Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Serta Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Jamaah Umroh PT. Arrehlah Wisata Samarinda)

Siti Ramdaniah, Sri Mintarti, Maryam Nadir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan promosi serta kepuasan terhadap loyalitas konsumen pada PT. Arrehlah Wisata Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Jumlah pengamatan sebanyak 75 sampel penelitian yang diperoleh dengan metode non probability sampling yaitu accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, promosi dan kepuasan berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas masing-masing sebesar 0,000, 0,009 dan 0,000.

 


Keywords


Kualitas Pelayanan; Promosi; Kepuasan; Loyalitas

Full Text:

PDF

References


Aji, Mustiko Hendy. 2019. Manajemen Pemasaran Syariah. Edisi 1 Cetakan Pertama. Penerbit UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Afifah, Azka Al. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus di PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Simpang Patal Palembang)â€. Skripsi tesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Bambang Supomo, Nur Indriantoro. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Kedua, Penerbit BFEE UGM, Yogyakarta.

Ferdinand, Agusty T. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

-------------, 2014. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Fitria Salahika Salma, Ririn Tri Ratnasari, Pengaruh Kualitas Jasa Perpektif Islam Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel Grand Kalimas di Surabaya (Jestt, Vol. 2 No. 4 April 2015)

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

----------, 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

----------, 2013. Aplikasi Mulitvariate Dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

----------, 2011. Aplikasi Mulitvariate Dengan Program SPSS. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

----------, 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta : Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2005, Customer Loyalty, Edisi Revisi, Erlangga, Jakarta.

---------, 2003. Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahakan Kesetiaan Pelanggan. Terjemahan oleh Dwi Kartini Y, 2009. Jakarta: Erlangga.

Husein, Umar. 2005. Manajemen Manajemen Riset dan Prilaku Konsumen. PT. Gramedia Pusat : Jakarta.

----------, 2004. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Cetakan ke 6, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

----------, Umar, 2003. Metodologi Penelitian : Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Huda Nurul, H, Hudori, R, Fahlevi, Badrussa’diyah, D, Mazaya, dan Dian,S. 2017. Pemasaran Syariah. Edisi ke 1 Cetakan Pertama. Penerbit Kencana Prenadamedia Group, Depok.

Indra Waskita, Alif. 2016. “Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada PT. Roda Express Sukses Mandiri)â€. Skripsi tesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Johan, Arifin, 2009. Etika Bisnis Islami, Semarang: Walisongo Press.

Kotler, Philip, Gary Amstrong. 2008. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Duabelas Jilid I. Alih bahasa Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

--------, 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Diterjemahkan oleh Hendra Teguh, Ronny A Rusly, Benjamin Molan. Edisi Milenium. Jakarta : PT. Prenhallindo.

--------, 2000. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Edisi Milenium, Prentice Hall International Inc, Upper Saddle River, New Jersey.

--------, 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta ; Erlangga.

Kotler Philip, Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Indeks : Jakarta

Kismono, Gugup. Pengantar Bisnis, Edisi I, Cetakan I, BPFE, Yogyakarta, 2001. Madura, Jeff, Pengantar Bisnis, Introduction to Business, Alih Bahasa Saroyini W.R. Salib, Salemba Empat, Jakarta, 2001.

Lupiyoadi, Rambat 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Salemba Empat : Jakarta.

Lodh, 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Malhotra, Naresh K, 2005. Riset Pemasaran. Jilid I. Edisi 4. Jakarta : Indeks Kelompok Gramedia.

-----------, 2006. Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan Jilid 2. Jakarta :PT. Indeks.

M. Iqbal Hasan, 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Muhammad, Najamuddin. 2012, Cara Dagang Ala Rasulullah Untuk Para Entrepreneur. Ctakan Pertama, Yogyakarta : Diva Press.

Parasuraman, A., V. A. Zeithmal, L.L. Berry, SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing, Vol. 64, No. 1. 1998

Pamungkas, Sigig Putro. 2007. “Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan : studi kasus pada bengkel Nasmoco cabang Magelangâ€. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.

Rizan, Mohammad, dkk. 2012, Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty The Botol Sosro, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol. 3, No.1.

Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al Fauzan, 1998. Kitab Tauhid. Penerbit Akafa Press, Jakarta.

Santoso, Singgih. (2003). Mengatasi Berbagai Masalah Dalam Statistik dengan SPSS versi 11.5. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Setiawan, 2011. Repson Lingkungan Berbelanja Sebagai Stimulus Pembelian. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 7(2): 152-170.

Setiawan, Muhammad. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jakarta)â€. Skripsi tesis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Schoell, 1993. Sales Promotion Management. Prentice-Hall, Englewood Cliffs, NJ.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

------------, 2001. Metode Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Tjiptono, Fandy 2000. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Andy Offset, Yogyakarta.

-----------, 1995. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi, Yogyakarta.

-----------, 1997. Strategi Pemasaran. Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta.

-----------, 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andy Offset.Yogyakarta. 2007.

-----------, 2005, Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta : Penerbit Bayumedia Publishing.

-----------, 2006. Manajemen Jasa. Edisi Empat. Yogyakarta : Andi

-----------, 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.

Wahyuningsih, Elisabeth Harpi. 2009. “Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien (Studi Kasus : Rumah Sakit Umum Panti Baktiningsih Klepu)â€. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.

Zilfia, Yafie Erina. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Butik Melia Ara Di Bandar Lampungâ€. Skripsi tesis, Universitas Lampung.




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v1i3.9529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com