Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia (periode 2016-2020)

Serlina Serlina, Anisa Kusumawardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Publik terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Periode 2016-2020). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020 yaitu sejumlah 37 perusahaan. Sampel penelitian adalah 6 perusahaan dari tahun 2016-2020, sehingga total keseluruhan sampel sebanyak 30. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari pihak kedua, yaitu dari Bursa Efek Indonesia. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Profitabilitas yang diproksi menggunakan ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility, dan Kepemilikan Saham Publik tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility.


Keywords


Profitabilitas; ukuran perusahaan; kepemilikan saham public; pengungkapan corporate social responsibility

Full Text:

PDF

References


Adnantara, K. (2014) ‘Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham Dan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan’, Buletin Studi Ekonomi, 18(2), Pp. 107–113.

Andriana, I. K. G. S. & Wahyu Purna Anggara, I. W. G. (2019) ‘Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage Dan Kepemilikan Saham Publik Pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility’, E-Jurnal Akuntansi, 29(1), P. 111. Doi: 10.24843/Eja.2019.V29.I01.P08.

Chariri, A. & Ghozali, I. (2007) ‘Teori Akuntansi’, In. Semarang: Universitas Diponegoro.

Melati, R. A. & Kurnia (2013) ‘Pengaruh Pengungkapan Informasi Csr Dan Profitabilitas Terhadap Earning Response Coefficient (Erc)’, Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 2(12), Pp. 1–16.

Pratiwi, R. (2012) ‘Pengaruh Tingkat Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dan Corporate Social Responsibility Dengan Kinerja Keuangan Perusahaan’, 2(1), Pp. 17–23.

Purwanto, A. (2007) ‘Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Terhadap Corporate Social Responsibility’, Jurnal Akuntansi & Auditing Volume 8/No. 1/November 2011: 1-94, 15, Pp. 12–29.

Putri, R. A. & Jogi, C. Y. (2012) ‘Pengaruh Profatibilitas, Likuiditas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Mendapat Penghargaan Isra Dan Listed (Go-Public) Di Bursa Efek Indonesia (Bei) 2010-2012)’, Business Accounting Review, 2(1).

Rahayu, P. (2015) ‘Pengaruh Kepemilikan Saham Publik, Profitabilitas Dan Pengungkapan Media Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013’.

Rahmayanty, S. (2015) ‘Pengaruh Size Perusahaan, Kepemilikan Saham Publik, Kepemilikan Saham Asing, Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bei Pada Tahun 2010-2013’, Jom Fekon, 2(8), Pp. 1–12.

Ramadani, A. K. (2019) Analisis Pengungkapan Laporan Keberlanjutan Pt Perusahaan Gas Negara (Pgn) Tbk Tahun 2016 Dan 2017 Berdasarkan Standar Global Reporting Initiative (Gri). Universitas Brawijaya.

Rawi & Muchlish, M. (2010) ‘Kepemilikan Manajemen, Kepemilikn Institusi, Leverage, Dan Corporate Social Responsibility’, Simposium Nasional Akuntansi Xiii Purwokerto, Pp. 1–28.

Rofiqkoh, E. & Priyadi, M. P. (2016) ‘Pengaruh Profitabilitas , Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan’, Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(2015), Pp. 1–18.

Rozak, A. (2012) ‘Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Oleh Publik, Leverage Dan Kelompok Industri Terhadap Tingkat Internet Financial Reporting (Ifr)’, Jurnal Computech & Bisnis, 6(2), Pp. 101–112. Available At: Http://Jurnal.Stmik-Mi.Ac.Id/Index.Php/Jcb/Article/View/92.

Santioso, L. & Chandra, E. (2012) ‘Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Umur Perusahaan, Dan Dewan Komisaris Independen Dalam Pengungkapan Corporate Social Responsibility’, Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 14(1), Pp. 17–30.

Suaryana, A. & Febriana (2009) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia’, Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Pp. 1–20.

Yusuf, W. (2007) Membedah Konsep & Aplikasi Csr : Corporate Social Responsibility. Fascho Publishing.

Zaenuddin, A. (2007) Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Praktek Pengungkapan Sosial Dan Lingkungan Pada Perusahaan Manufaktur Go Publik. Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v7i1.10170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com