Analisis Efektivitas Sistem Pengendalian Intern Persediaan Obat di Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur

Nur Humidayah, Irwansyah Irwansyah, Ibnu Abni Lahaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis struktur pengendalian internal atas pengadaan obat-obatan pada Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pengendalian intern persediaan obat pada Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur sudah cukup efektif untuk mendukung pengendalian internal menurut teori. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab dan wewenang, dalam sistem otorisasi dan prosedur pencatatan yang jelas, praktik yang sehat serta dokumen-dokumen yang digunakan di gudang farmasi dalam persediaan.


Keywords


Pengendalian Internal; Persediaan

References


Ansary, A. K. (2018). Analisis Sistem Pengendalian Internal Atas Persediaan Obat Dan Alat Kesehatan Pada RSUD Kabupaten Pamekasan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Jember.

Arens, A. A., Elder, R. J., & Beasley, M. S. (2015). Auditing dan Jasa Assurance. Pendekatan Terintegrasi Edisi ke 15 Jilid 1. Erlangga: Jakarta.

Gondodiyoto, S. (2007). Audit Sistem Informasi, Edisi Rev. Mitra Wacana Media: Jakarta.

Harahap, R. (2018). Penerapan Sistem Pengendalian Intern Persediaan Pada Rumah Sakit Pabatu Tebing Tinggi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2008). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 14 Persediaan. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan, 14(14), h. 14.1-viii.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi, Edisi keempat. Salemba Empat: Jakarta.

Murniati, Soegiarto, E., & Barus, I. N. E. (2018). Analisis Sistem Pengendalian Intern Persediaan Obat Di Rumah Sakit Umum Daerah I.A Moeis.

Nuryanti, R. (2018). Analisis Peranan Pengendalian Internal Persediaan Terhadap Efektivitas Pengelolaan Persediaan Obat-obatan Studi Kasus Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2017 Tentang Monitoring Dan Evaluasi Terhadap Perencanaan, Pengadaan Berdasarkan Katalog Elektronik Dan Pemakaian Obat, 53(9), 1689–1699.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Perencanaan Dan Pengadaan Obat Berdasarkan Katalog Elektronik, 11(1), 1–14.

Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2012). Peraturan Presiden Republik Indonesia No 72 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Nasional, 66, 37–39.

Ristono, A. (2013). Manajemen Persediaan. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2016). Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 13. Salemba Empat: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i1.10688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com