Pengaruh Total Arus Kas Laba Bersih Dan Nilai Buku Ekuitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Muhammad Jabir, Ibnu Abni Lahaya

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menguji Pengaruh Total Arus Kas, Laba Bersih dan Nilai Buku Ekuitas Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Dengan jumlah observasi penelitian sebanyak 165 data dari 62 jumlah perusahaan manufaktur sektor industry barang dan konsumsi. Penelitian ini menggunakan alat analisis dengan regresi linear berganda, uji korelasi dan determinasi serta uji hipotesis yaitu uji t dan uji kelayakan model total arus kas,laba bersih dan nilai buku ekuitas merupakan variabel yang mampu mempengaruhi harga saham. Berdasarkan uji t atau secara parsial total arus kas berpengaruh signifikan dan positif terhadap harga saham, laba bersih berpengaruh signifikan dan positif terhadap harga saham, dan nilai buku ekuitas juga berpengaruh signifikan dan positif terhadap terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.



Keywords


Total Arus Kas; Laba Bersih; Nilai Buku Ekuitas; Harga Saham

Full Text:

PDF

References


Azra, M. Z. (2018). Pengantar Akuntansi 2 Berbasis IFRS. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Edisi ke 9). Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji, T., & Fakhruddin, H. M. (2012). Pasar Modal di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, I. (2015). Analisis Laporan Keuangan. (D. Handi, Ed.) (Edisi ke 5). Bandung: Alfhabeta.

Fitri, R. (2016). Pengaruh Laba Akuntansi, Nilai Buku Ekuitas, dan Total Arus Kas terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) Vol 14 No 1, 2016 Terindeks dalam Google Scholar.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit UNDIP.

Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Grafindo Persada.

Haris, M. A., & Sunyoto, Y. (2018). Analisis Pengaruh Total Arus Kas, Komponen Arus Kas, Laba Akuntansi. Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2016. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi. No. 44 / Th. Xxv / April 2018.

Husnan, S. (2015). Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas (Edisi Ketiga). Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Hutagaol, M. F. (2021). Pengaruh Laba Bersih dan Arus Kas Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020). Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Jakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2018. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). No.1. Penyajian Laporan Keuangan, Jakarta:

Lustian, R., & Amalia, D. (2013). Analisis Pengaruh Informasi Laba Akuntansi, Nilai Buku Ekuitas Dan Arus Kas Operasi Terhadap Harga Saham. Jurnal Ekonomi. Vol. 8 (1). Juni 2013.

Mufidah, E. (2017). Analisis Laba, Arus Kas Operasi dan Nilai Buku Ekuitas Terhadap Harga Saham. Jurnal Ekonomi EKSIS. Vol. 12.No. 1. 2549-6080.

Noviyanto, D. (2015). Pengaruh Nilai Buku Ekuitas dan Komponen Laporan Laba Rugi Komprehensif Terhadap Return Saham. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Jember.

Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Olah Menggunakan Data SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Puspita, Y. (2015). Pengaruh Laba Per Saham, Nilai Buku Ekuitas Dan Arus Kas Operasi Terhadap Harga Saham. Equity Vol. 20 No.1.

Sari, W. O. I., & Wardana, D. (2022). Pengaruh Laba Akuntansi, Arus Kas Operasi, Dan Nilai Buku Ekuitas Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Ristansi: Riset Akuntansi, Volume 3, Nomor 1, Juni 2022, Hal 98-109.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). (M. Sutopo, Ed.) (Edisi ke 5). Bandung: Alfhabeta.

Suhartono & Fadillah, Q. (2012). Portofolio Investasi dan Bursa Efek. (Ed. ke 3). Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Tandelilin, E. (2017). Pasar Modal: Manajemen Portofolio dan Investasi (Ed. 2). Yogyakarta: Kanisius.

Wild, J. J., Subramanyam, K. R., & Halsey, R. F. (2012). Analisis Laporan Keuangan. (Edisi Ke 12). (Terjemah: Yanivi S. Bachtiar). Jakarta: Salemba Empat.

Zulkifli, M. (2020). Pengaruh Nilai Buku, Laba Akuntansi Dan Total Arus Kas Terhadap Return Saham Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2015-2019. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i3.13825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com