Pengaruh rasio likuiditas dan profitabilitas serta solvabilitas terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar & kimia yang terdaftar di bursa efek indonesia (bei)

An Nisa, Rusdiah Iskandar, Raden Priyo Utomo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Current Ratio (CR), Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham. Populasi penelitian ini adalah Industri Kimia Dasar perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yang kriterianya adalah 1) Industri Kimia Dasar perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2015; 2) Perusahaan yang tidak mengalami kerugian selama periode 2013-2015. Sampel penelitian ini adalah 28 perusahaan dari 60 perusahaan di Industri Kimia Dasar Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analitik yang digunakan adalah regresi berganda. Uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi secara parsial dengan tingkat signifikansi 0,05 atau 5%. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan uji Goodness of Fit dan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa return on equity (ROE) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan selama periode 2013-2015 pada level signifikansi kurang dari 5%, sedangkan current ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) ) secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham. Kemampuan prediktif dari ketiga variabel terhadap harga saham adalah 20,7% seperti yang ditunjukkan oleh R square yang disesuaikan sedangkan 79,3% sisanya dipengaruhi oleh alasan lain yang tidak termasuk dalam model penelitian


Keywords


Current ratio (cr); return on equity (roe); debt to equity ratio (der); harga saham

References


Ahmad, Kamaruddin. 2004. Dasar-Dasar Manajemen Investasi Dan Portofolio,Cetakan Kedua,Penerbit PT RINEKA CIPTA, Jakarta.

Anoraga, Pandji dan Piji Pakarti. 2006. Pengantar Pasar Modal, Penerbit PT RINEKA CIPTA, Jakarta.

Arifin, Zainal. 2005. Teori Keuangan dan Pasar Modal.Ekonesia. Yogyakarta

Athanasius, Thomas. 2012. Panduan Berinvestasi Saham, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Bernstein,L. A,dan J.J.Wild.2001. Financial Statement Analysis: Theory, Application, & Interpretation.7th Edition. Singapore: Mc-Graw Hill International Edition.

Darsono dan Ashari, 2005, Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan,Andi, Yogyakarta.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan, Panduan Bagi Akademisi,Manajer, dan Investor untuk Menilai dan Menganalisis Bisnis dari Aspek Keuangan, Penerbit CV Alfabeta, Bandung.

Fahlevi, Ilham Reza. 2013. Pengaruh Rasio Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas (Studi Empiris Pada Industri Perbankan Yang Terdaftardi BEI Tahun 2008-2010).Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan program SPSS 23,Edisi 8, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gitosudarmo, Indriyo dan Basri. 2002. Manajemen Keuangan.BPFE,Yogyakarta.

Husnan, Suad. 2003. Dasar-Dasar Teori Portofolio & Analisis Sekuritas,Edisi Ketiga, Penerbit AMP YKPN, Yogyakarta.

Http;//radenwinata.com/pengertian-jenis-rumus-analisis-rasio-likuiditas.html.

Iswara, Wanda Yoga. 2016. Pengaruh Likuiditas, dan Solvabilitas, serta Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi Yang. Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.Skripsi.Universitas Mulawarman.

Markuswan, Elviana. 2016. Pengaruh Current Ratio, Quick Ratio, Return On Asset, dan Return On Equity Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Real Estate dan Property Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Skripsi.Universitas Mulawarman.

Meythi, Tan Kwang En, dan Linda Rusli. 2011. Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Bisnis Manajemen dari Ekonomi, Volume 10, No.2 Mei 2011,Hal. 2671-2684.

Moeljadi. 2006. ManajemenKeuangan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, Bayumedia, Malang.

Munawir. 2014. Analisa Laporan Keuangan, Liberty, Yogyakarta.

Qoribullah, A. Rizal. 2013. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011.Skripsi. Universitas Negeri, Yogyakarta.

Ramdhani, Rani. 2013. Pengaruh Return On Asset dan Debt To Equity Ratio terhadap Harga Saham Pada Institusi Finansial di Bursa Efek Indonesia. Journal The Winners, Vol. 14 No.1 Maret 2013.

Ratih, Dorothea, Apriatni dan Saryadi, “ Pengaruh EPS, PER, DER, dan ROE Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di BEI Tahun 2010-2012, Journal Of Social and Politic, Universitas Diponegoro, 2013.

Pengertian.blogspot.co.id/2012/06/pengertian-industri-perindustrian.html.

Stickney, C.P. 1996. Financial Reporting & Statement Analysis: A Strategic Approach. 3rd Edition. Orlando: The Dryden Press.

Sudana, I Made, 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik .Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sumanto.2014. Statistika Terapan, Center of Academic Publishing Service,Yogyakarta.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan: Teori, Konsep dan Aplikasi, Ekonosia,Yogyakarta.

Sunyoto, Danang. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Syafri Harahap, Sofyan, 2008. Analisa Kritis atas Laporan Keuangan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Syamsuddin, Lukman. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan,Jakarta :Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.2616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com