Pengaruh rasio likuiditas, rasio profitabilitas dan rasio leverage terhadap dividend payout ratio pada badan usaha milik negara (bumn) di bursa efek indonesia

Bisma Bisma, Lewi Malisan, Ledy Setiawati

Abstract


Objek penelitian yang diambil berjumlah 8 perusahaan BUMN dengan periode penelitian antara tahun 2010-2015 sehingga ada 48 jumlah amatan observasi yang digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui studi dokumentasi yang bersumber dari data yang terdapat pada www.idx.co.id. Metode sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan kriteria yang diambil adalah perusahaan BUMN yang membayarkan dividen tunai. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Current Ratio, Return on Assets dan Debt to Equity Ratio sedangkan variabel dependen adalah Dividend Payout Ratio. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil Analisis menunjukkan bahwa secara simultan Current Ratio, Return on Assets dan Debt to Equity Ratio berpengaruh secara signifikan terhadap Dividend Payout Ratio. Secara parsial menunjukkan bahwa hanya variabel Return on Assets saja yang berpengaruh secara signifikan terhadap Dividen Payout Ratio. Kebijakan dividen yang diterapkan pemerintah pada BUMN selalu berdasarkan pada  laba  akuntansi  yang  diperoleh  saja,  tanpa  melihat  besaran  hutang  dari BUMN.


Keywords


Likuiditas; current ratio; profitabilitas; return on assets leverage; debt to equity ratio; dividend payout ratio

References


Aldila, Devi Tri. 2013. Pengaruh Liquidity Ratio (Quick Ratio), Profitability Ratio (ROA dan ROE) Terhadap Dividend Payout Ratio pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Sumatera Utara.

Brigham, Houston. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.

Chasanah, Amalia Nur. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio (DPR) Pada Perusahaan yang Listed di Bursa Efek Indonesia. Tesis Universitas Diponegoro.

Fahmi, Irham. 2012. Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab.

Bandung: Alfabeta.

Halim, Abdul. 2014. Analisis Investasi, Salemba Empat, Jakarta.

Hanafi, M. Mamduh. 2014. Manajemen Keuangan. BPFE. Yogyakarta

Hasibuan, Marta. 2012. Pengaruh Cash Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Return On Assets Terhadap Kebijakan Dividen Payout Ratio pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indoneisa. Universitas Sumatra Utara.

Horne, Wachowicz. 2010. Fundamentals of Financial Management. Salemba Empat. Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Standar Akuntansi Keuangan. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Koewn, Arthur J., et al. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat. 2014

Nurraiman, Rialdi. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap Dividend Payout Ratio pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Widyatama.

Pasudana, Rizka Persia. 2013. Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Pramastuti, Suluh. 2007. Analisis Kebijakan Dividen: Pengujian Signalling Theory dan Rent Extraction Hypothesis. Tesis Universitas Gajah Mada.

Priyatno, Duwi. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Rahmahwati, Siti Nur. 2008. Faktor-faktor yang mempengaruhi dividend payout ratio (studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di jakarta islamic index periode 2000-2004). Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Riyanto, Bambang. 2008. Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan. Penerbit. BPFE. Yogyakarta.

Rodoni, Ahmad dan Herni Ali. 2010. Manajemen Keuangan. Edisi Pertama, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sartono, Agus. 2009. Manajemen Keuangan “Teori dan Aplikasi”. Penerbit BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta.

Sawir, Agnes. 2007. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Simbolon, Maslyzon. 2009. Pengaruh Likuditas, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Dividen Payout Ratio Pada BUMN di Bursa Efek Indonesia. Tesis Universitas Sumatera Utara.

Suharli, Michell dan Oktorina, Megawati. 15-16 September 2005. Memprediksi tingkat pengembalian investasi equity securities melalui rasio profitabilitas, likuiditas, dan hutang pada perusahaan publik di jakarta. Prosiding Simposium Nasional Akuntansi VIII Solo. Biro Penerbit IAN. Jakarta

Suharli, Michell. 2 Agustus 2006. Studi empiris mengenai pengaruh profitabilitas, leverage dan harga saham terhadap jumlah dividen tunai (Studi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2002-2003). Jurnal Maksi, Vol. 6. No. 2. Hlm. 243-256

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto. 2009. Metodologi Riset Bisnis. Jakarta: PT Indeks.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Ekonisia, Yogyakarta.

Warsidi dan Pramuka, Bambang Agus. 2000. Evaluasi Kegunaan Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba di Masa yang Akan Datang: Suatu Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEJ. Jurnal Akuntansi Manajemen dan Ekonomi Vol. 2 No. 1

Warsono. 2007. Manajemen Keuangan Buku I. Edisi Ketiga. Malang: Banyumedia.

Wicaksana, I Gede A. 2012. Pengaruh Cash Ratio, Debt To Equity Ratio, dan Return On Asset Terhadap Kebijakan Dividen Pada Persuhaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Udayana Denpasar.

Yuniasih, Eli. 2014. Pengertian Manajemen Keuangan.

http://ekonomiplanner.blogspot.co.id/2014/06/pengertian-manajemen-keuangan.html. diakses tanggal 28 Juni 2015




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.1856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com