Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Nilai Syariah Terhadap Keputusan Menabung di Bank syariah (Studi pada Himpunan Mahasiswa Bima kota Samarinda)

Iwan Suryawan, Joko Susilo

Abstract


 

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dan menguji kualitas produk, kualitas pelayanan dan nilai syariah terhadap keputusan menabung di bank syariah Kota Samarinda. Penilitian ini menggunakan 50 responden yang merupakan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Bima (HMB). Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data guna menguji hipotesis pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda. Perhitungan ini dilakukan menggunakan sistem komputerisasi dengan program SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). Kualitas Produk berpengaruh terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah Kota Samarinda, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya, variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung. 2) Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah Kota Samarinda, maka dapat disimpulkan hipotesis diterima. Artinya, variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung. 3) Nilai Syariah berpengaruh terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah Kota Samarinda, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya, variabel nilai syariah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung.

 


Keywords


Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Nilai Syariah; Keputusan Menabung

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adrian, D. 2010. Pengertian Persepsi. (Online). Available: http://www.psikomedia.com/article/view/psikologi-sosial-/pengertian persepsi. Diakses tanggal 17 Januari 2021.

AW Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bailia, J. F., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal Emba ISSN 2303-1174, Volume 2 Nomor 3, 1768-1780

Damayanti, S. (2016). Pengaruh Pandangan Islam, Pelayanan dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah untuk Menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang x. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9.

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda.

Drever. 2010. Persepsi Siswa. Bandung: Grafindo

Firza Aulia Viranti dan Adhitya Ginanjar. 2015. Influence of Facilities, Promotion, Product and Location Islamic Banking on Decision NonMuslim Customers Patronizing at BRIS Case Study in BRI Syariah (The Journal of Tauhidinomics Vol. 1 No. 1 (2015): 35-60)

Gibson, James. L,.et all.2010. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses, Edisi Ke-5. Jakarta. Erlangga.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit. Universitas Diponegoro.

Ghozali Maski. 2010. Analisis keputusan nasabah menabung: pendekatan Komponen dan model logistik Studi pada bank syariah di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics Vol. 4 No. 1 Mei 2010, 43-57

Hapsari. 2004. Hubungan Antara Persepsi Tentang Kesetaraan Gender Dengan Kecenderungan Kekerasa Suami Terhadap Istri. Surakarta : Fakultas Psikologi UMS

Heri Sudarsono 2008, Bank & Lembaga Keuangan Syari'ah. Yogyakarta: Ekonisia.

Hair, Jr et.al. 2010. Multivariate Data Analysis (7th ed). United States : Pearson.

Ika Lestari. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang:Akademia Permata.

Ismail. 2011. BANK Syariah. Kencana Prenada Media Group : Jakarta.

Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi, Cetakan keempatbelas, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Kotler and Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Latan, Hengky dan Selva Temalagi. 2013. Analisis Multivariate Teknik dan. Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20,0. Bandung: Penerbit. Alfabeta.

Muhamad. 2011. Manajemen Bank Syariah. 2nd edn. Yogyakarta.

Nurngaeni. 2018. Pengaruh pengetahuan dan persepsi mahasiswa Tentang BANK syariah terhadap Keputusan menjadi nasabah di bank syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto). Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

SA Iriawan, Widya. 2016. Persepsi Mahasiswa Tentang BANK Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisnu Jepara). Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara.

Setiadi, N. J. 2005. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sulastri. 2012. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemberitaan Terorisme Di Televisi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suparno. 2009, “Persepsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Terhadap bank Syariah Sebagai Lembaga Keuangan Syariahâ€. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi Vol. 2, No. 1. Januari 2009.

Peraturan Pemerintah No.72 Tahun 1992. Tentang Bank Berdasarkan Prinsip Bagi Hasil.

UU No.7 tahun 1992 Tentang BANK.

UU no.21 tahun 2008 tentang BANK Syariah

Undang-Undang Pasal 2 PBI No. 6/24/PBI/2004 Tentang bank umum yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah.

Viranti, F. A., & Ginanjar, A. (2015). Influence of Facilities , Promotion , Product and Location Islamic Banking on Decision Non Muslim Customers Patronizing at BRIS Case Study in BRI Syariah. The Journal of Tauhidinomics, 1(1), 35–60.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wiroso. 2009. Penghimpunan Dana dan Distribusi Hasil Usaha Bank Syariah, Jakarta, PT Grasindo.

Yumanita, D. 2005. Bank Syariah: Gambaran Umum. Pusat. Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (PSPSK) Bank Indonesia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v2i1.9985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com