Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi leverage pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia

Ayu ambarwati, Irwansyah Irwansyah, Muhammad Subhan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi leverage. Faktor-faktor yang mempengaruhi leverage dalam penelitian ini akan diteriti menggunakan profitabilitas, ukuran perusahaan dan tingkat pertumbuhan. Berdasarkan kriteria sampel menggunakan metode purposive sampling diperoleh 21 perusahaan sampel dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap leverage pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Variabel Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap leverage pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangkan variabel tingkat pertumbuhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap leverage pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Tingkat Pertumbuhan, Leverage

Keywords


Profitabilitas; ukuran perusahaan; tingkat pertumbuhan; leverage

References


Aristasari, Gina. 2006. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Leverage Perusahaan Foot and Beverage Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Islam Indonesia

Bursa Efek Indonesia (2016). from Bursa Efek Indonesia Website: www.idx.co.id

Rahmawati, A., Ilmi, Z., & Tricahyadinata, I. (2018). KEBIJAKAN PEMBERIAN KREDIT KEPADA DEBITUR BANKALTIM. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 2(1).

Glenn Indrajaya, Herlina, Rini Setiadi. 2011, Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Tingkat Pertumbuhan, Profitabilitas, dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal, Jurnal Ilmiah Akuntansi.

Heryanto, Florentina. 2004, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Leverage Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Tesis. pada Universitas Diponegoro Semarang.

Irwan, Gani & Siti Amalia. 2015. Alat Analisis Data dan Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi & sosial. Yogyakarta.

Mulianti, Fitri Mega. 2011. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan hutang dan pengaruhnya terhadap Nilai perusahaan. Tesis, Universitas Diponegoro Semarang

Natasia, Weka. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal ilmu & Riset Akuntansi. Vol.4, no.12.

Steven, Lina. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang. perusahaan Manufaktur, Jurnal Bisnis dan Akuntansi.

Sutrisno. 2012. Manajemen keuangan Teori Konsep dan Aplikasi. Ekonosia, Yogyakarta.

Triani, Muslyha Ni Nyoman Alit. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva & Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Leverage.

Viandgo, Yuvita. 2011. Analisis Pengujian Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Risiko Bisnis, dan Tingkat Pertumbuhan Terhadap Leverage Perusahaan Industry Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi.

Yeniatie, Nicken Destriana. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi kebijakan Hutang Perusahaan Non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Bisnis dan Akuntansi




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i3.1090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com