Analisa pengaruh current ratio dan net profit margin terhadap harga saham di perusahaan transportasi yang terdaftar di bursa efek indonesia

Lilik Kholifah, Yana Ulfah, Iskandar Iskandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CR dan NPM terhadap harga saham dengan menggunakan pendekatan model regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan data sekunder pada tahun 2011-2014. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan hasilnya ada 6 perusahaan yang memenuhi kriteria. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa CR tidak berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan NPM berpengaruh terhadap harga saham. Hasil pengujian F menunjukkan bahwa secara simultan CR dan NPM berpengaruh terhadap harga saham. Nilai R2 atau koefisien determinasi adalah sebesar 0.847. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa variabel independen yaitu CR dan NPM mampu menjelaskan 84.7% terhadap variasi variabel dependen yaitu harga saham. Dengan demikian, sisanya sebesar 15.3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian

 


Keywords


Current ratio (cr); net profit margin (npm); harga saham

References


Fahmi, Irham. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Fatimah, Nur Siti. 2015. Analisis Pengaruh Earning Per Share (EPS), Return On Asset (ROA), dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Harga Saham Perusahaan Jasa Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI. Skrpsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Houston, dan Brigham. 2013. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.

Isawara, Wanda Yoga. 2016. Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Lo, Yenni Anggraini. 2014. Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) Terhadap Harga Saham Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Markuswan, Elviana. 2016. Pengaruh Current Ratio, Quick Ratio, Return On Asset dan Return On Equity Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Mulyono, Slamet Rizki. 2012. Analisis Pengaruh Tingkat Kinerja Keuangan Terhadap Perubahan Harga Saham Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Munawir, S. 2012. Analisa Laporan Keuangan. Liberty. Yogyakarta.

Nardi. 2014. Pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM) dan Return On Investment (ROI) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food And Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjung Pinang-KEPRI

Nurwati, Ninik Mei. 2015. Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada perusahaan Subsektor Hotel, Restoran dan Pariwisata yang Terdaftar dibursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Oktavia, Ita. 2016. Pengaruh Retun On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Current Ratio (CR) Terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Pratama, Aditya dan Teguh, Erawati. 2014. Pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Yogyakarta.

Sanjaya, Rahmat. 2012. Analisa Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Basic Earning Power (BEP) Terhadap Harga Saham Perusahaan Industri dari Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan. Ekonisia. Yogyakarta.

Yulianti, Fitria. 2015. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2013). Skripsi. Universitas Muhammadiyah. Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.2628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com