Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Harga Saham

Ridwan Bone, Jamaluddin Jamaluddin

Abstract


Ridwan Said Bone. Pengaruh Penungkapan CSR Terhadap Harga saham. Dosen Pembimbing, Jamaluddin. Pengungkapan informasi CSR sangat penting di era keterbukaan pada saat ini, serta menjadi metode baru dalam hal pertimbangaan keputusan investasi selain laba yang menyangkut keberlangsungan hidup jangka panjang sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh atas pengungkapan informasi CSR terhadap harga saham. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teori letimasi (legitimasi Teory) dan teori signal (Singnaling teory). Penelitian ini menggunakan pengumpulan data berbasis data sekunder. Jumlah sampel penelitian adalah 53 perusahaan dengan total data amatan sebanyak 193. Pengolahan data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengungkapan informasi CSR memeliki efek signifikan dan positif terhadap harga saham. Hasil ini sejalan dengan teori signaling yang menyatakan bahwa bisnis berusaha untuk memberikan sinyal positif kepada investor untuk pengambilan keputusan investasi.
 


Keywords


CSR (Corporate Social Responsibility), Harga saham, Teori Legitimasi, Teori Signal

Full Text:

PDF

References


Adriani, A. (2020). Earning per share, sinyal positif bagi investor saham syariah?. In Proceeding of National Conference on Accounting & Finance (pp. 47-59).

Anisa Dwi Aulia. (2017). Pengaruh Pengungkapan Akuntansi Lingkungan Terhadap Harga saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Skripsi. Universitas Jember.

Anggraini, F., & Mulyani, E. (2022). Pengaruh Informasi Akuntansi, Persepsi Risiko dan Citra Perusahaan dalam Pengambilan Keputusan Investasi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 4(1), 25-39.

Badjuri, A., Jaeni, J., & Kartika, A. (2021). Peran Corporate Social Responsibility sebagai Pemoderasi dalam Memprediksi Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak Di Indonesia: Kajian Teori Legitimasi. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 28(1), 1-19.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Deegan. 2002. Introduction: “A Legitimizing Effect on Social and Environmental Disclosure – A Theoritical Foundation”. Accounting, Auditing and Accountability Journal. Vol. 15, No. 3. pp. 282-311.

Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Kanisus.

Firmansyah, Anang dan Mahardhika, Budi W. (2018). Pengantar manajemen. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Hadi Nor. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Hardiyanti Heny. (2018). Pengaruh Pengungkapan Akuntansi Lingkungan Terhadap Stock Return. Skripsi. Universitas Jember.

Handayani¹, S., Karnawati, Y., No, J. A. U., & Barat, K. J. J. (2021). Relevansi informasi dalam pengambilan keputusan investor di pasar modal.

https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/96918787/

Humanitisri, N., & Ghozali, I. (2019). Perusahaan Sebagai Variabel Mediasi, Dan Visibilitas Sebagai Variabel Moderasi Dalam Hubungan Antara Csr Dengan Reputasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2016). Diponegoro Journal of Accounting, 7(4).

Indriantoro Nur dan Supomo Bambang. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE-Yogjakarta

Lanis, R., & Richardson, G. (2012). Corporate social responsibility and tax aggressiveness: An empirical analysis. Journal of Accounting and Public Policy, 31(1), 86–108. https://doi.org/10.1016/j.jaccpubpol.2011.10.006

Mirfazli, Edwin dan Nurdiono. 2007. Evaluasi Pengungkapan Informasi Pertanggungjawaban Sosial pada Laporan Tahunan Perusahaan dalam Kelompok Aneka Industri yang Go Publik di BEJ. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol.12 No. 1, Januari 2007: 1-11.

Na’im, Ainun dan Fu’ad, Rakhman. 2000. Analisis Hubungan Antara Kelengkapan Pengungkapan Laporan Tahunan Dengan Struktur Modal dan Tipe Kepemilikan Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol.15.No.1.

Nurfidaturrofiah, V. 2018. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Laporan Keuangan. Skripsi Universitas Jember. Jember.

O’Donovan, G. (2002). Environmental disclosures in the annual report: Extending the applicability and predictive power of legitimacy theory. In Accounting, Auditing & Accountability Journal (Vol. 15, Issue 3, pp. 344–371). https://doi.org/10.1108/09513570210435870.

Patel, N. J., Gujarati, V. B., Gouda, T. S., Rao, N. V., Nandakumar, K., & Shantakumar, S. M. (2006). Antidiarrhoeal activity of alcoholic and aqueous extracts of roots of Tylophora indica (wight & arn.) in rodents. Pharmacol Online, 1, 19-29.

Permatasari, M. P., & Setyastrini, N. L. (2019). Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Ditinjau Dari Teori Legitimasi dan Teori Stakeholder. Jurnal akuntansi dan perpajakan, 5(1), 29-43.

Rachman, A. Y., & Khairunnisa, K. (2021). Analisis Reaksi Investor Terhadap Dimensi-dimensi Pengungkapan Informasi Akuntansi (studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Keuangan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019). eProceedings of Management, 8(6).

Rachmawati, M. (2019). Pengaruh Profitabilitas dan Levarage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corprate Sosal Resposibility Sebagai Variabel Mediasi (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Sayekti, Yosefa & Ludovicus. (2007). Pengaruh CSR disclosure terhadap earning response coefficient (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi X Makasar

Sembiring dan Eddy Rismanda. 2003. Kinerja Keuangan, Political Visibility, Ketergantungan pada Hutang dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi VI, Surabaya.

Sharma, E. (2019). A review of corporate social responsibility in developed and developing nations. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 26(4), 712-720.

Subagyo, Pangestu, (2003). Statistik Deskriptif. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta View of Statistik Deskriptif (staisumatera-medan.ac.id)

Suryandari, N. N. A., & Mongan, F. F. A. (2020). Nilai Perusahaan Ditinjau Dari Tanggung Jawab Sosial, Tata Kelola, Dan Kesempatan Investasi Perusahaan. Accounting Profession Journal (APAJI), 2(2), 94-103.

Triyani, A., Setyahuni, S. W., & Makwuna, F. D. (2021). Pengaruh kinerja non keuangan (environmental, social, governance) terhadap resiko investasi perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 7(2), 155-165.

Triani, N., & Tarmidi, D. (2019). Firm value: impact of investment decisions, funding decisions and dividend policies. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 9(2), 158-163.

Tulsanah Desra & Nikmah. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) Terhadap Rasio Profitabilitas Dan Earning Response Coefficient (ERC). Jurnal Akuntansi. Vol. 7, No. 3.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i3.13736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com