PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, DEBT TO EQUITY RATIO, GROWTH OPPORTUNITY, DAN UMUR LISTING PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Sulis Rahayu Rahayu, Irwansyah Irwanwsyah, indra Suyoto Kurniawan

Abstract


Skandal korupsi serta penyelewengan jabatan yang terjadi di perusahaan mendorong peningkatan perhatian pada masalah pengungkapan dari aspek good corporate governance suatu perusahaan, baik oleh investor maupun pemerintah melalui penyusunan peraturan atau standar good corporate governance.

Penelitian ini bertujian untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, debt to equity ratio, growth opportunity dan umur listing perusahaan terhadap pengungkapan good corporate governance dalam laporan tahunan perusahaan. Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) selama tahun 2014-2015. Sebanyak 118 perusahaan digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. terdapat 79 item pengungkapan untuk mendeteksi pengungkapan good corporate governance.

Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yang berpengaruh secara positif signifikan terhadap pengungkapan good corporate governance adalah ukuran perusahaan, dan variabel independen yang berpengaruh secara negatif signifikan adalah debt to equity ratio. sedangkan variabel growth opportunity dan umur listing perusahaan tidak menunjukkan pengaruh terhadap pengungkapan good corporate governance.


Keywords


Laporan Tahunan, Pengungkapan Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Debt to Equity Ratio, Growth Opportunity, da Umur Listing Perusahaan.



DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i3.2778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com