Pengukuran kinerja puskesmas dengan menggunakan metode balanced scorecard

Kurniawan Kurniawan, Dwi Risma Deviyanti, Abdul Gafur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pencapaian kinerja UPTD Puskesmas Lempake dalam memberikan Pelayanan Kesehatan berdasarkan Metode Balanced Scorecard, dimana hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan materi pemetaan dalam membuat rencana sterategik dalam pengambilan keputusan oleh Pimpinan UPTD Puskesmas Lempake untuk proses pelayanan kesehatan dimasa yang akan datang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa UPTD Puskesmas Lempake Kota Samarinda dalam melakukan kinerjanya pada tahun 2015 dan 2016 adalah kurang berhasil. Sebagai puskesmas dengan kapasitas rawat inap terbesar di kota Samarinda UPTD Puskesmas lempake kinerjanya berdasarkan Balanced Scorecard wajib meningkatkan  kinerjanya agar menjadi puskesmas yang berhasil dalam melakukan pelayanan kesehatannya diwilayah kerjanya


Keywords


Pengukuran kinerja; balanced scorecad

Full Text:

PDF

References


Anggraini. 2010. Anggaran berbasis kinerja, penyusunan APBD secara komperhensif. STIM YKPN, Yogyakarta.

Aurora. 2010. “Penerapan Balanced scorecard sebagai tolak ukur Penilaian Kinerja RSUD Tugurejo Semarang” Skripsi; Semarang Universitas Diponegoro.

Bastian. 2008. Akuntansi Kesehatan. Erlangga, Jakarta.

Basugis. 2017. “Pengukuran kinerja sektor publik di instansi pemerintahan dengan pendekatan balanced scorecard (Studi kasus SMA Negeri 1 Samarinda)” Skripsi; Samarinda, Universitas Mulawarman.

Dahniar. 2015. “Kinerja Puskesmas tanjung selor Kabupaten Bulungan dengan Menggunakan Balanced Scorecard” Skripsi; Jakarta, Universitas terbuka.

Depatemen Kesehatan RI. 2005. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, Jakarta, Dirjen Binkesmas.

Kaplan, Robert S dan David P Norton. 2000.Translating sterategy Into Action The Balanced Scorecard, Erlangga, Jakarta.

Lailiana. 2013. “analisis kinerja rumah sakit dengan pendekatan balanced scorecard pada RSUD haji Makassar” Skripsi: Universitas Hassanudin Makassar.

Mahardika dan Supadmi. 2014. Analisis Komparatif kinerja puskesmas denpasar selatan dan timur dengan menggunakan metode balanced scorecard. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana 8.1:1-13http:// ojs.unud.ac.id (diakses tanggal 2 maret 2014).

Mahmudi, 2013. Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP-AMP YKPM, Yogyakarta.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi sektor Publik. Andi, Yogyakarta.

Maryadi. 2015. “Kinerja Puskesmas dengan Mengunakan Metode Balanced Scorecard (Studi kaus pada Puskesmas Juwana)” Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Mahsun. 2009. Pengukuran kinerja sektor publik . Edisi Ketiga, BPFE, Yogyakarta.

Mulyadi. 2014. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard. Cetakan Ketiga, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Raharjo. 2009. Dasar-dasar perpajakan bagi bandaharawan sebagai pedoman pelaksanaan pemungutan/pemotongan dan penyetoran/pelaporan, Eko jaya, Jakarta.

Sunyoto. 2013. Metodelogi Penelitian Akuntansi. Unikom, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.2232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com