Analisi Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur

Aril Gunawan, Hariman Bone

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019-2022 dilihat dari Rasio Kemandirian Keuangan, Rasio Drajat Desentralisasi Fisikal, Rasio Efektifitas dan Rasio Efesiensi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Kalimantan Timur. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan rumus: Rasio Kemandirian Keuangan, Rasio Drajat Desentralisasi Fisikal, Rasio Efektifitas dan Rasio Efesiensi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kinerja Keuangan BPKAD Provinsi Kalimantan Timur dilihat dari (1) Rasio Kemandirian Keuangan dapat dikategorikan sangat baik dan mampu memiliki pola hubungan yang delegatif, karena rata-ratanya sebesar 100% (2) Rasio Drajat Desentralisasi Fisikal pola hubungannya dikategorikan sangat baik, karena dalam skala intrval >50%, karena rata-rata besarnya rasio ini sebesar 52%% (3) Rasio Efektivitas PAD efektivitas kinerja keuangan Provinsi Kalimantan Timur sudah sangat efektif karena rata-rata efektivitasnya di atas 100% yaitu 105%. (4) Rasio Efisiensi Keuangan Daerah dapat dikatakan kurang efisien karena rata-rata efisiensi keuangan daerah Provinsi Kalimantan Timur sebesar 82%.

Keywords


Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah, Rasio Derajat Desentralisasi Fiskal, Rasio Kemandirian Keuangan Daerah, Rasio Efektivitas PAD, Rasio Efisiensi Keuangan Daerah.

References


Fahmi, I. 2018. Analisis Kinerja Keuangan: Panduan bagi Akademisi, Manajer, dan Investor dan Menganalisis Bisnis dari Aspek Keuangan. Alfabeta.

Halim, 2004. Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah. Edisi Revisi. Yogyakarta: YKPN

Halim. 2012. Pengelolaan Keuangan Daerah. Edisi Ketiga. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Hony. 2013. Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten Blora (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora Tahun 2007-2011. Universitas Negeri Yogyakarta. Indonesia.

Taufik. 2017. Analisis Rasio Efisiensi dan Kemandirian Keuagan Daerah untuk Menilai Kinerja Keuangan Daerah pada Pemerintahan Kabupaten Langkat. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan, Indonesia.

Yuliawati, 2017. Analisis Rasio Derajat Desentralisasi Fiskal, Kemandirian Keyangan Daerah, dan Debt Service Coverage Ratio (DSCR) Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pemerintaha Daerah Kabupaten Ogan Komring Ulu Tahun Anggaran 2013-2017. Universitas Baturaja Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i3.13824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com