Management audit terhadap fungsi pemasaran

Elfiana Effendie, Hamid Bone, Ledy Setiawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menilai efektivitas, efisiensi dan ekonomis sistem operasional manajemen pemasaran KPM pada PT Central Santosa Finance Cabang Samarinda. Metode penelit ian dalam management audit ini adalah metode kualitatif. Dan alat analisis yang dipergunakan adalah dekriptif yaitu dengan menjabarkan dan menguraikan hasil-hasil penelitian yang berupa penjelasan, yang didukung oleh teori-teori serta pengamatan di lapangan yang dititikbertakan pada penilaian efektivitas, efisiensi dan ekonomis atas fungsi pemasaran KPM. Langkah analisis dalam penelitian ini terdiri atas survey pendahuluan, penelaahan  dan pengujian atas sistem pengendalian manajemen, pengujian terinci, dan pengembangan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan operasional (biaya bonus) dealer dan biaya dalam mendapatkan sumber daya (biaya insentif) karyawan menunjukkan keadaan yang sangat efisien dan ekonomis. Namun untuk kegiatan penjualan KPM menunjukkan keadaan yang kurang efektif. Hal ini merupakan akibat dari kurang optimalnya kegiatan promosi sebagai penunjang untuk meningkatkan volume penjualan serta persaingan dengan beberapa perusahaan sejenis yang sudah lebih dulu melakukan kegiatan operasional di Samarinda


Keywords


Pemasaran; kpm; efektivitas; efisiensi; ekonomis

References


Agoes, Sukrisno. 2012. Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik, Edisi 4 Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

______________. 2013. Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik, Edisi 4 Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.

A.M, Janisty Rosiana. 2012. Pemeriksaan Manajemen Terhadap Penjualan Kendaraan Bermotor Pada PT Astra Internasional Tbk - Daihatsu di Samarinda. Skripsi. Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Arbain, Muhammad Zusaq. 2011. Pemeriksaan Manajemen Terhadap Aspek Penjualan Pada PT Surya Timur Sakti Jatim di Samarinda. Skripsi. Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Bayangkara, IBK. 2010. Audit Manajemen: Prosedur dan Implementadi Management Audit, Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Hiddayatika, Yuliana Nur. 2013. Pemeriksaan Manajemen Terhadap Fungsi Penjualan Pada PT. Serba Mulia Auto di Samarinda. Skripsi. Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Kasali, Rhenald, Arman Hakim Nasution, Boyke R Purnomo, Heny Kuswanti, Asep Mulyana, Sonny Rustiadi, Isti Raafaldini dan Agustina Ciptarahayu. 2010. Modul Kewirausahaan untuk Program Strata 1. Rumah Perubahan. Jakarta.

Kasmir. 2005. Pemasaran Bank, Edisi 1 Buku 2. Prenada Media. Jakarta.

Khairani, Siti dan Lidya Waty Lioe. 2013. Audit Manajemen Fungsi PemasaranPada PT. Graha Mitra SukaramiPalembang, Jurnal Ilmiah STIE MDP.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1. PT Indeks. Jakarta.

Larreche, Boyd, Walker. 2000. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global, Jilid 1 Edisi 2. Erlangga. Jakarta. 18-20

Marpaung, Rany Uly B R. 2009.Pemeriksaan Manajemen Atas Fungsi Penjualan Jasa Kapal Speed Boat PT Buran Nusa Respati. Skripsi. Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Suartana, I Wayan. 2013. Analisis Efisiensi dan Efektivitas Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Klungkung. Jurnal Ilmiah. Bali. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Wati, Ibnita Dhani Ika. 2016. Audit Manajemen Atas Penjualan, Piutang Usaha dan Penerimaan Kas pada Perusahaan Dagang CV. Promedica. Skripsi. Samarinda.Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.2638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com