Bagaimana Desentralisasi Memoderasi Pendapatan Asli Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia

Rifki Abdul Malik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat sebarapa besar Desentralisasi memoderasi Pendapatan Asli Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Dalam studi ini, kami berpendapat bahwa semakin tinggi kontribusi pendapatan daerah, semakin besar dampaknya terhadap indeks pembangunan manusia. Indeks pembangunan manusia merupakan ukuran pencapaian pembangunan manusia berdasarkan beberapa komponen dasar kualitas hidup. Pendapat kami, hubungan antara pendapatan asli daerah dengan indeks pembangunan manusia dapat dilihat dengan desentralisasi yang tepat efektif dan efisien. Studi ini membahas literatur tentang hubungan antara desentralisasi,pendapatan asli daerah, terhadap indeks pembangunan manusia yang dibangun melalui Analisis Regresi Moderat yang diambil selama kurun waktu tujuh tahunmulai dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan asli daerah berpengaruh terhadap indeks pembangunan manusia. Sementara itu, desentralisasi dengan menggunakan belanja pemerintah daerah dapat memperkuat hubungan antara pendapatan daerah dan indeks pembangunan manusia.


References


Ayu, I. G., & Budiasih, N. (2016). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DANA ALOKASI KHUSUS, DAN DANA BAGI HASIL PADA INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16, 2044–2070.

Çağlayan-akay, E., & Van, M. H. (2017). Determinants of the Levels of Development Based on the Human Development Index : Bayesian Ordered Probit Model #. Elzie, 7(5), 425–431. EL

Deddy Supriady Bratakusumah. (2002). Kompetensi aparatur dalam pelaksanaan desentralisasi dan otonomi daerah. JAP, 22, 91–101.

Engineer, M., King, I., & Roy, N. (2008). The human development index as a criterion for optimal planning. Indian Growth and Development Review, 1(2), 172–192. https://doi.org/10.1108/17538250810903774

Etik Winarni*, Rahmi Handayani, A. S. (2022). Analisis Hubungan Kinerja Keuangan Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Manajemen Dan Sains, 7(April), 270–276. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i1.369

Fadlillah, N. (2016). Analisis pengaruh pendapatan per kapita, tingkat pengangguran, ipm dan pertumbuhan penduduk terhadap kemiskinan di jawa tengah tahun 2009-2013. EKO-REGIONAL, 11, 18–26.

Febita Agustin Nurhalimah, Ignatia Martha Hendrati, K. A. (2021). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Melalui Belanja Modal di Kota Surabaya. Jurnal Ekobistek, 10(2), 1–4. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v10i2.112

Fernandes, J., & Putra, M. L. (2022). EKONOMI TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA PADA. Menara Ekonomi, VIII(1), 18–29.

Huda, S., & Sumiati, A. (2019). Pengaruh Pad, Dau, Dan Dak Terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Jurnal Wahana Akuntansi, 14(1), 85–100. https://doi.org/10.21009/wahana.14.016

Miryanto, J. (2015). Pengaruh Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi, 11(1), 58–63. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/1049/901

Nuradhawati, R. (2019). 152 DINAMIKA SENTRALISASI DAN DESENTRALISASI DI INDONESIA Rira Nuradhawati. Jurnal Academia Praja Volume 2 No 1 – Februari 2019, 2(1), 152–170.

Prayudi. (2014). DECENTRALIZATIONllN TH E I NDONESI AN GOVERN MENT SYSTEM : STATE POLITICS IN CENTER-REoION RELATIONS. Jurnal.Dpr.Go.Id, 19, 293–310.

Sembiring, T. A. (2020). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) FISIK TERHADAP PEMBANGUNAN MANUSIA. Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 5, 77–91.

Sharma, H., & Sharma, D. (2015). Human Development Index - Revisited: Integration of Human Values. Journal of Human Values, 21(1), 23–36. https://doi.org/10.1177/0971685815569659

Siburian, M. T., Abdullah, M. A., & Firmansyah, A. (2021). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Dan Ukuran Pemerintah Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2011—2018. Tirtayasa Ekonomika, 16(1), 1. https://doi.org/10.35448/jte.v16i1.11149

Simandjuntak, R. (2015). SISTEM DESENTRALISASI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PERSPEKTIF YURIDIS KONSTITUSIONAL. Syariah Dan Hukum, 7, 57–67.

Singariya, M. (2014). Socioeconomic Determinants of Human Development Index in India. Management and Administrative Sciences Review, 3(1), 69–84. www.absronline.org/journals%0AEL

Sulistyowati, N., Sinaga, B. M., & Novindra, N. (2017). Impacts of Government and Household Expenditure on Human Development Index. Jejak, 10(2), 412–428. https://doi.org/10.15294/jejak.v10i2.11305

Tirza Meireny Patadang, Tri Oldy Rotinsulu, I. P. F. R. (2021). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA BAGI HASIL (DBH), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) MINAHASA TENGGARA DENGAN PENGELUARAN DI BIDANG KESEHATAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 22(2), 132–149.

Widodo, A., Waridin, W., & Kodoatie, J. M. (2012). Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Di Sektor Pendidikan Dan Kesehatan Terhadap Pengentasan Kemiskinan Melalui Peningkatan Pembangunan Manusia Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 1(1), 25. https://doi.org/10.14710/jdep.1.1.25-42




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i3.12633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com