Pengaruh agresivitas pajak terhadap corporate social responsibility

Nihayah Nihayah, Set Asmapane, Yoremia Lestari Br. Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh agresivitas pajak terhadap Corporate Social Responsibility. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diukur menggunakan proksi effective tax rates sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility. Penelitian ini menggunakan tiga variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage. Data penelitian diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2013-2015. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 41 perusahaan dengan 123 pengamatan. Terdapat 91 item untuk mendeteksi pengungkapan Corporate Social Responsibility. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial agresivitas pajak dan ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Corporate Social Responsibility, sedangkan profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility


Keywords


corporate social responsibility: agresivitas pajak

References


Admin KeuLSM. 2014. Definisi dan Ruang Lingkup CSR. http://keuanganlsm.com/definisi-dan-ruang-lingkup-csr/, diakses tanggal 26 Februari 2017.

Agustina, Rahmilia. 2016. Analisis Pengaruh Agresivitas Pajak dan Manajemen Laba Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Auliadini, Annisa dan Dwi Martani. 2013. Analisis Tax Rate dan Book-Tax Difference Berdasarkan Sektor Industri (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011). Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Jakarta.

Daniel, Niko Ulfandri. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Likuiditas Terhadap Luas Pengungkapan Laporan Keuangan. Artikel Penelitian. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang.

Dewi, Sukmawati Safitri dan Maswar Patuh Priyadi. 2013. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 2 No. 3 (2013). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA), Surabaya.

Dewi, Syahrina Noormala. 2015. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). BISNIS, Vol. 3, No. 2, Desember 2015. Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura, Ambon.

Efendi, Igna. 2014. Analisis Pengaruh Perencanaan Pajak (Tax Planning) Sebagai Upaya Menekan Beban Pajak Penghasilan Perusahaan Terhadap Ekuitas Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 - 2012. Naskah Publikasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fahmi, Irham. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Global Reporting Initiative. https://www.globalreporting.org/Pages/default.aspx, diakses tanggal 28 Februari 2017.

Hidayanti, Alfiyani Nur. 2013. Pengaruh Antara Kepemilikan Keluarga dan Corporate Governance Terhadap Tindakan Pajak Agresif. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Hutabarat, Yuanita Carla Elanie. 2013. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Net Profit Margin Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama, Bandung.

Jalal. 2013. Pelaporan Keberlanjutan dan Indonesia. https://www.tempo.co/read/kolom/2013/06/05/735/pelaporan-keberlanjutan-dan-indonesia, diakses tanggal 28 Februari 2017.

Kamil, Ahmad dan Antonius Herusetya. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility. Media Riset Akuntansi, Vol.2 No. 1 Februari 2012. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Kurnianingsih, Heni Triastuti. 2013. Pengaruh Profitabilitas Dan Size Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Vol. 13 No. 1/ Maret 2013. Fakultas Ekonomi Universitas Islam, Sumatera Utara.

Oktaviana, Natasya Elma. 2014. Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Corporate Social Responsibility : Untuk Menguji Teori Legistimasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Dan Properti Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012. http://www.hukumonline.com/pusatdata/download/lt4f98d41bab121/node/lt4f98d3a83cfd2, diakses tanggal 20 Februari 2017.

Plorensia, Winda dan Pancawati Hardiningsih. 2015. Pengaruh Agresivitas Pajak dan Media Eksplosure Terhadap Corporate Social Responsibility. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Nopember 2015, Hlm: 136 - 151 ISSN: 1979-4878. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Stikubank, Semarang.

Pradipta, Dyah Hayu dan Supriyadi. 2015. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas, Leverage, dan Komisaris Independen Terhadap Praktik Penghindaran Pajak. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

PSAK 46 Pajak Penghasilan. http://iaiglobal.or.id/v03/standar-akuntansi-keuangan/pernyataan-sak-33-psak-46-pajak-penghasilan, diakses tanggal 1 Juni 2017.

PT. Bursa Efek Indonesia. www.idx.co.id, diakses tanggal 30 April 2017.

Purnasiwi, Jayanti. 2011. Analisis Pengaruh Size, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan CSR Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Puspita, Silvia Ratih. 2014. Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Terhadap Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Busa Efek Indonesia Tahun 2010-2012). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Ratmono, Dwi dan Winarti Monika Sagala. 2015. Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Sarana Legitimasi: DampaknyaTerhadap Tingkat Agresivitas Pajak. Jurnal Nominal / Volume IV Nomor 2 / Tahun 2015. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Rindawati, Meita Wahyu dan Nur Fadjrih Asyik. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kepemilikan Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 4 No. 6 (2015). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA), Surabaya.

Sihombing, Dian. 2015. Penghindaran Pajak Tax Avoidance dan Tax Evasion. https://www.academia.edu/18331009/Penghindaran_Pajak_Tax_Avoidance_ dan_Tax_Evasion, diakses tanggal 17 Maret 2017.

Simanjuntak, Timbul Hamonangan dan Imam Mukhlis. 2012. Dimensi Ekonomi Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi. Raih Asa Sukes .Jakarta.

Sudarmadji, Ardi Murdoko dan Sularto, Lana. 2007. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Tipe Kepemilikan Perusahaan Terhadap Luas Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek, dan Sipil) Auditorium Kampus Gunadarma, 21-22 Agustus 2007. Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, Jakarta.

Suharto, Edi. 2008a. Menggagas Standar Audit Program CSR. https://csrlingkunganindonesia.wordpress.com/makalah-csr-lingkungan/edi-suharto/, diakses tanggal 27 Februari 2017.

. 2008b. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. http://www.tekmira.esdm.go.id/currentissues/?p=303, diakses tanggal 27 Februari 2017.

Syaputra, Bhisma. 2013. Konsep Dasar CSR. http://keuanganlsm.com/konsep-dasar-csr/, diakses tanggal 20 Februari 2017.

Tamba, Erida Gabriella Handayani. 2011. Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufacturing Secondary Sectors yang Listing di BEI tahun 2009). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Triple Bottom Line. http://www.investopedia.com/terms/t/triple-bottom-line.asp, diakses tanggal 25 Februari 2017.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. http://www.dpr.go.id/jdih/uu1945, diakses tanggal 19 Februari 2017.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007. http://www.hukumonline.com/pusatdata/download/fl56467/node/26608, diakses tanggal 20 Februari 2017.

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007. http://www.hukumonline.com/pusatdata/download/fl52182/node/26899, diakses tanggal 20 Februari 2017.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007. http://www.hukumonline.com/pusatdata/download/fl52313/node/26940, diakses tanggal 20 Februari 2017.

Utari, Intan Ayu. 2014. Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Corporate Social Responsibility : Untuk Menguji Teori Legitimasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Varianto, Sufian Achmad. Makalah Corporate Social Responsibility https://www.academia.edu/8893101/MAKALAH_CORPORATE_SOCIAL_RESPONSIBILITY, diakses tanggal 27 Februari 2017.

Wahyudi, Dudi. 2015. Analisis Empiris Pengaruh Aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Penghindaran Pajak di Indonesia”. Jurnal Lingkar Widyaiswara (www.juliwi.com) Edisi 2 No. 4, Okt – Des 2015, p.05 – 17 ISSN: 2355-4118.

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi; Aplikasi dengan Program SPSS Versi 20. Interpena. Yogyakarta.

Yunistiyani, Vina dan Afrizal Tahar. 2016. Analisis Hubungan Corporate Social Responsibility dan Agresivitas Pelaporan Keuangan Terhadap Agresivitas Pajak dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Publikasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.2611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com