Analisis Penetapan Harga Pokok Pesanan Berdasarkan Metode Full costing di UMKM LKP Atiiq’na Smart

Ridwan Aszhar, Mega Norsita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis penerapan perhitungan harga pokok produksi berdasarkan metode full costing pada UMKM LKP Atiiq’na Smart. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penggunaan metode deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi melalui analisis atas informasi akuntansi biaya yang tersedia di UMKM serta berusaha untuk memberikan gambaran dan penjelasan berbagai kondisi atau situasi yang terjadi dalam penetapan harga jual produk pada LKP Atiiq’na Smart. Subjek pada penelitian ini adalah owner LKP Atiiq’na Smart dan karyawan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder serta pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka. Hasil Penelitian memberikan gambaran bahwa terdapat perbedaan dan ketidaksesuaian hasil perhitungan harga pokok produksi antara LKP Atiiq’na Smart dengan metode full costing pada pelaporan perhitungan harga pokok produksi. Metode yang diyakini oleh LKP Atiiq’na Smart dalam perhitungan harga pokok produksi tidak sesuai dengan metode full costing karena belum memperhitungkan biaya overhead yang bersifat tetap dan penyusutannya dalam perhitungan biaya produksi.


Keywords


Harga Pokok Pesanan, Full costing, Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya Overhead Pabrik

References


Aprillia, N. R., Asmapane, S., & Gafur, A. (2018). Analisis penentuan harga pokok pesanan dengan metode full costing. Jurnal Manajemen, 9(2), 94. https://doi.org/10.29264/jmmn.v9i2.2478

Firmansyah, I. (2015). Akuntansi Biaya. Dunia Cerdas.

Halim, A., Supomo, B., & Kusufi, M. S. (2020). Akuntansi Manajemen. In BPFE, Yogyakarta (7th ed.).

Hasmi, N. (2020). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dan Harga Jual Tempe Dengan Menggunakan Metode Full Costing Pada Home Industry. Akmen Jurnal Ilmiah, 17(2), 254–269.

Iswan & Bahar, H. (2018). “Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dalam Era Mille_nial IR. 4.0.”Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Si_nergitas dalam Penguatan Pendidikan Ka_rakter pada Era IR 4.0.” Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Komara Permana, B. (2020). Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Determination of Cost of Production Analysis Methods Against Full Costing List Pricing On Salwa CV Furniture (Supervisor HJ. Eris Darsawati, MM.

Manoppo, I. (2016). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Job Order Costing (Studi Kasus pada Usaha Batik Blimbing di Kota Malang). Universitas Brawijaya, 1–16.

Mokoginta, S. R. N., Ilat, V., & Tirayoh, V. (2017). Analisis Alokasi Biaya Bersama dalam Penentuan Harga Pokok Produksi pada UD. Totabuan Kacang Goyang Burung Maleo. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 1512–1519.

Mulyadi. (2014). Akuntansi Biaya (5th ed.). Unit Penerbit dan percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Sajidin, M. I. (2015). Menentukan Harga Pesanan Menggunakkan Full Costing Method Pada Ukm Batik Demak. 1–16.

Sihite, Lundu Bontor; Sudarno, S. (2012). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Pada Perusahaan Garam Beryodium (Studi Kasus pada UD. Empat Mutiara). 1(1), 1–15.

Ulfah, Y., Irwansyah, I., Diyanti, F., Norsita, M., & Febriani, E. (2022). Peningkatan Potensi Pendapatan Melalui Penentuan Harga Jual Guna Meningkatkan Perekonomian Daerah. Minda Baharu, 6(1), 118–127. https://doi.org/10.33373/jmb.v6i1.4231




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i2.13285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com