Peranan Dana Zakat Produktif Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Mustahik Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kutai Timur

Arinda Oktavianur, Rais Abdullah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada perbedaan keadaan UMKM sebelum dan sesudah menerima peyaluran dana zakat produktif dari BAZNAS Kutim yang dilihat dari indikator omset penjualan dan keuntungan usaha. Objek penelitian ini yaitu mustahik yang sebagai pelaku UMKM di sangatta yang memperoleh dana zakat produktif dari BAZNAS sebanyak 61 usaha. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer. Metode analisis data meliputi statistik deskriptif dan uji pangkat tanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahwa uji pangkat tanda Wilcoxon pada variabel omset pejualan ada perbedaan antara omset penjualan sebelum dan sesudah mendapatkan penyaluran dana zakat produktif. (2) uji pangkat tanda Wilcoxon pada variabel Keuntungan terdapat perbedaan keuntungan usaha sebelum dan sesudah mendapatkan penyaluran dana zakat produktif.

 


Keywords


Zakat Produktif; Profit; Turnover

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurahman Qadir. (2001). Zakat Dalam Dimensi Mahda dan Sosial, PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Al-Zuhayly, Wahbah. (2008). Zakat Kajian Berbagai Mazhab. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Amir Syarifuddin. (2015). Garis-garis besar fiqh. Kencana.Jakarta.

Ananda, Fitra. (2011). Analisis Perkembangan Mikro dan Kecil Setelah Memperoleh Pembiayaan Mudharabah dari BMT AT TAQWA HALMAHERA di Kota Semarang. Skripsi. Semarang.

Ash Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi. (2006). Pedoman Zakat. Pustaka Rizki Putra. Semarang.

Databoks, (2019). Jumlah Penduduk Indonesia Menurut Agama, Diakses pada 6 Februari 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/24/ berapa-jumlah-penduduk-muslim-indonesia

Hamka. (2012), Standar Operasional Prosedur (SOP) Lembaga Pengelolaan Zakat, Kementrian RI Dirjen Masyarakat Islam Direktorat Pemberdayaan Zakat.

Ika Yunia Fauzia. (2015). Prinsip Dasar Ekonomi Islam. KENCANA Jakarta.

Julijanto, Muhammad. (2015). Membangun Keberagaman Mencerahkan dan Mensejahterakan. Deepublish. Yogyakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. UMKM terbukti tahan terhadap krisis dan mampu survive. Harian Bisnis Indonesia. Jakarta.

Kurniawan, Arif. 2012. Pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi Kasus BMT Ikhlasul Amal di Indramayu). Fakultas Syariah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati. Cirebon.

Lili Badriah, Muhamad Zen & M. Hudri. (2005). Zakat dan Wirausaha. CED. Jakarta.

Mubarak, Z. (2010). Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Ditinjau Dari Proses Pengembangan Kapasitas Pada Program PNPM Mandiri Perkotaan Di Desa Sastrodirjan Kabupaten Pekalongan, Tesis, Program Studi Magister Teknik Pemberdayaan Wilayah Dan Kota. UNDIP. Semarang.

M. Munir dan Wahyu Ilahi, (2009). Manajemen Dakwah. : Kencana .Jakarta.

Mustofa, Pipit. (2013). Peran Kredit Dari Koperasi Serba Usaha (KSU) “Artha Sukses†Terhadap Perkembangan Usaha Yang Menjadi Anggotanya. IESP UNDIP. Semarang.

Narwoko, J. Dwi dan Bagong Sutanto. 2010. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan Edisi ketiga, Jakarta: Prenada Media Group

Nugraha, Garry. (2011). Pengaruh Dana Zakat Produktif Keuntungan Usaha Mustahik Penerima Zakat (studi kasus BAZ Kota Semarang). Skripsi.

Semarang

Nurrohmah, Isnaini. 2015. Analisis Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Sebelum dan Sesudah Menerima Pembiayaan Musyarakah Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT (Studi Kasus BMT Beringharjo Yogyakarta). Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Qomaruddin, Muh. Yusuf. (2013). Pengaruh persepsi muzaki terhadap perilaku dan cara pengeluaran zakat serta kesejahteraan muzaki di kota palopo provinsi sulawesi selatan. Skripsi. Universitas Airlangga.

Rahayu, Susiana Puji. 2014. Analisis Perkembangan UMKM pada pembiayaan Al-Bai’ Bitsaman Ajil (BBA) pada Usaha Produktif (Studi Kasus pada UMKM Nasabah dari BMT Maslahah Sidogiri Cabang Olean-Situbondo). Institut Agama Islam Negeri. Situbondo.

Rudjito. 2003. Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Strategi Bisnis, Makalah Yang Disampaikan pada Seminar Peran Perbankan dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional Kerjasama Lemhanas RI dengan BRI.

Siarno, Si Islam . 2015. Analisis Perkembangan Usaha Mikro dan Kecil Setelah Memperoleh Pembiayaan dari Baitul Mal Wat Tamwil di Kota Surakarta. Program Pascasarjana. Institut Agama Islam Negeri. Surakarta.

Siregar, Hermanto. (2006). Meletakkan Kembali Dasar-Dasar Pembangunan Ekonomi yang Kokoh. Kongres XVI Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI). Manado.

Soemitra, Andri. (2009) Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Kencana

Soerjono, Soekanto. 2002. Teori Peranan, Jakarta : Bumi Aksara

Soleh, Mohamad. (2008). Analisis strategi Inovasi dan Dampaknya terhadap Kinerja Perusahaan. UNDIP. Semarang.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&G. Alfabeta. Bandung.

________. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&G. Alfabeta. Bandung.

Suharto,Edi. (2010). CSR & COMDEV Investasi Kreatif Perusahaan. Alfabeta. Bandung.

Thoha, Miftah. 2001. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Veithzal, Rivai. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia: Dari Teori Ke Praktik.

PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Wulansari, Shinta Dewi dan Achmad Hendra Setiawan. (2014). Analisis Peranan Dana Zakat Produktif terhadap Perkembangan Usaha Mikro Mustahik (Penerima Zakat) (Studi Kasus Rumah Zakat Kota Semarang). Diponegoro journal of economics. Volume 3, No.1

Yasin, Ahmad Hadi. (1433 H). Panduan Zakat Praktis. Hak Cipta Dompet Dhuafa Republika.

Yunus, Hadi Sabari. 2010. Metodelogi Penelitian Wilayah Kontemporer. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jesm.v1i2.9877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com