Pengaruh Persepsi Pemilik Dan Pemahaman Akuntansi Pelaku Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Survei Pada Coffee Shop Samarinda)

Jackline Ervina, Muhammad Ikbal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pemilik dan pemahaman akuntansi pelaku usaha terhadapPenggunaan Informasi Akuntansi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi yakni pemilik usaha coffe shop di Samarinda dan ditentukan sampel sebanyak 40 pemilik usaha. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Adapun teknik analisis data terdiri dari uji instrument (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji F persepsi pemilik, dan pemahaman akuntansi bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. Berdasarkan uji t persepsi pemilik berpengaruh positif dan siginifikan terhadap penggunaan informasi, adapun variabel pemahaman akuntansi secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada Coffee Shop di Samarinda.  


Keywords


persepsi pemilik, pemahaman akuntansi pelaku usaha, penggunaan informasi akuntansi

Full Text:

PDF

References


Afrianti & Halim (2021). Pengaruh Persepsi Pelaku Umkm Tentang Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Di Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman Sumatera Barat Tahun 2015-2019.

Ardiansyah, F. (2021). Pengaruh Persepsi, Pengetahuan Akuntansi Dan Pengalaman Usaha Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Di Kampar Utara. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Astiani, Y. (2017). Pengaruh Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah tentang Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Jurnal Penelitian. 1 (2).

Baihaqi, W. T. (2017). Pengaruh Persepsi Pemilik Atas Tujuan Laporan Keuangan Dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKN) (Studi Empiris Pada Umkm Di Kabupaten Banjarnegara). Skripsi. Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Budhiyanto, S.J., Paskah., dan Nugroho, I. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume X. No. 2. (260-281).

Eagle, L., Dahl, S., Hill, S., Bird, S., Spotswood, F., & Tapp, A. (2013). Social Marketing. Pearson

Keputusan Menteri Perindustrian Republik Indonesia. (2019). Making Indonesia.4.0.

Linawati, E., & Restuti, M. M. D. (2015). Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Atas Penggunaan Informasi Akuntansi. Conference in BUSINESS, Accounting, And Management. Vol. 2 No.1.

Mahmudi. (2019). Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Penerbit STIM YKPN

Munawir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Edisi kedua. Yogyakarta: Liberty.

Notoadmojo, Soekidjo. (2013). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta

Poerwadarminta, W. J. S. (2013). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Robbins, S. P. (2013). Organizational Behavior. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.

Rosita. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada UKM (Studi Empiris pada UKM di Kabupaten Karanganyar”. GRADUASI. Vol. 29 Edisi Maret 2013. ISSN: 2088-6594.

Shatu, Y. P. (2016). Kuasai Detail Akuntansi Laba dan Rugi. Pustaka Ilmu Semesta

Sobur, A. (2013). Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia

Subaweh, I. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta.

Sudarmo dan Sudita, I. G. I. N. (2013). Perilaku Keorganisasian. BPFE. Yogyakarta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). (M. . Sutopo, Ed.) (Edisi ke 5). Bandung. Alfhabeta.

Walter, H. Jr., et al. (2012). Akuntansi Keuangan IFRS Edisi Kedelapan. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Wibowo, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi Pada Sentra Konveksi Di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume XVIII No. 2, Agustus 2015.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i4.13997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com