Pengaruh Islamic Governance-Score, Investment Account Holder, Return on Equity dan Firm Size Terhadap Tingkat Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Bank Syariah di Indonesia

Ariel Anandhika Darmasasmita, Hamid Bone, Ruslianyah Ruslianyah

Abstract


Dalam kebijakan atau undang-undang perbankan, khususnya bank syariah menjadikan bisnis itu sebagai bank dengan prinsip keterbukaan, kejujuran, keadilan dan keadilan yang merupakan prinsip utama Tata Kelola Perusahaan yang Baik. Dalam menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik, hal penting yang tidak dapat dipisahkan dari prinsip-prinsip yang terkandung dalam Tata Kelola Perusahaan yang Baik adalah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR). Corporate Social Responsibility (CSR) adalah topik yang hangat dibicarakan belakangan ini. Dilihat dari dukungan beberapa perusahaan nasional dan internasional dengan menjadikan laporan CSR sebagai Voluntary Disclosure, bahkan menjadikannya sebagai laporan prioritas. Di sisi lain, laporan CSR pendukung adalah pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility) di Bank Syariah. Variabel yang diuji adalah IG-Score (Islamic Governance-Score), IAH (Pemegang Akun Investasi), Profitabilitas (Pengembalian Modal), dan Ukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah untuk digunakan di seluruh Bank Syariah di Indonesia yang terdaftar di Bank Indonesia dan menggunakan 11 perbankan syariah yang digunakan sebagai objek untuk penelitian ini. Metode pengumpulan data menggunakan laporan tahunan masing-masing bank syariah dari 2011 hingga 2015. Analisis Regresi Linier digunakan sebagai metode analisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel IG-Score dan Ukuran memiliki pengaruh yang signifikan dengan pengungkapan CSR pada Bank Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia. Untuk variabel IAH dan Profitabilitas tidak ada pengaruh yang signifikan dengan pengungkapan CSR pada Bank Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia




Keywords


Islamic governance-score (ig-score); pemegang akun investasi (iah); return on equity (roe); profitabilitas; pengungkapan csr

References


Abdullah, W.A, Percy, M & Stewart, J (2011). “Corporate Social Responsibility in Islamic Banks : A study of Shari’ah Supervisory Board Disclosure and Zakat Disclosure in Malaysia and Indonesia Islamic Banks”.

Agusrianto, 2011. GCG Bank Syariah dan Peran DPS. https://shariaeconomics.wordpress.com/tag/gcg-bank-syariah-dan-peran-dps/, diakses tanggal 20 Februari 2017

Ahmad Nurkhin, 2009. Corporate Governance dan Pengaruhnya Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia). Tesis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Amri, Nur Fadhila. 2015. Teori Legitimasi. http://www.e-akuntansi.com/2015/09/teori-legitimasi.html, diakses tanggal 16 Maret 2017.

Aviciena Zanjabil dan Adityawarman. 2015. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility) Pada Perbankan Syariah di Indonesia. Diponegoro Journal Of Accounting, Volume 2 Nomor 3, Tahun 2015, Universitas Diponegoro.

Farook, S. Z., & Lanis, R. 2011. “Banking on Islam? Determinants of CSR Disclosure”. International Conference on Islamic Economics and Finance.

Ghozali, Imam dan A. Chariri. 2007. Teori Akuntansi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Cetakan IV. Semarang; Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Purwanto, A. 2011. Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi dan Auditing 8(1): 12-29.

Sembiring, Eddy Rismanda. 2003. “Kinerja Keuangan, Political Visibility, Ketergantungan Pada Hutang, dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.” Makalah disampaikan pada Simposium Nasional Akuntansi VI, Surabaya, 16-17 Oktober 2003.

Wibowo, I. 2014. Dampak Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Kinerja Keuangan dan Kinerja Pasar Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XVII Mataram, Lombok.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.2722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com