. Manajemen Keuangan. Penerbit Ekonisia. Yogyakarta.

Murniati, Sitti. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ilmiah. Vol.8, No.3.

Noviandi, Bimo Satmoko. 2007. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Pelaporan Keuangan Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2003-2005). Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Nurmiati. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Vol.13, No.2.

Permana, Alexius Edwin Verdi. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI). Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Prahesty, Siska. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Food and Beverages di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2004-2009). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Pratama, Luanda Satya dan Haryanto. 2014. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Timeliness Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi. Vol.3, No.2.

Puspitasari, Elen dan Anggraeni Nurmala Sari. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Lamanya Waktu Penyelesaian Audit (Audit Delay) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Auditing. Vol.9, No.1.

Rachmawati, Sistya. 2008. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Audit Delay dan Timeliness. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol.10, No.1.

S, Riris Melia. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Masuk Dalam Daftar Efek Syariah (DES) Periode 2008-2010. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Sanjaya, I Made Dwi Marta dan Ni Gusti Putu Wirawati. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. E-Jurnal Akuntansi. Vol.15, No.1. Universitas Udayana, Bali.

Srimindarti, Ceacilia. 2008. Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Semarang: Jurnal Fokus Ekonomi. Vol.7, No.1.

Sukarman, Syahresy. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Emiten di Pasar Modal (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Daftar Efek Syariah Periode 2010-2013). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.

Sukoco, Agus. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.

Sulistyo, Wahyu Adhy Noor. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Pada Perusahaan Yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2008. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Sutrisno. 2013. Manajemen Keuangan. Teori Konsep dan Aplikasi. Penerbit Ekonisia. Yogyakarta.

Suwardjono. 2012. Teori Akuntansi. Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Widyantari, Ni Putu dan Made Gede Wirakusuma. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay. E-Jurnal Akuntansi. Vol.1, No.1. Universitas Udayana, Bali.

Yadiati, Winwin. 2010. Teori Akuntansi. Suatu Pengantar. Penerbit Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi. Aplikasi Dengan SPSS Versi 20. Penerbit Interpena. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i3.3170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com