Analisis Penilaian Kesehatan Koperasi Serba Usaha Pada Koperasi Syariah Al Firdaus Samarinda

Siti Rahmah Handayani, Musviyanti Musviyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Kesehatan KSU Syariah Al-Firdaus Samarinda tahun 2017 dan 2018. Penelitian ini menggunakan metode analisis penilaian Kesehatan sesuai dengan Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan Usaha Menengah Republik Indonesia No. 07/Per/Dep.6/IV/2016 tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Syariah dan Unit Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah, dimana aspek evaluasi analisis aspek permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, efisiensi, likuiditas, jati diri koperasi, kemandirian dan pertumbuhan, dan kepatuhan syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KSU Syariah Al-Firdaus berada pada level “SEHAT†pada tahun 2017 dan 2018.

Keywords


KSU Syariah Al-Firdaus; Kesehatan Koperasi

References


Tyas, Alfi Rohmaning. (2014). “Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Mukti Bina Usaha Kelurahan Muktisari Kota Banjar Jawa Barat Tahun 2011-2013.†Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri, Kristina Damayanthi. (2017). “Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Wisuda Guna Rahardja, Lombok).†Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Bernadeth, Shervy. (2018). “Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Berdasarkan Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor : 06/Per/Dep.6/IV/2016.†Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Herprasetyo, Dwi. (2013). “Analisis Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam di KPRI “NAGARA†Ngaglik, Sleman Tahun 2014-2016.†Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Faradee, Muhammad Ibnu Rahman. (2017). “Analisis Tingkat Kesehatan pada Koperasi Serba Usaha Syariah Al-Firdaus di Kota Samarinda.†Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman.

Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia No. 07/Per/Dep.6/IV/2016 tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah dan Unit Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah.

Peraturan Menteri Kementerian dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia No. 11/Per/M.Kukm/XII/2017 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah oleh Koperasi




DOI: https://doi.org/10.30872/jiam.v8i1.10625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com