Pengaruh regulasi dan ketersediaan anggaran terhadap kualitas pelayanan kesehatan
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk untuk mengetahui pengaruh faktor Regulasi dan Ketersediaan Anggaran terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan memediasi variabel Kinerja Pegawai. Grand Theory yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Atribusi yang merupakan teori yang dapat menjelaskan faktor internal maupun eksternal yang dapat mempangaruhi variabel Objek penelitian pada penelitian ini adalah Puskesmas Sempaja dengan responden pegawai sebanyak 36 dan pasien sebanyak 36 responden Data yang di gunakan adalah data primer yang di kumpulkan melalui kuisioner. Kuisioner yang di sebarkan 36 dan 36 juga kuisioner yang kembali. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis) dengan menggunakan SPSS.20. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan: Regulasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai.dan Kualitas Pelayanan Kesehatan Kinerja Pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan, sedangkan Ketersediaan Anggaran berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai dan Kualitas Pelayanan Kesehatan. Untuk pengujian langsung dan tidak langsung, regulasi berpengaruh langsung terhadap kualitas pelayanan kesehatan tanpa melalui kinerja pegawai (sebagai variabel intervening). Sedangkan ketersediaan anggaran berpengaruh secara tidak langsung terhadap kualitas pelayanan kesehatan melalui kinerja pegawai (sebagai variabel intervening)
Keywords
References
Azwar, Azrul.1996. Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Indonesia
Jogiyanto, Hartono. 2008. Metodologi Penelitian, CV Andi Offset: Yogyakarta
Effendi, Ferry. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : BP Universitas Diponegoro
Haerul, 2014. Pengaruh Alokasi Anggaran Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Tamalanrea. Universitas Hasanuddin Makassar
Rahmawati, A., Ilmi, Z., & Tricahyadinata, I. (2018). KEBIJAKAN PEMBERIAN KREDIT KEPADA DEBITUR BANKALTIM. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 2(1).
Hani, Syarifa Ummi. 2012. Pengaruh Pemberian Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Terhadap Kinerja Puskesmas Bontonompo II Kabupaten Gowa. Universitas Patria Artha Makassar.
Heider, Fritz. 1958. The Pshycology of Interpersonal Relations. New York: Wiley
Idris, Amiruddin. 2013. Pengaruh Regulasi dan Ketersediaan Anggaran Terhadap Kinerja Pelayanan Aparatur Pemerintah Aceh. Jurnal Kebangsaan Vol 2 No.4.
Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2008). Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/kota. Jakarta: Depdiknas.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2004). Kebijakan Dasar Puskesmas Depkes RI. Jakarta: Depdiknas.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Kesehatan. Jakarta: Kemenkes.
Mahapatro, BB. 2010. Human Resource management. New Delhi: New Age International (P) Ltd., Publisher
Maridasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta. ANDI OFFSET
Moenir, 2002. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
.1995. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
.1990. Pendekatan Manusiawi dan Organisasi Terhadap Pembinaan Kepegawaian . Jakarta: Gunung Agung.
Munandar, M 2001. Budgeting, Perencanaan Kerja, Pengkoordinasian Kerja Pegawai Kerja Edisi Pertama. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Notoatmodjo, Sukidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Tunggal Cipta.
Prabu Mangkunegara, A.A. Anwar. 2010. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung. PT. Refika Aditama
Robbins dan Judge. 2008. Perilaku Organsasi. Edisi Dua Belas. Jakarta: Salemba Empat
Rudianto, 2009. Penganggaran: Konsep dan Teknik Penyusunan Anggaran. Penerbit Erlangga, Jakarta 2009.
Russell C. Swansburg.1995.Pengembangan Staf Keperawatan: Suatu Komponen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta.Penerbit Buku Kedokteran EGC
Sancoko, Bambang. 2010. Pengaruh Remunerasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu dan Administrasi dan Organisasi, Jan-Apr 2010, hlm.43-51.
Scott, William R.2009. Financial Accounting Theory. Canada: Prentice Hall.
Sianipar, 1998. Manajemen Pelayanan Masyarakat. Jakarta: LAN
Simamora. Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ketiga. STIE YKPN, Yogyakarta.
Sinambela, L.P. 2008. Reformasi Pelayanan Publik, Teori Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Steers, Richard M. 1995. Efektivitas Organisasi Jakarta: Erlangga
Stigler, G. 1971. The Theory Of Economic Regulation . Bell Journal of Economics and Managemnt Science 3. Chicago: Rand Corporation
Stoner, Freeman dan Gilbert. 1995. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: GRAHA ILMU
Sugiyono. 2007. Statistika Untuk. Bandung. Penerbit: CV. Alfabeta
Sujudi, Ahmad. 2003. Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di kabupaten/kota. Jakarta: Depdiknas.
Sulistiyani, Ambar T dan Rosidah. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta: GRAHA ILMU
Syamsi, Ibnu. 1994. Pokok-pokok Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi OFFSET.
DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i3.1085
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com