Pengaruh Penerapan Layanan E-SAMSAT dan Program SAMSAT Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Samarinda

Indrawanti Febri Valensia, Ledy Setiawati

Abstract


Pajak adalah bagian wajib dari kehidupan di setiap negara karena merupakan pungutan atas individu dan bisnis yang diamanatkan oleh undang-undang dan digunakan untuk keperluan negara. Salah satu sektor pajak yang berkontribusi tinggi terhadap kas negara ialah Pajak Kendaraan Bermotor, namun dikarenakan jumlah penunggak wajib pajak yang meningkat, menandakan bahwa masih minimnya kepatuhan wajib pajak di Kota Samarinda. Kepatuhan wajib pajak adalah salah satu masalah yang dapat menimbulkan penghambatan terhadap efektivitas pemungutan wajib pajak, maka dari itu pemerintah mengupayakan layanan e-samsat dan samsat drive thru untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak di Kota Samarinda, yang diharapkan mampu mengoptimalkan penerimaan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penerapan layanan e-samsat dan program samsat drive thru terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di kota samarinda. penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan data primer, dan diukur dengan skala likert. jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik sampling yang digunakan ialah simple random sampling, dan data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner. analisis data menggunakan software smartpls. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) layanan e-samsat memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. (2) program samsat drive thru tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.


Keywords


Kata Kunci : kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor; E-SAMSAT; SAMSAT drive thru.

References


Aditya, I. G. S., Mahaputra, I. N. K. A. M., & Sudiartana, I. M. (2021). Pengaruh Kesadaran, Sanksi, Samsat Drive Thru, Pelayanan Fiskus, Dan E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi),1(1),187–199.https://e- journal.unmas.ac.id/index.php/karma/article/view/1629.

Alfia, F., & Sasongko, N. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Tarif Pajak, Program E-SAMSAT Dan Sistem SAMSAT Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada SAMSAT Kota Surakrta). 28, 101–109.

Chandra, C., & Sandra, A. (n.d.). Pengaruh Tarif Pajak, Sanksi Pajak, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Usahawan Di Daerah Itc Mangga Dua. 1–16.

Danarsi, Nurlaela, S., & Subroto, H. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Mobil Dengan Diberlakukannya Pajak Progresif Di Kota Surakarta. 18(01), 45–55.

Darwati, Y. (2015). Keterlambatan Mahasiswa dalam Studi ditinjau dari Teori Atribusi dari Weiner. Universum: Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan, 9(1), 57–65.

Davis, F. D., Bagozzi, R.P., Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance Of Computer Technology: A Comparison Of Two Theoretical Models. Management Science; Aug 1989;35,8; ABI/INFORM Global.

Dewi, I. G. A. M. R., & P, K. W. L. (2019). Efektivitas E-SAMSAT, Pajak Progresif Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 50. https://doi.org/10.38043/jiab.v4i1.21 51

Efriyenty, D. (2019). Pengaruh Sanksi Perpajakan Dan Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Batam. Jurnal Akuntansi Barelang, 3(2), 20–28. https://doi.org/10.33884/jab.v3i2.1244

Fan, Y., Chen, J., Shirkey, G., John, R., Wu, S. R., Park, H., & Shao, C. (2016). Applications of structural equation modeling (SEM) in ecological studies: an updated review. Ecological Processes, 5(1). https://doi.org/10.1186/s13717-016-0063-3

Gusti Surya Aditya, I., & Nyoman Kusuma Adnyana Mahaputra, I. (n.d.). Pengaruh Kesadaran, Sanksi, SAMSAT Drive Thru, Pelayanan Fiskus, Dan E-SAMSAT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. www.jarrakpos.com

Hair, Jr., Joseph F., et. al. (2011). Multivariate Data Analysis. Fifth Edition. New Jersey: PrenticeHall, Inc.

Herawati, L. N., & Hidayat, V. S. (2022). Pengaruh Penerapan E-SAMSAT Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Di SAMSAT Kota Cimahi). Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(1), 50–59. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n1.p50-59

Hartanto, Eko (2017). Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. “Metodologi Penelitian”. https://www.academia.edu/34548201/Perbedaan_Skala_Likert_Lima_Skala_Dengan_Modifik asi_Skala_Likert_Empat_Skala.

Ilhamsyah, R., Endang, M. G. W., & Dewantara, R. Y. (2016). Pengaruh Pemahaman Dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi SAMSAT Kota Malang). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 8(1), 1–9.

Keputusan Menteri Keuangan Indonesia No. 74/PMK.03/2012 Pasal 2 tentang Kepatuhan Wajib Pajak

Khristiana, Y., & Pramesthi, E. G. (2020). Peran Sistem SAMSAT Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 16(2), 76–87. https://doi.org/10.24127/akuisisi.v16i2.491

Mustofa, M. F. A. (2022). Pengaruh E-SAMSAT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Bantul, Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Prayitna, S., & Witono, B. (2022). Pengaruh Sistem SAMSAT Drive Thru, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Pengetahuan Perpajakan Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib pajak SAMSAT Kota Surakarta). In Ikraith-Ekonomika No (Vol. 1).

Prianggono, J., & Andrian, H. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan SAMSAT Drive Thru terhadap Kepuasan Masyarakat di Polda Metro Jaya. Jurnal Makna, 1, 43–54.

R. Roy Purnaditya, and A. R. (n.d.). Pengaruh Pemahaman Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak (Studi Empiris Pada WP OP yang Melakukan Kegiatan Usaha di KPP Pratama Semarang Candisari).

Rahmawati, N. (2013). Analisis Efektifitas Pemungutan Pajak Melalui Layanan SAMSAT Drive Thru (Studi Kasus Kantor Bersama SAMSAT Batu Kota) Novia Rahmawati Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(2), 1– 16.

Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sutama. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifm, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media.

Wardani, D. K. (2018). Pengaruh Program E-SAMSAT terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Kepuasan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus SAMSAT Daerah Istimewa Yogyakarta). Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 15(2). https://doi.org/10.31316/akmenika.v15i2.999

Wardani, D. K., & Rumiyatun. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem SAMSAT Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi kasus WP PKB Roda Empat Di SAMSAT Drive Thru Bantul). Akuntansi, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.24964/ja.v5i1.253

Winarno. (2013). Buku Metodologi Penelitian Kualitatif. Universitas Negeri Malang (UM Press), January, 143.

Winasari, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kesadaran, Sanksi, Dan Sistem E-SAMSAT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Subang. (Studi Kasus Pada Kantor SAMSAT Subang). Jurnal Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 11–19.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i2.13272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com