Pengaruh earnings management terhadap nilai perusahaan dengan komisaris independen dan komite audit sebagai variabel moderating

Nina Wijayanti, Siti Masyithoh, Abdul Gafur

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak manajemen laba pada nilai perusahaan dengan komisaris independen dan komite audit sebagai variabel moderasi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek. Manajemen laba diukur dengan akrual diskresioner proksi menggunakan model Jones yang dimodifikasi. Nilai perusahaan diukur menggunakan indikator harga saham penutupan (harga penutupan) yang terdaftar di Bursa Efek. Variabel moderasi dalam penelitian ini adalah independensi komisaris independen dan komite audit. Komisaris independen diukur menggunakan proporsi komisaris independen oleh dewan komisaris. Independensi komite audit diukur dengan proporsi komite audit independen oleh komite audit di perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015 yang berjumlah 150 perusahaan. Sampel diperoleh oleh 60 perusahaan dengan data gabungan selama 3 tahun dalam analisis tunggal, jumlah pengamatan adalah 180 data penelitian menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dan regresi moderasi sebagai alat analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan direktur independen sebagai variabel moderasi yang melemahkan hubungan antara manajemen laba dengan nilai perusahaan. Independensi komite audit dan bukan sebagai variabel moderasi yang dapat melemahkan atau memperkuat manajemen dengan pendapatan perusahaan tetapi merupakan variabel yang dapat berdiri sendiri sebagai variabel independen lainnya.

Keywords


Manajemen laba; nilai perusahaan; corporate governance terdiri dari direktur independen dan independensi komite audit

References


Abdul Khalik, Aziz. 2012. Pengaruh Growth, Manajemen Laba, dan Cahs Flow Terhadap Kebijakan Dividen dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Agoes, Sukrisno. 2012. “Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan Oleh

Akuntan Publik.” Jilid 1, Edisi Keempat. Salemba Empat. Jakarta.

Aprianingsih, Asri. 2016. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance, Struktur Kepemilikan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Bursa Efek Jakarta. 2001. Keanggotaan Komite Audit. Surat Edaran No: SE-

/BEJ/12-2001.

BAPEPAM. 2000. Surat Edaran BAPEPAM No.SE.03/PM/2000. Pembentukan

Komite Audit. Jakarta.

BAPEPAM. 2004. Keputusan Ketua BAPEPAM No: Kep-29/PM/2004 tentang

Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit.

BAPEPAM – LK. 2012. Keputusan Ketua BAPEPAM – LK No: Kep-643/BL/2012

Tentang Pembentukan Dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit.

Danil R.R. 2014. Pengaruh Earning Management Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Karakteristik Komite Audit Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Dechow, P., Sloan, R., Sweeney, A., 1995, Detecting earnings management, The

Accounting Review 70 (2) April:193-225.

Fahmi, Irham. 2011. Pengantar Pasar Modal. Alfabeta. Bandung.

Forum for Corporate Governance in Indonesia, Seri Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance). 2009. Peranan Dewan Komisaris dan Komite Audit dalam Pelaksanaan Corporate Governance. http://www.fcgi.or.id, diakses pada tanggal 20 Oktober 2009.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

. 2014. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harmono. 2011. Manajemen Keuangan, Berbasis Balance Scorecard. Edisi 1.

Ceatakan 2. Bumi Aksara. Jakarta.

Hasnawati, Sri. 2005. Implikasi Keputusan Investasi, Pendanaan, dan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan di BEJ. Usahawan. No. 09/Th XXX1X, September 2005.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan, Revisi 2009.

Salemba Empat. Jakarta.

Islahuzzaman. 2012. Istilah-Istilah Akuntansi & Auditing. Edisi Kesatu. Bumi

Aksara. Jakarta.

Jensen, M. C and W.H Meckling. 1976. Theory of the Firm : Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics 3 (4):Hal 305-360.

Jhoni Suhani. 2013. Pengaruh Earning Management, Mekanisme Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadp Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Julianti, Defi Kurnia. 2015. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Kamaludin. 2011. Manajemen Keuangan. Mandar Maju. Bandung.

Komite Nasional Kebijakan Governance. 2006. Pedoman Umum Good Corporate

Governance di Indonesia. Jakarta.

Kieso, D.E, JJ. Weigant, dan T.D. Warfield. 2011. Intermedite Accounting IFRS Edition. Hibeken Willey.

Kesuma, Ali. 2009. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Darwan Ali Sampit. Kalimantan Tengah.

Klien, A . 2002. Audit committee, Board of Directors Characteristic and Earnings

Management. Journal of Accounting and Economics 33, p:375-400.

Larasati, Anisa. 2009. Analisis Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba, Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Air langga. Surabaya.

Lestari L.S dan S. Pamudji. 2013. Pengaruh Earnings Management Terhadap Nilai Perusahaan Dimoderasi Dengan Praktik Corporate Governance. Diponegoro Journal Of Accounting 2 (3):1. Universitas Diponegoro. Semarang.

Martono dan Agus Harjito. 2010. Manajemen Keuangan. Cetakan kedelapan.

Ekonisia. Yogyakarta.

Martono, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisisis Isi dan Analisis

Data Sekunder. Raja Gravindo Persada, Cetakan ke-3. Jakarta.

Muntoro, Ronny. 2011. Membangun Dewan Komisaris Yang Efektif. http://www.google.com, Diakses 11 Desembeer 2011).

Muh. Arief Effendi. 2008. Analisis Pengaruh Rasio CAR, BOPO, NPL, NIM dan LDR terhadap Kinerja Keuangan Perbankan. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Myers, Brealey dan Marcus. 2012. Dasar-dasar Manajemen Keuangan

Perusahaan. Jilid . Erlangga. Surabaya.

Pertiwi, Diah Ayu. 2010. Analisis Pengaruh Earning Management Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Peranan Praktik Corporate Governance Sebagai Moderating Variable. Skripsi . Universitas Diponegoro. Semarang.

Pamudji, S dan Apriliya. 2009. Pengaruh Karakteristik Komite Audit terhadap

Manajemen Laba. Jurnal Dinamika Akuntansi 2 (1).

Naftalia V.C dan Marsono. 2013. Pengaruh Leverage Terhadap Manajemen Laba Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Diponegoro Journal Of Accounting 2 (3), Halaman 1-8. Issn: 2337-3806.

Nadah Nahdiah. (2009). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi Sarjana. Universitas Gorontalo.

Rantelangi, Cornelius. 2014. Pengaruh Komitmen Organisasi, Indenpendensi Auditor, Pengedalian Internal dan Kepemimpinan Etikal Terhadap Penerapan Good Governance dan Kinerja Satuan Perangkat Daerah (SKPD) pada Provinsi Kaltim. Disertasi. FEB Universitas Airlangga. Surabaya.

Rahayu, S. 2010. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Riahi, Ahmed dan Belkaoui. 2011. Toeri Akuntansi, Edisi 5-Buku 2. Salemba

Empat. Jakarta.

Restuwulan. 2013. Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan

Terhadap Manajemen Laba. Skripsi. Universitas Widyatama. Bandung.

Ridwan, M. dan Gunardi. 2013. Peran Mekanisme Corporate Governance Sebagai Pemoderasi Praktik Earning Management Terhadap Nilai Perusahaan. Journal Trikonomika 12 (1) Juni:49–60

Kencana, Risky Watsu. 2012. Artikel Tentang Kasus PT. Kimia Farma-Etika Bisnis.https://prezi.com/ewuvz2et6my_/kasus-kimia-farma-etikabisnis, diakses tanggal 5 Oktober 2015.

Setiyarini Dan L.Purwanti .2010. Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba Dan Kinerja Perusahaan, Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Akuntansi. Universitas Brawijaya.

Siallagan, Hamonangan dan Machfoedz. 2006. Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba, dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi IX Padang 23-26 Agustus.

Sutedi, Adrian. 2012. Good Corporate Governance. Edisi Pertama, Cetakan

Kedua. Sinar Grafika. Jakarta.

Suhani, Jhoni. 2013. Analisis Pengaruh Earning Management, Mekanisme Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Skipsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Alfabeta, Cetakan ke-2. Bandung.

Sutrisno. 2010. Pengaruh Earnings Management Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Mekanisme Corporate Governance Sebagai Moderating Variable. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti. 2004. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.

UPP AMP YKPN. Yogyakarta.

Scott, William R. 2009. Financial Accounting Theory. 4rd Ed. Toronto:Prentice

Hall.

. 2012. Financial Accounting Theory. 6rd Ed. Pearson Canada

Inc:Toronto.

Sulistyanto, Sri. 2011. Manajemen Laba. Teori dan Model Empiris. Grasindo.

Jakarta.

V. Beattie, S. Brown, D. Ewers, B. John, S. Manson, D.Thomas and Michael.

“Extraordinary Item and Income Smooting: A. Positif Accounting

Approach.” Journal Of Business and Accounting 21 (6) September: 794-

Warsono, Sony, Fitri Amalia dan Kartika Rahajeng. 2010. CGCG UGM’s Corporate

Governance Rating Model. Yogyakarta: CGCG UGM.

Watts, Moss L., dan Zimmerman, Jerold L. “Positif Accounting Theory:A Ten Years Perspective,” dalam Stewart Jones, Claudio Romano dan Ratnatunga Janek (editor) Accounting Theory: The Contemporary Review (Sydney Australia: Harcourt, Brace and Jonvanvich, 1995), h.409.

Weston, J. Fred Copeland, dan Tomas E. 2008. Manajemen Keuangan, Edisi

Kesembilan. Binarupa Aksara. Jakarta.

Weston, J.F dan Brigham. 1994. Dasar Mnagement Keuangan. Jakarta.: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.1929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com