Pengaruh Persepsi Penerapan E-Filing Dan Kinerja Account Representative Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi

Authors

  • Constanti Ludvenita Adsitanada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Muhammad Abadan Syakura Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/jiam.v9i1.14014

Keywords:

persepsi kemudahan, persepsi kebermanfaatan, penerapan e-filing, kepatuhan wajib pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Persepsi Kemudahan Penerapan E-Filing, Persepsi Kebermanfaatan Penerapan E-Filing dan Kinerja Account Representative terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Dalam penentuan sampel, penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dimana diperoleh 106 responden dari kuesioner yang disebar secara offline dan online. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan pengujian hipotesis menggunakan software analisis data SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Persepsi Kebermanfaatan Penerapan E-Filing dan Kinerja Account Representative  berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Sedangkan Persepsi Kemudahan Penerapan E-Filing tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.

References

Andi, A., & Sari, D. N. (2017). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Penggunaan E-Filing Pada Kpp Pratama Serang. Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(1), 41–65. https://doi.org/10.35448/jmb.v10i1.4273

Davis, F. D. (1985). A technology acceptance model for empirically testing new end-user information systems: Theory and results. Management, Ph.D.(May), 291. https://doi.org/oclc/56932490

Ilhamsyah, R., Endang, M. G. W., & Dewantara, R. Y. (2016). Pengaruh Pemahaman Dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Malang). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 8(1), 1–9. http://perpajakan.studentjournal.ub.ac.id/index.php/perpajakan/article/view/219

Kusumayanthi, L. O., & Suprasto, H. B. (2019). Pengaruh Penerapan E-Filling, Sosialisasi Perpajakan, Kinerja Account Representative, dan Sanksi Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan WPOP. E-Jurnal Akuntansi, 28, 491. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i01.p19

Nurjannah, N., Rasuli, M., & Rusli, R. (2016). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan, Kepuasan, Kecepatan, Keamanan Dan Kerahasiaan Terhadap Penggunaan Fasilitas E-Filing Sebagai Sarana Penyampaian Spt Masasecara Online Dan Realtime Bagi Wajib Pajak Badan Di Dumai. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 1828–1842.

Perkasa, A. T., & Rustam, A. R. (2016). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kepercayaan Wajib Pajak Terhadap Minat Menggunakan E-filing Sebagai Sarana Pelaporan Pajak (Study Kasus di PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Benoa). Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Purwiyanti, D. W., & Laksito, H. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kebermanfaatan Dan Kepuasan Penggunaan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Diponegoro Journal of Accounting, 9(11), 1–9.

Ramadhan, M. F. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengawasan dan Konsultasi oleh Account Representative terhadap Kepatuhan Formal Wajib Pajak Orang Pribadi. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Hasannudin Makassar. 103.

Suhadak, D. A. K., & Aziza, D. F. (2016). Pengaruh Persepsi Dan Perilaku Wajib Pajak Atas Penerapan e-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi pada WPOP yang terdaftar pada KPP Pratama Batu Periode 2015). Jurnal Perpajakan (JEJAK) | Vol. 10 No. 1, 1-8.

Suratningsih, N. P., & Merkusiwati, N. K. L. A. (2018). Pengaruh Penerapan Sistem E-Filling dan Peran Account Representative Pada Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi, 24(2), 1220–1247. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/38913

Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). Theoretical extension of the Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies. Management Science, 46(2), 186–204. https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926

Wahdi, N., Utari, V. M., Santoso, A., & Semarang, U. (2022). Analysis of The Determining Factors of Taxpayer’s Interest In Using E-Filing. Indonesian Journal of Islamic Economics and Finance, 2(2), 110–127. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/jief

Weiner, B. (1985). An Attributional Theory of Achievement Motivation and Emotion. Psychological Review, 92(4), 548–573. https://doi.org/10.1037/0033-295X.92.4.548

Published

2024-06-22

Issue

Section

Articles