Pengaruh independensi dan kompetensi auditor terhadap kualitas audit dengan etika auditor sebagai variabel moderasi

Laksana Yudha Pratama, Anis Rachma Utary, Raden Priyo Utomo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh Independensi dan Kompetensi terhadap Kualitas Audit dan pengaruh Independensi dan Kompetensi terhadap Kualitas Audit oleh Etika Auditor sebagai Variabel Moderasi di Kantor Akuntan Publik (KAP) di Provinsi Kalimantan Timur. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Kuesioner dibagikan sebanyak 66 kuesioner tetapi hanya 45 kuesioner yang dikembalikan. Analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis dengan Partial Least Square (PLS) (SmartPLS Application 3.0). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Independensi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Audit, variabel berpengaruh signifikan terhadap Kompetensi Kualitas Audit, variabel interaksi Independensi Auditor dengan Etika Auditor berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Audit, dan variabel interaksi Kompetensi Auditor dengan Etika Auditor tidak berpengaruh signifikan. tentang Kualitas Audit

Keywords


Independensi; kompetensi auditor; kualitas audit

References


Alim, M, Nizarul., T. Hapsari, dan L. Purwanti. 2007. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai variabel Moderasi. Simposium Nasional Akuntansi X. Universitas Hasanuddin. Makassar. Diakses tanggal 24 Februari 2017.

Aprianti, Deva. 2010. Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Keahlian Profesional Terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai variabel Moderasi (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Jakarta Selatan). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Arens, A. Alvin., Randal, J. Elder, dan Mark S. Beasley. 2008. Auditing dan Jasa Assurance – Pendekatan Terintegrasi. Jilid 1. Edisi Keduabelas. Erlangga.

. 2012. Auditing and assurance services – An Integrated Approach, 14th ed. Pearson Education Limited.

Cooper, Donald R and Pamela S. Schinder. 2006. Business research method, 9th ed. New York, NY: Irwin/ McGraw-Hill.

Darayasa, I Made dan I Gede Supartha Wisadha. 2016. Etika Auditor sebagai Pemoderasi Pengaruh Kompetensi dan Independensi pada Kualitas Audit Di Kota Denpasar, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.15.1 April (2016): 142 - 170. Diakses tanggal 31 Januari 2017.

Deis, Donald L and Gari A. Giroux. 1992. “Determinants of Audit Quality in The Public Sector”. The Accounting Review. Juli. p. 462-479.

Elder, Randal.J., Mark S. Beasley., A. Alvin Arens., and Amir Abadi Jusuf. 2009. Auditing and assurance services – An Integrated Approach, an Indonesian adaptation. Pearson Education South Asia PTE LTD. Singapore.

Elfarini, Christina Eunike. 2007. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Tengah). Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Ghozali, Imam. 2008. Strucutural equation modeling metode alternative dengan partial least square. Program S3 Ilmu Ekonomi Universitas Diponegoro.

Hair, J. F. et al. 2006. Multivariate Data Analysis. Sixth Edition. Pearson Education, Inc. New Jersey. United State of America.

Iiste. 2017. European Journal of Business and Management.

http://www.iiste.org/Journals/index.php/EJBM/article/view/36856/37895, diakses tanggal 12 Oktober 2017.

Ilmiyati, Feny dan Yohanes Suhardjo. 2012. Pengaruh Akuntabilitas dan Kompetensi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Semarang). Jurnal Akuntansi. Vol.1 No.1 (Januari).

Diakses tanggal 26 Februari 2017.

Institute Akuntan Publik Indonesia. 2011. Standar Profesional Akuntan Publik Per 31 Maret 2011. Salemba Empat: Jakarta.

Indah, Siti NurMawar. 2010. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Auditor KAP di Semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Jaafar, H. T. Redwan dan Sumiyati. 2008. Kode Etik dan Standar Audit. Diklat Pembentukan Auditor Terampil. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan BPKP. Jakarta.

Kharismatuti, Norma. 2012. Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Internal Auditor BPKP DKI Jakarta). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Kurniawan, Deny. 2008. Regresi Linier (Liner Regression): Forum Statistika.

Lauw, Tjun-tjun., Elyzabet Indrawati Marpaung, dan Santy Setiawan. 2012. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi. Vol.4 No.1 (Mei). Diakses tanggal 19 Februari 2017.

Marsellia, Carmel Meiden dan Budi Hermawan. 2012. Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderator (Studi Empiris pada Auditor Di KAP Big Four Jakarta). Jurnal Akuntansi.

Maryani, T. dan U. Ludigdo. 2001. Survei Atas Faktor-faktor yang mempengaruhi Sikap dan Perilaku Etis Akuntan. TEMA. Volume II Nomor 1. Maret. pp. 49 - 62.

MaximaResearch. 2011. Pengambilan Keputusan dengan P-Value. https://maximaresearch.wordpress.com/2011/12/02/pengambilan-keputusan-dengan-p-value/, diakses tanggal 26 September 2017.

Mustakini, J.H. dan Willy Abdillah. 2009. Konsep & Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk penelitian Empiris. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

.2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Pahleviando, Rezha. 2013. Pengaruh Akuntabilitas dan Kompetensi Auditor Terhadap Kualitas Audit. Skripsi. Universitas Muhammadiah Surakarta.

Peraturan Menteri Keuangan RI No. 17 tahun 2008. tentang Jasa Akuntan Publik. Jakarta: Menteri Keuangan.

Rosalina, Amalia Dewi. 2013. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Bandung). Skripsi. Universitas Widyatama.

Sianturi, Gefry Hamonangan. 2016. Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur). Skripsi S1: Universitas Negeri Mulawarman. Samarinda.

Simamora, Henry. 2002. Auditing. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Singgih, Elisha Muliani dan Icuk Rangga Bawono. 2010. Pengaruh Independensi, Pengalaman, Due Care Profesional dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit (Studi pada Auditor di KAP “Big Four” di Indonesia). Simposium Nasional Akuntansi XIII. Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.

Diakses tanggal 26 Februari 2017.

Tuanakotta, T.M. 2015. Audit Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.

Ubaidillah dan Agung Arafah. 2009. Faktor-faktor yang mempengaruhi independensi dalam melakukan pemeriksaan pada kantor akuntansi publik di Palembang. Jurnal Fakultas Universitas Sriwijaya Vol. 3 No.1. Januari.

Utary, Anis Rachma. 2017. C ould auditor’s personal characteristics reduce audit quality? A survey of government auditors in eastern Indonesia. European Journal of Business and Management. Vol. 9. No.14. Diakses tanggal 12 Oktober 2017.

Widagdo, R, S. Lesmana dan S.A. Irwandi. 2002. Analisis Pengaruh Atribut-atribut Kualitas Audit Terhadap Kepuasan Klien (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi 5 Semarang. pp. 560 - 574.

Wooten, T. G. 2003. It is Imposible to Know The Number of Poor-Quality Audits that simply go undetected and unpublicized. The CPA Journal. Januari. pp. 48 - 51.

Vanez, intania. 2013. 5 Kasus Pelanggaran Etika Profesi Akuntansi. https://vanezintania.wordpress.com/2013/01/15/5-kasus-pelanggaran-etika-profesi-akuntansi/, diakses tanggal 2 Februari 2017.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.2278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com