Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kebermanfaatan Digitalisasi E-Billing System Terhadap Minat Pengguna E-Billing pada Wajib Pajak Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jiam.v9i2.13365Keywords:
Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kebermanfaatan Digitalisasi E-Billing System, Minat Pengguna, Sistem E-BillingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi kebermanfaatan Digitalisasi E-Billing System terhadap minat penguna E- Billing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Samarinda. Sampel penelitian ini adalah 97 Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang telah terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan alat analisis Smart-PLS versi 4.00. Hasil penelitian ini menunjukkan Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kebermanfaatan Digitalisasi E-Billing System berpengaruh signifikan terhadap minat penguna E-Billing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Samarinda.
References
Andi, I. R., Bahcri, S., & Saidi, M. D. (2011). Tanggung Jawab Notaris Selaku Pejabat Pembuat Akta Tanah dalam Pemungutan Bea Perolehan Atas Tanah dan Bangunan di Kota Makassar . Akuntansi.
Ardhiani, L. N. (2015). Analisis Faktor-faktor Penerimaan Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory Of Planned. Administrasi dan Bisnis, 13.
Bandiyono, A., & Husna, M. C. (2019). Service E-Filling and E-Billing To Increase Tax Compliance and Acceptance. Dinasti Publisher, 220.
Burhannudin, C. I., & Abdi, M. N. (2020). Ancaman Krisis Ekonomi Global Dari Dampak Penyebabaran Virus Corona (Covid-20). Akuntansi Manajemen, 95.
Danung, A. (2020). Jaring Pengaman Sosial Kurangi Dampak Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19. Retrieved from Badan Nasional Penanggulan Bencana Alam: https://bnpb.go.id/berita/jaring-pengaman-sosial-kurangi- dampak-ekonomi-masyarakat-di-tengah-pandemi-covid19
Darma, B. (2021). Statistika Penilaian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linear Sederhana, Regresi Linear Berganda, Uji T, Uji F, R2). DKI Jakarta: GUEPEDIA.
Dewantara, R. Y. (2019). Penerimaan Teknolongi E-Registration Sebagai Dukungan Administrasi Perpajakan . Jambura Journal Of Informatics, Vol.1 No.2.
Dinas Perindustrian, Perdagangan, K. (2021). Retrieved from SIData-Sistem Informasi Data Kalimantan Timur: https://sidata.kaltimprov.go.id/
Elminingtias, K. (2019). Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Dalam Mandatory Environment : Penggunaan E-Billing (Studi Pada Wajib Pada Orang Pribadi di KPP Pratama Malang Selatan). Akuntansi.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jumnawaty, J., Nasaruddin, F., & Ahmad, H. (2020). Pengaruh Pengetahuan Teknologi, Persepsi Kemudahan dan Kesulitan Terhadap Penggunaan Ebilling. Center Of Economic Student Journal, 28.
Kementerian Keuangan, R. I. (2016). Pembayaran Pajak Gunakan E-Billing. Retrieved from KEMENKEU: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/per-1-januari-2016-pembayaran-pajak-gunakan-e-biling/
Laraswati , M., Nurlaela, S., & Subroto , H. (2017). Pengaruh Pemahaman Sistem E- billing, Kualitas Pelayanan, dan Pelaksanaan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Mebel di Kabupaten Sukoharjo. Akuntansi, 722.
Lestari, A. D., Nurmantu, S., & Vikaliana, R. (2019). Analisis Pelaksanaan Pengawasan Pengenaan Pajak Penghasilan Atas Penghasilan Youtubers Pada Direktorat Jenderal Pajak Tahun 2019. Reformasi Administrasi, 6(2).
Maulana, Y., Aan, H., & Iwan, S. (2015). User Acceptance Model On E-Billing Adoption : A Study of Tax Payment By Government Agencies. Management, 156.
Mutmainah, D. A. (2016). Kontribusi UMKM Terhadap PDB Tembus Lebih Dari 60 persen. Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20161121122525-92 174080/kontribusi-umkm-terhadap-pdb-tembus-lebih-dari-60-persen
Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskripstif. Hikmah, 14(1), 49-55.
Ningsi, B. A., & Agustine, L. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Produk dan Pelayanan Dengan Metode SEM-PLS. Jurnal Statistika dan Aplikasinya, Vol. 2.
Nugroho, R. A., Susilowati, A. D., Ambarwati, O. C., & Pratiwi, A. (2018). Factors Affecting Users' Acceptance of E-Billing System in Surakarta Tax Offuce. Mathematics and Engineering.
Online, P. (2018). Panduan Lengkap e-Billing & SSE Pajak. Retrieved from Online Pajak: https://www.online-pajak.com/tentang-pajakpay/ebilling-pajak
Pratiwi, M. T., Indriani, F., & Sugiarto, J. (2017). Analisis Pengaruh Technology Raediness Terhadap Minat Menggunakan Tcash di Kota Semarang. Bisnis Strategi , 76-88.
Putri, E. H. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Samarinda . Administrasi Negara, 5433.
Rahayu, S. (2009). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Akuntansi.
Rahma, E. S. (2017). Pengaruh Pembayaran Pajak Menggunakan Metode E-Billing dan Manual Terhadap Penerimaan Pajak di KPP Pratama . Akuntansi, 85.
Resmi, S. (2014). Perpajakan Teori dan Kasus Edisi Delapan. Jakarta: Salemba Empat.
Sari, N. W. (2021). Pengaruh Penerapan E-Billing dan E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus KPP Pratama Jakarta Duren Sawit). Akuntansi Unsurya, Vol. 1, No. 1.
Setiawan, S. (2020). Retrieved from Sebanyak 37.000 UMKM Terdampak Virus Corona: https://money.kompas.com/read/2020/04/17/051200426/sebanyak-37.000-umkm-terdampak-virus-corona
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Umniyah, A., Rahmiyanti, F., Anwar , K., Adhitya, F., & Warno. (2020). The Effect of E-Filling and E-Billing Systems Implementation on Tax Payer Compliance with Understanding of the Internet as a Moderating Variable. Economic.