Faktor-faktor dalam total quality management (tqm) yang mempengaruhi laba perusahaan

Muhammad Iqbal Al Rasyid Karre, Irwansyah Irwansyah, Indra Suyoto Kurniawan

Abstract


            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor dalam TQM terhadap laba perusahaan pada PT Pupuk Kalimantan Timur tbk dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 4 dari sepuluh unsur TQM diantaranya adalah Fokus pada pelanggan, Perbaikan sistem berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan serta keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. Analissis data yang diperoleh dengan kuesioner diuji dengan menggunakan uji regresi untuk melihat pengaruh faktor-faktor dalam Total quality management  terhadap laba perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fokus padapelanggan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap laba perusahaan. Variabel perbaikan sistem berkesinambungan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap laba.Variabel pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap laba perusahaan. Variabel Keterlibatan dan pemberdayaan karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba perusahaan. Variabel dependen (laba) mampu dijelaskan oleh variabel independen TQM (fokus pada pelanggan, perbaikan sistem berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan serta keterlibatan dan pemberdayaan karyawan) sebesar 17,6% dan selebihnya 82,4% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.


Keywords


Fokus pada pelanggan; perbaikan sistem berkesinambungan; pendidikan dan pelatihan; pemberdayaan karyawan

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Baridwan, Zaki. 2004. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE

Chairany, Nurul dan Wahyuni Lestari P. 2011, Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Kepemimpinan danPerilaku Produktif Karyawan, Skripsi, Makassar: FT UniversitasHasanuddin.

Chariri, Anis dan Imam Ghazali. 2003. Teori Akuntansi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Chase, Richard B., Nicholas J. Aquilano, F. Robert Jacobs. 2005. Operation Management for Compotitive Advantage, Eleventh Edition, USA: McGraw-Hill Inc.

Eldon S Henricksen, Michael F van Vreda. 2002. Teori Akunting. Jilid Dua. Batam: Interaksara.

Efilia Meiza. 2014. Pengaruh Pendapatan Usaha dan Operasional Terhadap Laba Bersih. E- Journal. Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjungpinang. 2014

Eriyundani. 2013. Pengaruh Total Quality Management terhadap Laba Perusahaan pada PT. Toyota Kalla Cabang Cokroaminoto Makassar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Universitas Hasanuddin Makassar.

Gaspersz, Vincent. 2001. Total Quality Management. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketiga,Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta:

PT. RajaGrafindo Persada.

Heizer, Jay H. & Render Barry. 2001. Prinsip-Prinsip Manajemen Operasi. Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Juran, J.M. 1989. JurN ON Leadership for Quality, The Free Press, MacMillan Inc. E. Nugroho (penterjemah). 1995. Kepemimpinan Mutu. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Kotler, Philip, Swee Hoon A., Siew Meng L., Chin Tiong T. 1996. Marketing Management An Asian Perspective, 1th edition, Prentice Hall Int. Fandy Tjiptono(penterjemah). 2000. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Luthfi Eka Fauziyah Malamansyah, Yuni Rosdiana, Nurleli. 2014. Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Peningkatan Laba Perusahaan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Prosiding Akuntansi ISSN: 2460-6561.Universitas Islam Bandung.

Mulyadi & Johny. 1998. Sistem Akuntansi 1. Edisi Ketiga. Yogyakarta.

Munawir, S. 2002. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Nasution, M.N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Paskard, T.D.S.W. 1995. TQM and Organizational Change and Development. New York: Rockefeller College Press.

PT. Pupuk Kalimantan Timur. 2016. Annual Report tahun 2014. Diakses pada tanggal 25 Februari 2016 pada pukul 15.20.

Santoso, Singgih. 2001. Mengolah Data Statistik Secara Profesional. PT. Alex Media Komputindo. Jakarta

Sevilla, Consuelo G. et. al (2007). Research Methods. Rex Printing Company. Quezon City.

Simamora, Henry. 1999. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

_______. 2002. Akuntansi Manajemen. Edisi II Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Soemarso S. R. 2000. Akuntansi Suatu Pengantar, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

_______. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar, Buku satu. Edisi lima. Jakarta: Salemba Empat.

Stice, Earl K, James P. Stice, W. Steve Albercht. 2004. Financial Accounting Concepts. 11th Edition. South Western.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supriyono. 2001. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: BPFE. Syahrul & M Afdi Nizar. 2000. Kamus Akuntansi.Jakarta: Citra Halim Prima.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2001. Total Quality Management (TQM). Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

_______. 2001. Total Quality Management (TQM). Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Wijayanti, Elly. 2011. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Pengukuran Penghargaan Terhadap Keefektifan Penerapan Teknik Total Quality Management. Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN”.

Wild, J. John., K. R. Subranyam, Robert F. Hasley. 2007. Financial Statement Analysis. 9th Edition. New York: McGraw Hill International Edition

WEBSITE

https://id.wikipedia.org/wiki/Pupuk_Kalimantan_Timur diakses pada tanggal 27 Maret 2016 pada pukul 20.30

http://www.pupukkaltim.com/ina/home/ diakses pada tanggal 10 Maret 2016 pada pukul 14.45




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.2277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com