Analisis Luas Pengungkapan Corporate Social And Responsibility Perusahaan Melalui Laman Resmi Perusahaan Anggota Indeks Esg Leaders

Rully Hidayat, Yoremia Lestari Ginting

Abstract


Pengungkapan informasi CSR sangat penting di era modern saat ini, dikarenakan banyak tuntutan dari pihak eksternal untuk melaporkan aktivitas CSR perusahaan melalui berbagai media, salah satu contohnya melalui laman resmi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis luas pengungkapan CSR perusahaan melalui laman resmi perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori legitimasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Metode dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan tiga kategori kinerja pada CSR yaitu kategori kinerja ekonomi sebesar 80,2% dari 100%, kategori kinerja lingkungan sebesar 96% dari 100%, dan kategori kinerja sosial sebesar 88,2% dari 100%.


Keywords


Analisis; CSR; Indeks ESG Leaders; Laman Resmi

Full Text:

PDF

References


Alhaddi, H. (2015). Triple Bottom Line and Sustainability : A Literature Review.

Business and Management Studies, 1(2), 6–10.

Harmoni, A., Ganefi, M., & Permatasari, H. P. (2016). Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi CSR Oleh Perusahaan LQ 45 Di Indonesia. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016, 49–53.

Lako, A. (2011). Dekonstruksi CSR & Reformasi Paradigma Bisnis & Akuntansi.

Jakarta: Erlangga.

Mardikanto, T. (2018). Corporate Social Responsibility (Tanggung Jawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta.

Mumtahanah, S. N., & Septiani, A. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak Dengan Moderasi Kepemilikan Saham Oleh Keluarga (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015). Diponegoro Journal Of Accounting, 6(4), 1–13.

Nurjanah, Suwatno, & Damayanti, W. (2017). Komunikasi Corporate Social Responsibility Pada Official Website Perusahaan Badan Usaha Milik. Aspikom, 3(2), 311–325.

Prastowo, J., & Huda, M. (2011). Corporate Social Responsibility Kunci Meraih Kemuliaan Bisnis. Yogyakarta: Samudra Biru.

Pujiasih. (2013). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Corporate Social Responsibility ( CSR ) Sebagai Variabel Intervening ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia ( BEI ) Tahun 2009-2011 ). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Rachman, N. M., Wicaksana, E., & Efendi, A. (2011). rachman.pdf. Depok: Penebar Swadaya.

Rahmawati. (2012). Teori Akuntansi Keuangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Resturiyani, N. (2012). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011). Universitas Pasundan.

Sari, N. (2014). Analisis Pengungkapan Corporate Social Responsibility Berdasarkan Global Reporting Initiatives (GRI):Studi Kasus Perusahaan Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk dan Timah (Persero) Tbk. Binus Business Review, 5(2), 527–536.

Sudaryanto. (2011). Terhadap Kinerja Finansial Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility ( CSR ) Disclosure Sebagai Variabel Intervening. Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Yanti, F., & Rasmini, N. K. (2015). Analisis Pengungkapan Triple Bottom Line Dan Faktor Yang Mempengaruhi : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Cannibals with Forks : the Triple Bottom Line of 21st Century Business , konvensional yang pada dasarnya menolak mel. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 13(2), 499–512.

Yudaruddin, R. (2014). Statistik Ekonomi Aplikasi Dengan Program SPSS Versi 20.

Yogyakarta: Interpena.

Yudarwati, G. A. (2015). The Indonesian Bank Websites’ Interactivity for Corporate Social Responsibility Communication. Ilmu Komunikasi, 12(2), 213–234.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i3.13740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com