Pengaruh Informasi Gadai dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di Bankaltimtara Syariah Cabang Samarinda

Yuda Herawati, Tetra Hidayati, Maryam Nadir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh informasi gadai emas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Bankaltimtara Syariah Cabang Syariah Samarinda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.penelitian ini menggunakan 54 data responden nasabah Bankaltimtara Syariah Cabang Syariah Samarinda yang menggunakan jsa gadai emas di Bankaltimtara Syariah. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Informasi mempunyai berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di Bankaltimtara Syariah cabang Syariah Samarinda, sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengatuh signifikan terhadap kepuasan nasabah di Bankaltimtara Syariah cabang Syariah Samarinda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Informasi (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Kepuasan (Y); Variabel Pelayanan (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Kinerja (Y). Kata Kunci: Informasi; Kualitas Pelayanan; Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk

Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta:

Andi.

Ali, Zainuddin. 2008. Hukum Gadai Syariah. Edisi 1. Jakarta: Sinar Grafika.

Antonio, Muhammad Syafi’i, 2001, Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek, Cetakan

Pertama, Gema Insani Press.

Arifin, Johan. 2009. Etika Bisnis Islam. Semarang: Walisongo.

Ciptono, Fandi. 2011. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Bayu media Publishing.

Destyani, Welinda Hanin, dan Saryadi.2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan

terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Pegadaian Cabang Kendal.

Erman, 2014. Pengaruh Informasi Gadai Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian

Syariah Central Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar.

https://etalasepustaka.blogspot.co.id/2016/08/pengertian-indikatorkepuasan-pelanggan-menurut-para-ahli.html?m=1

Kamila, intan. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri cabang

Jakarta Simprug).

Kasmir, 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, PT Raja Grafindo Persada,

Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip – prinsip pemasaran. Edisi 12.

Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2009. Manajemen pemasaran: Edisi ketiga belas,

Jakarta:Erlangga58

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran: pendekatan praktis, Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Muhammad, 2002, Manajamen Bank Syariah, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Muhammad, 2005, Manajemen Pembiayaan Bank Syari’ah, UPP STIM YKPN,

Yogyakarta.

Nazir, Muhammad. Ph.D. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurlatifah, 2016. Analisis Pengaruh Informasi Gadai,Kualitas Jasa Dan kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pegadaian Syariah Cabang

Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Mahasiswa pasca Sarjana Prodi

Ekni Sumatera Utara, Medan. J. EBIS, Vol.2, No 2.

Parasuraman A, Berry L, dan Zeithmal V. 1988. SERVQUAL: “a Multiple-Item

Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Qualityâ€. Journal of

retailing.

Pawestriningtyas, Catur Nining, Suharyono, dan Suyadi Iman.2016. Pengaruh

Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah. Fakultas Ilmu

Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Bisnis,

Vol.32, No,2,

Priyanto, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS (Untuk Analisis Data dan Uji Statistik),

Madiakom. Yogyakarta.

Silvianita, Indira. 2019. Analisis Segmentasi, Target dan Posisi Pasar Produk

Gadai (Rahn) Pada Bankaltimtara Syariah Kota Samarinda.

Syairozi, Muhammad. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk

Terhadap Kepuasan Nasabah dalam Menabung di LKMS Hubbul Wahton

Sumowono Semarang.

Sutabri, Tata. S.Kom, MM. 2004. Analisa sistem informasi. Edisi pertama.

Yogyakarta: Andi.

Santoso, Singgih. 2001. Strategi Marketing Plan. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jakarta.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:

alfabeta.

, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:

alfabeta.59

, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandi. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandi. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi pertama. Yogyakarta: Andi.

. 2009. Strategi pemasaran. Yogyakarta.

Umbo, J. Valdo, dan Mandey L. Silvya. 2014. Analisis Kualitas Jasa Layanan

Pengaruhnya Terhadap Kepuaan Nasabah Pada PT. Pegadaian (PERSERO)

Cabang Teling. Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal

EMBA, Vol.2, No.3, Hal 654 – 663.




DOI: https://doi.org/10.29264/jesm.v1i1.9288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com