Pengaruh Pengetahuan Zakat dan Religiusitas Terhadap Motivasi Muzakki Membayar Zakat Maal di BAZNAS Kabupaten Kutai Kartanegara

Muhammad Ilham Alkautsar, Rais Abdullah

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan zakat serta religiusitas terhadap motivasi muzakki BAZNAS Kabupaten Kutai Kartanegara dalam membayar zakat maal.
Hipotesis yang diuji apakah pengetahuan zakat dan religiusitas yang dimiliki para muzakki BAZNAS Kutai Kartanegara mempengaruhi motivasi untuk membayar zakat maal di BAZNAS Kutai Kartanegara. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data primer yang diperoleh menggunakan instrumen kuesioner yang disebarkan kepada responden. Data yang diperoleh adalah hasil observasi langsung di lapangan. Populasi pada penelitian ini adalah muzakki zakat maal yang tercatat membayar zakat di BAZNAS Kutai Kartanegara dari bulan Januari 2019 sampai Maret 2020 yang berjumlah 44 orang. Pada penelitian ini data dianalisis melalui metode regresi berganda dengan bantuan program aplikasi SPSS versi 22.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel pengetahuan zakat berpengaruh terhadap motivasi muzakki membayar zakat maal dibuktikan dengan hasil uji t dimana nilai thitung (2,618) > ttabel (1,682) dengan taraf signifikan 0,012 < 0,050. Begitu juga variabel religiusitas berpengaruh terhadap motivasi muzakki membayar zakat maal dibuktikan dengan hasil uji t dimana nilai thitung (7,642) > ttabel (1,682) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,050. Sementara kontribusi yang diberikan variabel-variabel independen ini adalah sebesar 73,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dicantumkan oleh peneliti.


Full Text:

PDF

References


Ana Mulyana, Sri Mintarti, S. W. (2019). Pengaruh Pemahaman Dan Religiusitas Serta Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Oleh Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Kaltim Kota Balikpapan. Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM), 3(4), 10.

M. Nur Ghufron, R. R. S. (2016). Teori-Teori Psikologi (R. Kusumaningratri, ed.). Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Mukhlish Muhammad Nur, Z. (2018). Pengaruh Pengetahuan , Pendapatan , dan Kepercayaan , Terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, 01, 89–99.

Nur, H., & Ridla, M. R. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga Dan Religiusitas Terhadap Minat Muzakki Untuk Menyalurkan Zakat Profesi ( Studi di Pos Keadilan Peduli Ummat Yogyakarta ). Jurnal MD, 207–228.

Rakhmania, N. A. (2018). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Kepercayaan, dan Pengetahuan Terhadap Minat Muzakki Mengeluarkan Zakat Melalui Lembaga Amil Zakat di Kota Malang. https://doi.org/nabila.akhiris@gmail.com

Setiawan, F. (2018). Pengaruh Religiusitas Dan Reputasi Terhadap Minat Muzakki Dalam Membayar Zakat Profesi ( Studi Kasus di Kabupaten Ponorogo ). Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 13–21.




DOI: https://doi.org/10.29264/jesm.v1i1.8760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com