Persepsi dan Perilaku Mahasiswa Terhadap Keputusan Menabung di Perbankan Syariah (Studi Himpunan Pelajar Mahasiswa Sebatik Kota Samarinda)

Feri Rahmat, Joko Susilo, Herning Indriastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan perilaku terhadap keputusan mahasiswa sebatik menabung di perbankan syariah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini juga menggunakan 100 data responden mahasiswa sebatik yang berkuliah di Universitas Mulawarman Kota Samarinda yang telah menabung di perbankan syariah. Data yang dikumpulkan mengunakan kuesioner dengan skala Likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa sebatik menabung di perbankan syariah, dan Perilaku juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa sebatik menabung di perbankan syariah.


Keywords


Persepsi; Perilaku; Keputusan

Full Text:

PDF

References


Agus Marimin, 2015.Perkembangan Bank syariah Di Indonesiaâ€, Surakarta:Vol.01, No. 02.

Ascarya, 2007. Akad dan Produk Bank Syariah, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Ali Hasan, 2010. Marketing Bank Syari’ah Bogor: Ghalia Indonesia.

Edi Susilo, 2007. Analisis Pembiayaan dan Resiko Perbankan Syariah, Jawa Tengah: Unisnupress.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Universitas Diponorogo. Semarang.

Hamidi Jazim, 2000. Persepsi dan Sikap Santri Jawa Timur terhadap Bank Syariah , JawaTimur.

Iskandar, 2010. Metodologi Penelitian pendidikan dan Sosial (Kualitatif Dan Kuantitatif),Jakarta:Gaung Persada Press.

Kasmir, 2012. Manajemen perbankan, Jakarta: Rajawali.

Martono Nanang, Metode Penelitian Kuantitatif (Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder).

Muhamad, 2008. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif Jakarta: Rajawali Pers.

Muclis. 2011.Perilaku Menabung di Perbankan Syariah Jawa Tengah. Disertasi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Nur Ardita Rahmawati, 2017. Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Museum Misi Mutilan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter, Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Sanata Darma, Yogyakarta.

Nurngaeni, 2018. “Pengaruh Pengetahuan Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Syariah,†Skripsi Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Rita Rusno Saputriana, 2015. Persepsi Masyarakat Kota Yogyakarta Terhadap Tari Gaya Banyumas, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Ristiyanti Prasetijo dan J. J. O. I Ihalauw, 2005. Perilaku Konsumen Yogyakarta: Andi Offset.

Suharsimi Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek,Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D, Bandung: Alphabet.

Ujang Sumarwan, 201.1 Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Wiwin Khasanah, 2015.“Pengaruh Persepsi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Mandiri,†Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Zainal Arifin, 2017.“Pengaruh Persepsi Dan Perilaku Konsumen Terhadainat Pegawai Kantor Urusan Agama Menjadi Nasabah Perbankan Syariah Di Sragen,Surakarta: IAIN Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v1i4.9870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com