Penerapan pernyataan standar akuntansi keuangan (psak) no. 45 pada laporan posisi keuangan dan laporan aktivitas

Ermawati Ermawati, Yana Ulfah, Yoremia Lestari Br. Ginting

Abstract


Yayasan Pendidikan Islam SMP Al-Jawahir Samarinda adalah sebuah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari kesesuaian pelaporan keuangan yang dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Islam SMP Al-Jawahir Samarinda. Rumusan masalahnya adalah bagaimana penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 45 pada Laporan Posisi Keuangan dan Laporan Aktivitas Yayasan Pendidikan Islam SMP Al-Jawahir Samarinda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 45. Data yang sedang diproses adalah dengan mengubah sistem pelaporan keuangan yang telah dibuat oleh Yayasan Pendidikan Islam SMP Al-Jawahir Samarinda yang masih menggunakan sistem cash basis menjadi sistem accrual basis untuk mendapatkan kesesuaian dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 45. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa sistem pelaporan keuangan yang dibuat oleh Yayasan Pendidikan Islam SMP Al-Jawahir Samarinda tidak sesuai dengan sistem pelaporan keuangan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 45, oleh karena itu penulis mengubah sistem pelaporan keuangan Yayasan Pendidikan Islam SMP Al-Jawahir Samarinda untuk menyesuaikan dengan sistem pelaporan keuangan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 45. Laporan keuangan yang telah diolah menjadi hasil yang sangat terlihat relevan dan mudah dimengerti, sehingga memudahkan mereka yang membutuhkan laporan keuangan tersebut dalam mengambil keputusan dan lain-lain


Keywords


Standar akuntansi keuangan; laporan aktivitas

References


Bastian, Indra, Olivia Idrus. 2014. AkuntansiPendidikan. Universitas Terbuka. Tangerang Selatan.

Bastian, Indra.2007. AkuntansiYayasandanLembagaPublik.Erlangga. Jakarta.

Budi, Ivan Christiawan, VandyAchmadMasruri. 2013. LaporanKeuanganOrganisasiNirlaba. http://akuntansi-organisasi-nirlaba.blogspot.co.id/2013/03/laporan-keuangan-organisasi-nirlaba5465.html, diaksestanggal 6 Desember 2017.

Kieso, Donald E., Jerry J.Weygandt, danPaul D. Kimmel. 2009. PengantarAkuntansiEdisiKetujuh. SalembaEmpat. Jakarta.

Kieso, Donald E., Jerry J.Weygandt, dan Paul D. Kimmel. 2011. Financial Acoounting. John Wiley & Sons. New York.

Harahap, SofyanSyafri. 2012. TeoriAkuntansiEdisiRevisi 2011. Raja GrafindoPersada. Jakarta.

IkatanAkuntan Indonesia (IAI). 2012. PernyataanStandarAkuntansiKeuangan No 45, CetakanPertama. IkatanAkuntan Indonesia. Jakarta.

Manurung, Elvy Maria. 2011. AkuntansiDasar (UntukPemula). Erlangga. Jakarta.

B. Romney, Marshall, Paul John Steinbart. 2014. Accounting Information System. SalembaEmpat. Jakarta.

Mitoyono. 2011. AkuntansiOrganisasiNirlaba. http://mitoyono.blogspot.co.id/2011/01/akuntansi-organisasi-nirlaba.html, diaksestanggal 5 Desember 2017.

Nurhidayah.2014. AnalisisPenerapan PSAK No. 45 TerhadapYayasanPendidikan Islam MTS. Darussalam Samarinda.UniversitasMulawarman. Samarinda.

Raemun Shin. 2013. AkuntansiYayasan (AkuntansiSektorPublik). http:/shinraemun.blogspot.co.id/2013/01/akuntansi-yayasan-akuntansi-sektor.html, diaksestanggal 6 Desember 2017.

Tias. 2013. AkuntansiYayasan. http://tiasaccountingworld.blogspot.co.id/2013/11/akuntansi-yayasan.html, diaksestanggal 5 Desember 2017.

Warren, Carl S., James M. Reeve, dan Philip E.Fess. 2008. Accounting PengantarAkuntansi, Edisi 21 Buku 2. SalembaEmpat. Jakarta.

Yaqin, Ainul. 2010. AkuntansiSektorPendidikan. http://saung-elmu.blogspot.co.id/2010/08/akuntansi-sektor-pendidikan-sebagai.html, diaksestanggal 5




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.2665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com