Pengaruh Intellectual Capital, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2021)

Asmaul Husna, Irwansyah Irwansyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis Pengaruh Intellectual Capital, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 42 perusahaan dalam kurun waktu tujuh tahun sehingga diperoleh 294 data sampel penelitian. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang berpengaruh tidak signifikan adalah intellectual capital, sedangkan yang berpengaruh signifikan adalah ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan.


Keywords


intellectual capita; ukuran perusahaan; pertumbuhan penjualan; profitabilitas; nilai perusahaan

References


Agustina, S. (2013). Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 1.

Anjani, A., & Dillak, V. J. (2019). Pengaruh Intellectual Capital dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Akuntansi, Audit, Dan Sistem Informasi Akuntansi, 3(3).

Fahy, J., & Smithee, A. (1999). Strategic Marketing and The Resource Based View of The Firm. Academy of Marketing Science Review, 10, 1–21.

Fauziah, F. (2017). Kesehatan Bank, Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan: Teori dan Kajian Empiris. Pustaka Horizon.

Fauziah, N. S., & Wahyuni, D. U. (2017). Pengaruh Mekanisme Good Corporate, Modal Intelektual dan Growth Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(2), 1–16.

Fista, B. F., & Widyawati, D. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(5), 2051–2070. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/1188

Hadiwijaya, R. C. (2013). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Intervening. Universitas Diponegoro Semarang, Vol. 13(No. 1), pp 17-27.

Halim, I. K. (2020). Pengaruh Intellectual Capital, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Revenue, 01(2), 227–232.

Hardiyanti, N. (2012). Analisis pengaruh insider ownership , leverage , profitabilitas, firm size dan dividen payout ratio terhadap nilai perusahaan. Universitas Diponegoro, Semarang, 65, 231–247.

Herawati, L. N. A. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ45. http://eprints.perbanas.ac.id/id/eprint/2762

Hermuningsih, S. (2012). Pengaruh Profitabilitas, Size terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. Jurnal Siasat Bisnis, 16(2), 232–242.

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi (A. Pramono (ed.)). Gramedia Widiasarana Indonesia.

Husnan, S. & S. M. (2014). Studi Kelayakan Proyek Bisnis Edisi Kelima. UPP STIM YKPN.

Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas, 10(2), 333–348. https://doi.org/10.15408/akt.v10i2.4649

Limbong, D. T. S. (2016). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Accounting, 2(3), 1–11.

Meidiyustiani, R. (2016). Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 131–143. http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/JM/article/view/95

Moeljadi. (2015). Great Cash Management Great Profit (Revisi). Elex Media Komputindo.

Morris, R. D. (1957). Signalling, Agency Theory and Accounting Policy Choice. Accounting and Business Research, 18(69), 47–56.

Penrose, E. T. (1959). The Theory of the Growth of the Firm (J. Wiley (ed.)).

Prasetyorini, B. F. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1).

Pratama, I. G. B. A., & Wiksuana, I. G. B. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. Manajemen.

Pulic. (1998). Extended VAIC Model: Measuring Intellectual Capital Components. Ic.

Putri, E. M. (2019). Pengaruh Intellectual Capital, Leverage, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. 8(1), 1. https://doi.org/10.34209/equ.v18i1.456

Rudangga, I. G. N. G., & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Manajemen.

Sari, R. A. I., & Priyadi, M. P. (2016). Pengaruh Leverage , Profitabilitas , Size , Dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(10), 2–17.

Sartono, A. (2011). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. In 4 (p. 122). BPFE.

Simarmata, S. R. (2016). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Dan Nilai Perusahaan Perbankan Indonesia. Accounting Analysis Journal, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/aaj.v5i1.9748

Spence, M. (1973). “Job Market Signaling”. The Quarterly Journal of Economics. In 87 (pp. 355–374). The MIT, Press.

Stewart, T. A. (1997). Intellectual Capital: The Wealth of Organizations. PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D (M. S. Sofia Yustiyani Suryandari, S.E. (ed.)). Alfabeta, cv.

Sumarauw, J., Mangantar, M., & Rumondor, R. (2015). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Risiko Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sub Sektor Plastik Dan Pengemasan Di Bei. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 159–169. https://doi.org/10.35794/emba.v3i3.9338

Tamba, E. C., Pandiangan, L., Ginting, R. N., & Sitepu, W. R. B. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Likuiditas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017. Owner (Riset Dan Jurnal Akuntansi), 4(2), 485. https://doi.org/10.33395/owner.v4i2.294

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi - Teori dan Aplikasi, edisi pertama. Kanisius.

Tondok, B. S., Pahlevi, C., & Aswan, A. (2019). Pengaruh Struktur Modal , Pertumbuhan Perusahaan , Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasanuddin Journal Of Business Strategy, 1(3), 66–78.

Ulum, I. (2017). Intellectual Capital: Model Pengukuran, Framework Pengungkapan & Kinerja Organisasi. UMMPress.

Wati, L. N. (2019). Model Corporate Social Responsibility. Myria Publisher.

Wijaya, B., & Sedana, I. (2015). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen Dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Mediasi). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(12), 253308.

Wijayani, D. R. (2017). Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Publik di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI 2012-2014). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Airlangga, 2(1), 97–116. https://doi.org/10.31093/jraba.v2i1.23




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i2.12112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com