Analisis Perilaku Pengusaha Sayuryuk.com dalam Perspektif Al-Ghazali

Ika Lavivia, Andi Martina Kamaruddin

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pengusaha dalam perspektif Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode analisis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk kemudian dianalisis menggunakan metode kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku Dalam menjalankan usahanya, Sayuryuk.com telah menerapkan prinsip-prinsip Al-Ghazali dalam perilaku pengusaha. Indikator yang pertama ialah keseimbangan dunia dan akhirat seperti saat memenuhi kebutuhan dunia tidak melupakan kepentingan akhirat, indikator yang kedua ialah kemaslahatan, yang ketiga nilai-nilai kebajikan, keempat jauh dari riba seperti pengusaha Sayuryuk.com yang menggunakan model usahanya dengan dana pribadi yang saat kini mampu membuat Sayuryuk.com masih berjalan, indikator kelima ialah menjauhi segala perbuatan yang syubhat, dan indikator yang terakhir introspeksi dalam jual beli pada pelaku usaha Sayuryuk.com 

Keywords


Perilaku pengusaha; E-Commerce; Al-Ghazali

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2005). Tafsir Ibnu Katsir: Vol. Volume 6. Pustaka Imam Syafii.

Aswatini, Mita Noveria, & Fitranita. (2008). Konsumsi Sayur Dan Buah Di Masyarakat Dalam Konteks Pemenuhan Gizi Seimbang. Jurnal Kependudukan Indonesia, Vol. III.

Fikri, M. K. (2019). Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Sistem Konsinyasi Dalam Strategi Reseller. Bisnis: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, Volume 7.

Jainuddin, Fitriadi, & Sri Wahyuni. (2022). Etika Bisnis Pedagang Muslim Pasar Ijabah Kota Samarinda dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM), Vol.1.

Maheswara, A. A., Muhammad Wildannil Haq, Arga Aditya Windiarso, Zainudin Zukhri, Fariz Rifqi Ahmad, & Andhik Budi Cahyono. (2020). E-Sayur: Platform Jual Beli Sayur.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Johnny Saldaña. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.).

Muhammad, A.-K. (2021). Tafsir Al-Jalalain. AQWAM.

Muhayatsyah, A. (2020). Etika Bisnis Islam Dalam Perspektif Pemikiran Al-Ghazali. : : Jurnal Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah, Vol.02.

Muhyi, A., Muhammad Irawan Sobiri, Cecep Ridwan, Alam Ferdiansyah, & Adnani. (2021). Etika Pendidikan Islam Perspektif Tafsir Manajemen Pendidikan.

Nasrudin, J. (2017). Kaidah Ilmu Tafsir Al Quran Praktis. Deepublish.

Zubi, M. (2020). Penjual sayur daring alami peningkatan omzet 35 persen selama WFH.




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v2i4.14569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ika Lavivia


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com