Pengaruh Struktur Aset, Ukuran Pesrusahaan dan Nilai perusahaan terhadap Financial Leverage pada emiten syariah yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII)

Nazilah Rizqi, Nurita Affan, Dhina Mustika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur aset, ukuran perusahaan dan nilai perusahaan terhadap leverage keuangan dalam laporan keuangan tahunan perusahaan. Pengumpulan data menggunakan metode sensus yang mengambil semua perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index selama periode 2013-2016 sebanyak 23 perusahaan yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan perangkat lunak IBM SPSS versi 21 dengan melakukan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji kelayakan, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap financial leverage adalah struktur aset dan nilai perusahaan. Dan variabel ukuran perusahaan tidak memiliki signifikan.



Keywords


Laporan tahunan; struktur aset; ukuran perusahaan; nilai perusahaan; leverage keuangan

Full Text:

PDF

References


Agus, Sartono. 2008. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. BPFE. Yogyakarta.

Amarjit giil, dkk. 2011. Factors That Influence Financial Leverage of Canadian Firm. international Journal of Manajemen. Maret 2011, Vol. 28 No.1.

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2006. Bank Syariah dari Teori Praktik. Gema Insani. Jakarta.

Al-Najjar, B & Taylor, P. 2008. The Relationship Between Capital Structure and Ownership Structure. Managerial Finance. Vol. 32 No.12.

Azizah, Merlin Nur. 2015. Analisis pengaruh price to book ratio dan profitabilitas terhadap leverage (Studi Kasus pada Perusahaan Automotive dan Transportation Service yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014). Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Brigham, Eugene F. dan Joel F Houston. 2009. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi 10. Salemba Empat. Jakarta.

Gani, Irwan dan Siti Amalia. 2015. Alat Analisis Data: Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS19. Cetakan Kelima. Badan Penerbit Universitas Diponogoro. Semarang.

Hanafi dan Mahmud. 2006. Manajemen keuangan. BPFE. Yokyakarta.

Ibrahim, Hadiasman. 2008. Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Peringkat Obligasi, Ukuran Perusahaan, dan DER terhadap Yield to Maturity Obligasi Korporasi di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2006. Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro. Semarang.

Kartika, Andi. 2009. Faktor-faktor yang mempengaruhi Struktur Modal pada perusahaan manufaktur yang Go-Publik di BEI. Jurnal Dinamika keuangan dan perbankan. Agustus 2009,Vol 1, no.2.

Kasmir. 2010. Manajemen Keuangan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Pujiani, Suci. Analisis Pengaruh Return On Assets, Sales Growth, Structure Assets, Firm Size, dan Investment Opportunity Terhadap Financial Leverage. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Purwanto, Agus. 2011. Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, terhadap Corporate Social Responbility.

Research Division IDX. 2013. IDX Factbook 2013. Bursa Efek Indonesia. Jakarta.

Riyanto, Bambang, 2008, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPEF.Yokyakarta.

Sekaran, Uma, 2006. Resech Methode For Business, 4th Edision. Kwan, Menyon (Terjemahan). Metode Penelitian Untuk Bisnis, Buku 2 Edisi 4. Salemba Empat. Jakarta.

Sidauruk, Lhadua Liese. 2015. Pengaruh Liquidity, Leverage, Profitability, Firm Size, dan Sales Growth Terhadap Risiko Saham. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponogoro. Semarang.

Situmorang, Manatap. 2010. Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dibursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatra Utara. Medan.

Soleman, Rusman. 2008. Karakteristik Perusahaan Terhadap Tingkat Leverage. Jurnal Keuangan dan Perbankan. Vol 12 No 3.

Sugiyono, Arief dan Edi Untung. 2016. Panduan Praktis Dasar Analisis Laporan Keuangan. Edisi Revisi. Grasindo. Jakarta

Sunyoto, Danang. 2013. Analisis Laporan Keuangan Untuk Bisnis (Teori dan Kasus). Center of Academic Publishing Service (CAPS). Cetakan Pertama. Yogyakarta.

Sutapa, Hendri dan Hery. 2007.Pengujian Pecking Order Theory padaEmiten Syariah di Bursa Efek Jakarta. UniversitasDiponegoro. Semarang

Sutrisno. 2009. ManajemenKeuanganTeori, konsepdanAplikas. Ekonisia. Yogyakarta.

Syamsudin, Lukman. 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan. Raja Grafindo Prasada.Jakarta.

Utami, Tiara Jati. 2014. AnalisisFaktor-Faktor yang mempengaruhi Leverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. FakultasEkonomidanBisnis. UniversitasDiponegoro. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i4.3029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com