Pengaruh tingkat kesehatan keuangan perusahaan asuransi terhadap peningkatan pendapatan premi asuransi pada perusahaan asuransi yang listing di bursa efek indonesia

Dwi Pebriani, Sri Mintarti, Anisa Kusumawardani

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian dengan metode kasual komparatif adalah untuk mengetahui apa penyebab suatu objek penelitian terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal berbasis risiko, klaim, underwriting dan kemudian profitabilitas terhadap pendapatan premi pada perusahaan asuransi umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan sampel dari perusahaan asuransi umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang mempublikasikan laporan tahunannya pada periode 2011-2015 dan kemudian perusahaan asuransi terhadap peningkatan pendapatan premi kepada perusahaan asuransi. Penelitian ini juga menggunakan metode kuantitatif dan teknik analisis tanggal dari regresi liner ganda yang didukung oleh perangkat lunak IBM SPSS 21. Hasil tersebut dilihat dari hasil pengujian uji - t yang telah diuji dan uji - t pada taraf signifikan 5% hasil ini, risiko bsed capital berpengaruh signifikan terhadap pendapatan premi, klaim tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan premi, underwriting effect signifikan terhadap pendapatan premi, dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan premi. Modal berbasis risiko dan Penjaminan memiliki hubungan positif dan signifikan dengan pendapatan premi, Klaim dan Profitabilitas memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pendapatan premi asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Keywords


Modal berbasis risiko; klaim, underwriting; profitabilitas; pendapatan premium; perusahaan asuransi umum

References


A.Hastuti Permata dan Fitri Milla F. 2016. Asuransi Konvensional, Syariah dan BPJS. Parama Publishing,Yogyakarta.

Anis Chariri dan Imam Gozali, 2007. Teori Akuntansi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Budiarjo,Santoso Rifki. 2015. Pengaruh Tingkat Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi Terhadap Peningkatan Pendapatan Premi(Studi kasus pada perusahaan asuransi di BEI). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta.

Fikri M. Agung Ali. 2009. Pengaruh Premi, Klaim, Hasil Investasi San Underwriting Terhadap Laba Auransi Jiwa (Studi Kasus PT. Asuransi Syariah Mubarakah). Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Hanafi M. Mahmud dan Halim Abdul. 2007. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan ketiga Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Hapsari, Desmiyawatu dan, Basri Yeni Mutia. 2014. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Risk Based Capital dan Early Warning System Terhadap harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Asuransi Yang Listing di BEI tahun 2008 – 2012). Jurnal. Fakultas Ekonomi Pekanbaru Riau.

Hasan, M Iqbal. 2008. Pokok – pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif), Cetakan kelima. Pt. bumi aksara, Jakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia 2002. Standar Akuntansi Keuangan

Ikbal Muhamad. 2012. Metodologi Penelitian : untuk Ekonomi dan Bisnis,

Munawir. 2010. Analisis Laporan Keuangan Peruahaan Asuransi. Cetakan kedua, Liberty, Yogyakarta.

Mutmainnah. 2015. Analisis Pengaruh Pendapatan Premi, Beban Klaim, Hasil Underwriting, Cadangan Teknis, dan Risk Based Capital terhadap Laba pada

Perusahaan Asuransi Umum di Indonesia Periode 2009-2013. Skripsi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Nurfadila Sindi, Hidayat Raden Rustam dan, Sulasmiyati Sri. 2015. Analisis Rasio Keuangan Dan Risk Based Capital Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi (Studi pada PT. Asei Reasuransi Indonesia (Persero) Periode 2011 – 2013). Jurnal. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Peraturan Ketua Badan Pengawasan Pasar Modal Dan Lembaga Keuangan Nomor PER – 08/BL/2012 Tentang Pedoman Perhitungan Modal Minimum Berbasis Risiko Bagi Perusahaan Asuransi Dan Perusahaan Reasuransi.

Peraturan Mentri Keuangan Nomor 53/PMK.010/2012 Tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan PerusahaanReasuransi.

Prasetiyanti, dwi. 2014. Pengaruh Risk Based Capital dan Underwriting Rasio terhadap laba pada Perusahaan asuransi Kerugian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman.

Priyanto Duwi. 2012. Belajar Cepat olah Data Statistik dengan SPSS. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Sartono Agus R. 2011. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Cetakan Ketujuh, BEPE. Yogyakarta.

Sarwono Jonathan. 2013. Statistik Multivariat Aplikasi untuk Riset Skripsi, CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Sendra Ketut, 2007. Kemitraan Strategis Bisnis dan Perusahaan Asuransi. PPM, Jakarta.

Siswoyo Sony, 2013. Analisis Fundamental & Teknikal Untuk Profit Lebih Maksimal.

PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Subekti R dan Tjitrosudibjo R. Kitab Undang – Undang Hukum Dagang, Pradnya Paramita, Jakarta.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Alfabet, Bandung.

Sujarweni Wiratna. 2014. Metodelogi Penelitian. Cetakan Pertama, Pustaka Baru Press, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.2603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com