Pengaruh Aktivitas Pemasaran, Aset Tidak Berwujud, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Dina Wulandari, Yunita Fitria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mengenai aktivitas pemasaran, aset tidak berwujud, pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai sampel penelitian dengan periode pengamatan dari tahun 2015-2019. Berdasarkan teknik penyaringan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 14 perusahaan. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1). Aktivitas pemasaran berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. 2). Aset tidak berwujud berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. 3). Pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.

 

Kata kunci: Nilai Perusahaan, Aktivitas Pemasaran, Aset Tidak Berwujud, Pertumbuhan Penjualan


Keywords


Nilai Perusahaan, Aktivitas Pemasaran, Aset Tidak Berwujud, Pertumbuhan Penjualan

References


Amijaya, T., Pangestuti, I. R. D., & Mawardi, W. (2016). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Likuiditas, Kebijakan Dividen, Sales Growth dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 155–162.

Dramawan, I. D. K. A. (2015). Pengaruh Risiko Keuangan dan Pertumbuhan Penjualan pada Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Property. Buletin Studi Ekonomi, 20(2), 158–167.

Dzahabiyya, J., Jhoansyah, D., & Danial, R. D. M. (2020). Analisis Nilai Perusahaan dengan Model Rasio Tobin’s Q. JAD: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan Dewantara, 4(1), 46–55.

Irawan, D. T., & Saarce. (2015). Pengaruh Kegiatan Marketing Terhadap Profitabilitas dan Nilai Pasar di Perusahaan Perbankan. Business Accounting Review, 3(1), 1–12.

Kesuma, A. (2009). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), : 38-45.

Kim, Y., & Joo, J. (2013). The Moderating Effect Of Product Market Competition In The Relationship Between Advertising Expenditures And Sales. The Journal of Applied Business Research, 29(4), 1061–1076.

Kombih, M. T. A., & Suhardianto, N. (2017). Pengaruh Aktivitas Pemasaran, Kinerja Keuangan, dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Nilai Perusahaan. Ekuitas Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 1(3), 281–302.

Noerirawan, M. R., & Muid, A. (2012). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010). Diponegoro Journal of Accounting, 1(2), 1–12.

Soraya, L., & Syafruddin, M. (2013). Pengaruh Nilai Aset Tidak Berwujud dan Penelitian dan Pengembangan Terhadap Nilai Pasar Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2010 ). Diponegoro Journal of Accounting, 2(02), 1–9.

Spence, M. (1973). Job market signaling. Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355–374.

Widhiastuti, N. L. P., & Latrini, M. Y. (2015). Pengaruh Return On Asset dan Intangiable Asset Terhadapn Nilai Perusahaan dengan Coorporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 11(2), 370–383.

Widhiastuti, S., & Nugraha, R. S. (2019). Pengaruh Modal Intelektual, Biaya Promosi, Dan Perputaran Persediaan Dalam Mempengaruhi Profit Serta Implikasinya Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 15(2), 183. https://doi.org/10.33370/jmk.v15i2.230




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i3.13625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com