Analisis Pengelolaan APBDes Di Desa Semangko Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara

Annisa Fauziah Simanjuntak, Yana Ulfah, Dwi Risma Deviyanti

Abstract


ABSTRAK

Annisa Fauziah Simanjuntak, 2021, Analisis Pengelolaan APBDes di Desa Semangko Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini dilakukan di bawah bimbingan Dr. H. Yana Ulfah, S.E., M.Si.,Ak selaku Dosen Pembimbing I dan Dwi Risma Deviyanti, S.E., M.Si., Ak., CA CSRS selaku Dosen Pembimbing II.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan anggaran desa di Desa Semangko Kecamatan Marangkayu Kutai Kartanegara yang dilihat dari tahapan pengelolaan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban yang sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data  dilakukan melaui wawancara mendalam, dokumentasi, observasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan desa yang tercantum dalam APBDes Desa Semangko telah dilaksanakan sesuai dengan lima indikator yang telah ditentukan dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, sudah melibatkan partisipasi masyarakat melalui musyawarah desa. Pada pelaksanaan menggunakan prinsip swakelola dan padat karya tunai. Dalam tahap penatausahaan, menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Pada tahap pelaporan, telah dilakukan sesuai jadwal waktu yang ditentukan. Pada pertanggungjawaban, selalu dilaporkan sesuai dengan persyaratan dan tepat waktu.


Keywords


Kata Kunci: Institusional Ownership, Firm Size, Arus Kas Operasi dan Financial Distress

References


DAFTAR PUSTAKA

Afif, D. I., Rizal, N. and Salim, A. 2020. ‘Analisis Pengelolaan Keuangan Dalam Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja (APBDes) Tahun Anggaran 2019 (Studi tentang kinerja pemerintah desa dalam pengeloaan APBDes di Desa Grobogan Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang)’, Counting: Journal of Accounting, 2(3). Available at: https://jkm.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/jra/article/view/317/.

Anonim . 2014. Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

_____. 2006. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

_____. 2014. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2018 tentang Perubahan Pengelolaan Keuangan Desa

_____. 2015. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Pengunaan Dana Desa Tahun 2015

Arif, Muhammad. 2007. Tata Cara Pengelolaan Keuangan Desa Dan Pengelolaan Kekayaan Desa Pekanbaru. Pekanbaru: ReD Post Press

A’yun, S. Q. 2019. ‘Analisis Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) Desa Nglambangan Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 8(2). Available at: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6855.

Bastian, Indra. 2011. Audit Sektor Publik: Pemeriksaan Pertanggungjawaban Pemerintahan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Soleh, Chabib dan Rochmansjah, Heru. 2010. Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Bandung: Fokusmedia.

Halim, Abdul, & Kusufi, Syam. 2016. Teori, Konsep dan Aplikasi-Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Kemendagri RI. 2018. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri.

Khoiriah, Siti dan Meylina, Utia. 2017. “Analisis Sistem Pengelolaan Dana Desa Berdasarkan Regulasi Keuangan Desaâ€. Jurnal Masalah-Masalah Hukum, Jilid 46 No. 1, Januari 2017, Halaman 20-29

Mahmudi. 2016. Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Edisi Ketiga,. Yogyakarta: UPP STIM

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

_____. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

_____. 2011. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Masihad, A. 2018. Analisis Implementasi Pengelolaan Keuangan Desa Dalam Alokasi Dana Desa (ADD) Desa Marga Ayu Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun 2017. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Masrudiyanto, M. et al. (2019) ‘Analisis Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Bebetin Kecamatan Sawan’, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 7(1). doi: 10.23887/jinah.v7i1.19845.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. Jakarta: UI-Press.

Mirnawati, I. 2017. Analisis Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 (Studi Kasus pada Desa di Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir). Universitas Muhammadiyah Palembang.




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i1.10632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com