Analisis Sistem Pengendalian Internal Atas Persediaan Barang Pada Toko Cat Warna Indah Di Balikpapan

Rakita Septi Ampuni, Raden Priyo Utomo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis gambaran tentang sistem pengendalian internal atas persediaan barang yang diterapkan pada Toko Cat Warna Indah di Balikpapan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif komparatif. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dengan menggunakan metode internal control questionnaires atas unsur-unsur pengendalian internal yang terdiri dari: 1) struktur organisasi yang memisahkan tanggungjawab fungsional secara tegas, 2) sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, 3) praktik yang sehat, 4) karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya. Dari hasil penelitian, sistem pengendalian internal persediaan yang diterapkan Toko Cat Warna Indah sudah memadai. Namun masih ada beberapa yang tidak sesuai dengan unsur-unsur pengendalian internal menurut teori dimana terdapat beberapa perangkapan tugas dalam menjalankan organisasinya dan pemisahan tanggung jawab fungsional yang kurang jelas serta beberapa dokumen tidak memiliki informasi yang jelas.


Keywords


Sistem Pengendalian Internal; Persediaan Barang; Internal Control Questionnaires

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2022). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan I-2022. Www.Bps.Go.Id, 13, 12.

Baridwan, Z. (2013). Sistem Informasi Akuntansi. BPFE UGM, Yogyakarta.

Faridah, N. (2016). Analisis Sistem Pengendalian Internal Atas Persediaan Barang Dagang (Studi Kasus Pada PT MKD Surabaya). Skripsi., Surabaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Narotama.

Hery. (2007). Siklus Akuntansi Perusahaan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Hery. (2014). Pengendalian Akuntansi dan Manajemen. Kencana Prenadamedia Group, Jakarta.

Krismiaji. (2010). Sistem Informasi Akuntasi Edisi Tiga. STIM YKPN, Yogyakarta.

Maisaroh, Y., Sholihin, M. R., & Farhana, S. (2019). Analisis Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang Pada Cv Pp Lumajang. Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper, 2002, 161–167.

Makisurat, A., Morasa, J., & Elim, I. (2014). Penerapan Sistem Pengendalian Intern Untuk Persediaan Barang Dagangan Pada Cv. Multi Media Persada Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 1151–1161.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi Edisi Empat. Salemba Empat, Jakarta.

Rudianto. (2009). Pengantar Akuntansi (A. Maulana & W. Hardani (eds.)). Erlangga, Jakarta.

Rudianto. (2012). Pengantar Akuntansi: Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan (S. Saat (ed.)). Erlangga, Jakarta.

Tamodia, W. (2013). Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Intern Untuk Persediaan Barang Dagangan Pada Pt. Laris Manis Utama Cabang Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 20–29. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1366

Wulandari, F., Kusumawardani, A., & Asmapane, S. (2018). Analisis pengendalian internal atas persediaan barang dagang pada pt. pancar warna indah abadi samarinda. Akuntabel, 15(2), 94–106.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i4.13543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com