Penerapan SAK EMKM Pada Home Barber Cafe di Kota Bontang

Muhammad Iqbal Safi'i, Iskandar Iskandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan serta kendala pada pencatatan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM pada Home Barber Cafe di bontang. Untuk mengetahui penerapan SAK EMKM pada Home Barber Cafe peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung. Alat analisis yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu SAK EMKM berisi laporan laba rugi, laporan posisi keuangan dan catatan atas laporan keuangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM Home Barber Cafe belum dilaksanakan karena usaha tersebut baru saja menerapkan pencatatan laporan keuangan berbasis SAK EMKM. Serta hasil penelitian lainnya menunjukkan pada kendala yang dialami saat melaksanakan pencatatan laporan keuangan yaitu pemilik usaha telah melakukan pencatatan laporan keuangan namun masih belum sesuai dengan penerapan SAK EMKM dikarenakan masih dilakukan secara sederhana dan juga kurangnya pemahaman tentang bagaimana pencatatan laporan keuangan sesuai dengan standar yang berlaku.

Keywords


SAK EMKM; UMKM; Laporan Keuangan

References


Amani, T. (2018). Penerapan SAK-EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan UMKM (Studi Kasus di UD Dua Putri Solehah Probolinggo). Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan Dan Pajak, 2. http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference-Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/White-Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/handle/11420

Andriani Lilya. (2014). Analisis Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis SAK ETAP Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Sebuah Studi Intrepetatif Pada Peggy Salon)

Efendi, F. N. A. (2019). Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Fitaloka Studio di Mojokerto. Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (SAK EMKM) Fitaloka Studio, 53(9), 1689–1699.

Farizky Yudiatma. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Arfa Barbershop di Surakarta. Fakultas Ekonomi, 15(3), 346–353.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2016). Exposure Draft. (SAK EMKM) Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah, 8–64.

Jilma Dewi Ayu Ningtyas. (2018). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro , Kecil dan Menengah ( SAK-EMKM ) ( Studi Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan ). Akuntansi, 2.

Juanda Aprianto. (2015). Analisa Penerapan Akuntansi Berdasarkan SAK ETAP Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Pada Pengusaha Budidaya Lele Mariani)

Khasanah, I. (2019). Analisis Pemahaman dan Penyajian Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM) Pada UMKM Binaan Bank Indonesia Semarang (Studi Kasus Pada. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, 22, 1–8.

Sulistian Mangopa. (2020). Analisis Penerapan SAK-EMKM Persediaan Pada Usaha Mikro & Kecil Sektor Ritel Barang Harian. Jambura Accounting Review, 1(1), 36–47.

Widiastiawati, B. (2020). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) Pada Umkm UD Sari Bunga. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1–108.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i4.14265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com