Efektivitas Penyaluran Dana Zakat Untuk Pendidikan Melalui Program Beasiswa Berkah Pada Lembaga Amil Zakat Dana Peduli umat (LAZ DPU) Kota Samarinda

Syolleh Raisi Sabe, Joko Susilo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penyaluran beasiswa berkah dan Efektivitas penyaluran program beasiswa berkah di LAZ DPU. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LAZ DPU kota Samarinda telah berhasil dalam menyalurkan dana zakat untuk pendidikan melalui program beasiswa berkah, mekanisme penyaluran dana zakat yang telah berjalan hingga saat ini dapat dikatan baik dengan setiap tahapannya yang terstruktur. Sedangkan efektivitas penyaluran  program beasiswa berkah, untuk indikator efektivitas yaitu sasaran program dan tujuan program cukup efektif karena sasaran dan tujuan program beasiswa berkah telah tercapai, sedangkan untuk indikator sosialisasi program dan pemantauan program kurang efektif karena sosialisasi yang dilaukan hanya secara umum dan pemantaun yang dilaukakan belum fokus kepada perkembangan pendidikan anak tersebut


Full Text:

PDF

References


Al-Ghazali, I. (2008). Mukhthar Ihya Ulumuddin. Jakarta Timur : AKBAR MEDIA.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi : CV Jejak.

Barkah, Q., Cahaya Azwari, P., Saprida, & Fitriani Umari, Z. (2020). Fiqih zakat, Sedekah, dan Wakaf. Jakarta : Prenadamedia Group.

Baznas. (2020). Outlook Zakat Indonesia 2020. Jakarta Pusat : Pusat Kajian Strategis- Badan Amil Zakat Nasional (PUSKAS BAZNAS).

Budiani, N. W. (2007). Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Ekonomi Dan Sosial, 2(1), 49–57.

Suyanto, Drs. (2003). Kajian Pengembangan Model Pemberdayaan Keluarga Miskin Melalui Bimbingan Sosial Keluarga. Jakarta : Badan Pelatihan dan Pengembangan Sosial.

Fahrini, H. H. (2016). Efektivitas Program Penyaluran Dana Zakat Profesi Dalam Bentuk Pemberian Beasiswa Bagi Siswa Muslim Kurang Mampu oleh Badan Amil Zakat Nasional ( BAZNAS ) di Kabupaten Tabanan Tahun 2015. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE) Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2), 1–3.

Fakhriah, D. (2016). Efektivitas penyaluran dana zakat di baznas kota bekasi dalam peningkatan pendidikan melalui program bekasi cerdas. Skripsi. Fakultas Syariah Dan Hukum, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metode Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan kelas & Studi Kasus. Sukabumi : CV Jejak.

Hafidhuddin, D. (2002). Zakat Dalam Perekonomian Modern. Jakarta : Gema Insani.

Haryati, N. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Malang : Penerbit Gunung Samudera.

Hasbiyallah, & Sujudi, N. (2019). Pengelolaan Pendidikan Islam Teori dan Praktik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ichsan, N., & Jannah, R. R. (2019). Efektifitas Penyaluran Dana ZIS : Studi Kasus Pada SMA Terbuka Binaan LAZ Sukses Kota Depok. Journal Of Islamic Economics UIN Syarif Hidayatullah, 4(1), 6–11.

Jibril, A. (2017). Efektivitas Program Perpuseru Diperpustakaan Umum Kabupaten Pemekasan. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Airlangga, 1–3.

Julijanto, M. (2015). Membangun keberagamaan. Yogyakarta : Deepublish.

Kartika Sari, E. (2020). Pengantar Hukum Zakat dan Wakaf. Jakarta : PT Grasindo.

Ma’sum, R. (2015). Penerapan Pengelolaan Zakat Melalui Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(2).

Muchasan, A. (2015). Peranan Pemberdayaan Zakat dalam Meningkatkan Pendidikan di Desa Kuwik Kecamatan Kunjang. Jurnal Inovatif Fakultas Tarbiyah STAI Hasanudin, 1(2), 114–136.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. In Kamus Bahasa indonesia (p. 1371).

Rahman Hakim, A., Arif, S., & Baisa, H. (2014). Peran Zakat Dalam Pembangunan Pendidikan Di Kota Bogor (Studi Kasus Pendayagunaan Zakat Bidang Pendidikan Dompet Peduli Umat Daarut Tauhid Cabang Bogor) Arif Rahman Hakim. Jurnal Ekonomi Islam FAI-UIKA, 5(2), 243–272.

Rosalina, I. (2012). Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Karangrejo Kabupaten Magetan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Negeri Surabaya, 01, 0–216.

Santoso, S., & Agustino, R. (2018). Zakat Sebagai Ketahanan Nasional. Yogyakarta : Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Saputra, M. A. (2019). Analisis Efektivitas Penyaluran Zakat Untuk Pendidikan Oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet peduli Ummat Daarut Tauhid Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sattar. (2017). Ekonomi Koperasi. Yogyakarta : Katalog Dalam Terbit (KDT).

Soemitra, A. (2018). Bank Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta : Kencana.

Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v1i3.9822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com