Analisis Kinerja Keuangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) Di Desa Gemar Baru Kecamatan Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur

Junstanley Elroy, Dwi Risma Deviyanti, Wulan Iyhig Ratna Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan Pemerintah Desa Gemar Baru Kecamtan Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur pada tahun 2018 hingga tahun 2020. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam pelaksanaan penelitian ini adalah dokumentasi. Dokumentasi yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu belanja operasi dan belanja modal yang terdapat dalam laporan realisasi anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Gemar Baru Kecamatan Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur, dan laporan lainnya, laporan pendukung penelitian ini, seperti gambaran umum Desa Gemar Baru Kecamatan Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur, struktur organisasi dan lain-lain. Alat analisis yang akan digunakan untuk mengukur kinerja keuangan Desa Gemar Baru adalah analisis pertumbuhan belanja, rasio keserasian belanja, dan rasio efisiensi belanja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertumbuhan belanja negatif pada tahun 2020, pertumbuhan belanja negatif ini disebabkan karena adanya penurunan anggaran yang diberikan dari pemerintah kepada Desa Gemar Baru sehingga pertumbuhan negatif tersebut seimbang dengan penurunan terhadap anggaran yang diberikan. Hasil analisis keserasian belanja menunjukan bahwa pada tahun 2018 penyerapan dana lebih banyak di serap oleh belanja operasi sedangkan di tahun 2019 dan 2020 dana lebih banyak di serap pada belanja modal, karena digunakan untuk belanja modal dan aset tetap lainnya yang memberi manfaat jangka panjang. Hasil analisis efisiensi menunjukan bahwa kinerja belanja dari tahun 2018 hingga dengan tahun 2020 dikategorikan kurang efisien hal ini dikarenakan daya serap terhadap anggaran yang maksimal agar semua program atau kegiatan yang dilaksanakan dapat tercapai.

Keywords


belanja; pertumbuhan belanja; keserasian belanja; efisiensi belanja

References


Gramini, M., Kasim, M.Y., & Bidin, C.R. 2017. Analisis Kinerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Morowali pada Periode 2011-1015. Jurnal Ilmu Manajemen.

Iqsan. 2016. Transparansi Pemerintah Desa dalam Penyusunan APBDes di Desa Long Nah Kecamatan Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Ilmu Pemerintahan. e-Jurnal Ilmu Pemerintahan, Universitas Mulawarman.

Keliat Herry Bre Mamana. 2018. Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Desa Periode 2013-2016 (studi kasus di desa margorejo), Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Kusumadewi, W.N., & Ilat, V. 2016. Analisis Kinerja Keuangan Pada Pemerintah Kabupaten Minahasa UtaraTahun 2012-2014. Jurnal EMBA, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Mahmudi. 2013. Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Mahmudi. 2016. Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Desa. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Makatita, Reyner F. 2016. Pentingnya Kinerja Keuangan Dalam Mengatasi Kesulitan Keuangan Perusahaan : Suatu Tinjauan Teoritis, Journal Of Management, Universitas Nusa Cendana Kupang.

Mardiasmo. 2018. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: ANDI.

Nurhayati. 2019. Analisis Kinerja Keuangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) Di Desa Bonto Tengnga Kabupaten Sinjai, Skripsi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.

Peraturan Menteri. 2018. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Puspawardani, W. 2017. Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa oleh Pemerintah Desa di Desa Parakanmanggu Kecamatan Parigi Kabupaten Pengandaran. Jurnal Dinamika.

Ramadhani, Dizzy Asrinda siswi, Hisamuddin, N, & Shulthon, M 2019. Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja APBDesa (Studi Kasus Desa Bulak Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan) Jurnal Akuntansi Universitas Jember.

Rantebalik, B., Tawakkal, & Sutrisna , A.S. 2016. Analisis Kinerja Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu.

Siregar, B. 2015. Akuntansi Sektor Publik (Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Soeharjo, E. D. 2017. Akuntabilitas Pemerintah Desa dalam Pengelolaan APBDes Tahun 2015 berdasarkan Pemdagri No. 113 Tahun 2014 di Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jurnal Of Governance and Public Policy

Sumarna , A. 2017. Analisis Laporan Keuangan Desa Ciburial Tahun Anggaran 2013-2014.

Tambuwun, F. (2018). Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Otonomi Desa Dalam Pengelolaan Dan Pertanggungjawaban Alokasi Dana Desa Di Desa Kauneran Satu Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern.

Trianto, Anton. 2017. Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Pt. Bukit Asam (Persero) Tbk Tanjung Enim, Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, Politeknik Darusalam Palembang.

Undang-undang No. 6 Tahun 2014. Tentang Desa.

Undang-undang No. 23 Tahun 2014, Tentang Pemerintah Daerah.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i1.10695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com