Hubungan Konsumsi Dengan Kesejahteraan Keluarga Menurut Konsep Maslahah (Studi Pada Desa Pasir Belengkong Kabupaten Paser)

Wahyu Kurniawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah konsumsi ada hubungan signifikan dengan kesejahteraan keluarga menurut konsep Maslahah pada desa Pasir Belengkong Kabupaten Paser. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di desa Pasir Belengkong Kabupaten Paser. Hasil penelitian menggunakan analisis Chi Square dari program SPSS versi 20 dengan 87 responden yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara konsumsi dengan kesejahteraan keluarga menurut konsep Maslahah di desa Pasir Belengkong. Hal ini dapat diartikan pula bahwa semakin berlebihan melakukan kegiatan konsumsi maka semakin menurun kesejahteraan keluarga, dan sebaliknya semakin tidak berlebihan melakukan kegiatan konsumsi maka semakin tinggi kesejahteraan keluarga. Karena  kesejahteraan bukan diukur dari kemewahan seseorang, tetapi diukur menurut ukuran terpenuhinya Maslahat lima kebutuhan dasar (Dharuriyyatul-Khams), yaitu menjaga agama, jiwa, keturunan, akal, dan harta yang disokong oleh kelengkapan Hajiyat, dan Tahsiniyatnya.


Full Text:

PDF

References


Adam Smith (1776). “An Inquiry into the Nature of Causes of the Wealth of Nations†Teori-teori Ekonomi Modern, Jakarta Prenada.

Farwah. Aliyah. 2013. Faktor Sosial Terhadap Kesejahteraan Islami Keluarga Muslim di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Surabaya.

Febriadi Sandy Rizki, (2017), Aplikasi Maqashid Syariah Dalam Bidang Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, Volume 1. Universitas Islam Bandung. Bandung.

Khan, M. Fahim. 2014. Esai-Esai Ekonomi Islam. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Muslim, Ahmad. 2011. Peranan Konsumsi dalam Perekonomian Indonesia dan Kaitannya dengan Ekonomi Islam. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial, Volume 1. Universitas Al-Azhar Indonesia. Jakarta.

Rosyidi, Suherman. 2011. Pengantar Teori Ekonomi Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro & Makro, Rajagrafindo persada. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung

Sudjana. 2013. Metode Statistika. Tarsito Bandung. Bandung.

RPJM Desa. 2017. RPJM Desa Pasir Belengkong. Pemerintah Desa Pasir Belengkong




DOI: https://doi.org/10.29264/jesm.v1i1.9051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com