Pengaruh Promosi, Kepercayaan, Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Tabungan Haji Mabrur (Studi Pada Bank BRI Syariah Cabang Samarinda Seberang)

Rizka Purwati Oktaviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, kepercayaan, kesadaran merek yang dilakukan oleh Bank BRI Syariah Cabang Samarinda Seberang. Permasalahan penelitian ini adalah apakah promosi, kepercayaan, kesadaran merek dapat membantu keputusan nasabah yang ingin menabung tabungan Haji, Setelah mendapatkan Promosi, kepercayaan, kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan Haji. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunkan alat bantu SPSS 24. Pengumpulan data menggunakan koesioner dengan jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri 120 responden yang merupakan nasabah Bank BRI Syariah Cabang SamarindaSeberang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel (Y), variabel kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel (Y) kesadaran merek berpengaruh secara signifikan terhadap variabel (Y).


Full Text:

PDF

References


Abuznaid, Samir. 2012. “Islamic Marketing: Addresing the Muslim Marketâ€. An- Najah Univ. J.Res. (Humanities), Vol.26 No 6.

Ali, karlina. 2017. Pengaruh Promosi Dan Atribut produk Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Tabungan Ekasave Pada Bank Eka Kantor Pusat Metro.Jurnal Dinamika. Vol.3 No.1

Anwar, Adi. 2017. Pengaruh Atribut Produk Syariah Dan Promosi Insaniyyah Terhadap Keputusan Non-Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Pada Bank Kaltim Syariah Cabang Samarinda)

Amir,M, Taufiq. 2005. Dinamika Pemasaran: Jelajahi dan rasakan. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arif , Al, Nue Rianto, M. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah.Bandung: Alfabeta.

Astuti, Tri.2013. “Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabahâ€. Jurnal Nominal, Vol 2, No.01.

Balaceanu Arina, Valeria.â€Moderm Techniques For Online Promotion Of Banking Services and Products.â€Journal Of Knowledge Management.

Basu, Swastha & Irawan. 2005 Manajemen Pemasaran Modern. Liberty,Yogyakarta.

Bejo, Siswanto. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Adminitrasi dan Opersional . Jakarta: Bumi Aksara.

C.Mowen, John. Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga. Duriato Darmadi, Sugiarto, 2010. Brand Equity Ten, Strategi Pemimpin Pasar.

Jakrta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Penelitian Untuk Skripsi, Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi Ke 5. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro. Semarang.

Fadhilah, Arif. 2015.â€Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha V-Ixionâ€. Jurnal MIX, Vol 6, No.2.

Ferrel, Pride. (1995). Pemasaran : Teori dan Praktek Sehari-hari, Diterjemahkan Oleh Drs Daniel Wirajaya, Edisi VII Jilid 1. Jakarta : Binapura Aksara.

Halik, Abdul. 2016. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa, Kualitas Layanan Dan Nilai Religius Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Imlikasinya Pada Komitmen Nasabah Bank Umum Syariahâ€, Jurnal Hasil Penelitian LPPM Untag, Vol.01, No.01,hal 123-148.

Indratama Bagus, Aditya, Artanti Yessy.â€Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Bank Syariah Mandiriâ€. Jurnak Ilmu Manajemen, Vol 2, No 4.

Isharijadi Rakhmawati, Sherly. 2013. “Penaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking Pada Nasabah Bank Muamalat Cabang Pembantu Madiunâ€. Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan , Vol.02. N0.02.

Ismanto, Kuat. (2009). Manajemen yariah : Implemenasi TQM dalam Lembaga Keuangan Syariah. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Kertajaya, Hermawan dan Syakir Sula, Syariah Marketing, Bandung: Mirzan Pustaka, 2006

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium,Jilid 2,PT Prenhalindo,Jakarta.

Kotler, Philip. 2003.Marketing Manajemen, 11th Edition.Prentice Hall.Inc.New Jersey.Hal 85.

Kotler, Philip Dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jilid 1.

Jakarta: Erlangga.

Mifktakh Jimmi,Isro. 2013 . “Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembeli Handphone Blackberry.

Pamujo Yoga, Novyam. 2011. “Analisis Pengaruh Atribut Produk, Bauran Pemasaran, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Marcendis (Studi Pada Kedai Digital 7 Disemarang)â€.

Priyanto, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS (Untuk Analisis Data Dan Uji Statistik), Madiakom. Yogyakarta.

Rakhmawati, Sherly. 2013. “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking Pada Nasabah Bank Muamalat Cabang Pembantu Madiunâ€. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Volume 2.

Rangkuti, Freddy. 2010. Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Gramedia Pustaka Utama.

Reres, Angelina, Jorie, Rotinsulu Jopie. The Effect Of The Price, Promotion, Location, Brand Image And Quality Product Toward The Purchase.

Decision Of Consumers At Bengkel Geoel Store Manado Town Squar. Vol 3 No.02 Hal. 592-604.

Rofiana, Siti. 2014. “Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan Merek, Citra Merek, Dan Nilai Yang Dirasakan Terhadap Keputusan Pembeli Produk Rumah Ramah lingkunganâ€.

Santoso, Singgih. 2001. Strategi Marketing Plan. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jakarta.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar, Kanuk. (2000). Cunsumer behavior. Jakarta: Indeks

Setiawan Budi, Mulyo Dan Ukudi.â€Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Pd BPR Bank Pasar Kendal)â€. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, Vol.14, Hal 215-227.

Seminari Lenny, Putu Ni, Seminari Ketut Ni.â€Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabahâ€. Jurnal Manajemen Unud, Vol.4, No 5, Hal 1422-1433.

Sekaran, Uma. 2011. Matode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat. Shela April, Modis. “The Influence of Cash Pick up, Promotion and Cross-Selling to

Trust and Saving Decisionâ€Jurnal Of World Conference

Sukirno, Sadono. (2003). Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sulaiman, T.N.S, 2007, Teknologi & Formulasi Sediaan Tablet, Laboraturium Teknologi Farmasi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Sula, M. Syakir dan Kartajaya, Hermawan. 2006. Syariah Marketing, Mizan Pustaka.

Bandung.

Sunyoto, Danang.2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen.

Yogyakarta: CAPS

Sumarwan, Ujang.2011. Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.

Surmawan, Ujang, dkk. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor. PT. Penerbit IPB Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

. 2012. Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Yogyakarta : Alfabeta Swastha, Basu.(2009). Manajemen Penjualan.Penerbit BPPE,Yogyakarta.

Sahanggamu, Stefani. 2015. “Analysis Of Sevice Quality, Servicecape And Trust In The Customer’s Decision On PT Sinarmas Baitung â€. Jurnal Emba, Vol.3.No.1, Hal. 1084-1095.

Tajudin Hanura, Makhdaleva, 2017. “Pengaruh Promosi, Kepercayaan, Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Tabungan Haji (MABRUR) Bank Syariah Mandiri KCP, Sawangan Kota Depok. Jurnal Ekonomi Islam.Vol 8 No.1.

Tjiptono, Fandy. 2008, Strategi Pemasaran. Edisi 3, ANDI: Yogyakarta. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : Andi Offset

Narimawati, Umi. 2010. Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Agung Media 12

Viranti, Firza Aulia. Ginanjar Adhitya. Influence Of Facilities, Promotion, Product And Location Islamic Banking On Decesion Non Muslim Costumers Patronizing At BRIS Case Study in BRI Syariah. Vol 1, No 1

Wilopo. 2013. The Effect Of The Service Marketing Mix On The Decision To Save The Survey On The Costumers Of The Malang Branch Of Muamalat. Vol 6. No 2 Yupitri, Evi dan Sari Linsa, Raina. 2012. “ Analisis Faktor-Faktor yang mempengruhi

Non Muslim Menjadi Bank Syariah Mandiri di Medanâ€, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1, Desember:46-60.




DOI: https://doi.org/10.29264/jesm.v1i1.9106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com