Efektivitas Pendayagunaan Pemberian Modal Usaha Untuk Meningkatkan Produktivitas Mustahik BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur

Rizky Chintyanisa, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini dilakukan oleh Rizky Chintyanisa dengan judul “Efektivitas Pendayagunaan Pemberian Modal Usaha Untuk Meningkatkan Produktivitas Mustahik BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur” dibawah bimbingan Sri Wahyuni. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas pendayagunaan dana zakat terhadap produktivitas usaha masyarakat melalui program pemberian modal usaha kepada mustahik pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur, pimpinan program dan mustahik pada program pemberian modal usaha. Hasil penelitian ini berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi menunjukkan bahwa dana program pemberian modal usaha kepada mustahik yang disalurkan oleh BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur dinilai sudah efektif dalam meningkatkan produktivitas mustahik, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya usaha yang dilakukan mustahik setelah menerima bantuan program pemberian modal usaha dan menyelesaikan kendala yang dihadapi sebelumnya. Walaupun ada kekurangan dimana tidak ada sumber daya manusia khusus pada program pemberian modal usaha kepada mustahik.


Keywords


BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur, Pendayagunaan, Produktivitas, Program Pemberian Modal Usaha, Mustahik

Full Text:

PDF

References


Abror, Khoirul. (2019). Fiqih Zakat dan Wakaf. Bandar Lampung: Permata.

Adi, Isbandi Rukminto. (2013). Pemberdayaan Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunita. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Aisya, ST. & Irwanuddin. & Harianti. (2019). Pengelolaan Dana Zakat Dalam Pengembangan Usaha Mikro Binaan BAZNAS Kabupaten Enrekang. Jurnal Laa Maisyir, Volume 6, Nomor 1, Halaman 38-52.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). (2021). Data dan Profil BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur. https://baznaskaltim.id/id (diakses pada 2021).

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). (2022). Data Struktur Kepengurusan dan Sejarah BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur. https://kaltim.baznas.go.id/ (diakses pada pukul 17.53 WITA Tanggal 14 Desember 2022).

Badan Pusat Statistik (BPS). (2020). Data Kemiskinan Wilayah Kalimantan Timur. https://kaltim.bps.go.id/ (diakses pada 2021).

Beni, P. (2016). Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi. Buku 1. Jakarta Pusat : Taushia.

Budiani, Ni Wayan. (2007). Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi Sosial Vol.2 No.1. Tersedia: http://ojs.unud.ac.id/index.php/input/article/viewFile/3191/2288 . (Diakses Pada 17 Februari 2021).

Elbadiansyah. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kesatu. Malang: IRDH.

Gultom, T. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan Provinsi di Indonesia Tahun 2009-2013. hal 1-13. http://e-journal.uajy.ac.id/10343/

Indriati, C. & Fahrullah, A. (2019). Efektivitas Pendayagunaan Zakat Produktif Pada Pemberhadayaan Ekonomi di BAZNAS Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Islam, Volume 2, Nomor 3, Halaman 148-155.

Khadafi, R. dan Mutiarin, D. (2017). Efektivitas Program Bantuan Keuangan Khusus Dalam Mengentaskan Kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul. Journal of Governance Public Policy, Vol 4 No 2.

Mardiasmo.(2017). Efisiensi dan Efektifitas. Jakarta: Andy.

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mubasirun, M. (2013). Distribusi Zakat dan Perberdayaan Ekonomi Umat. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol 7, No 2.

Pratomo, Fajar Eka. (2016). Efektivitas Pendayagunaan Zakat Produktif Pada Pemberdayaan Ekonomi Mustahiq (Studi Kasus Di Badan Amil Zakat Nasional/BAZNAS Kabupaten Banyumas). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Qadir, Abdurrahman. (1998). Zakat Dalam Dimensi Mahdhah dan Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Qardawi, Yusuf (1998). Hukum Zakat (Studi Komparatif Mengenai Status Dan Filsafat Zakat Berdasarkan Quran dan Hadis, Alih bahasa Salman Harun, Litera Antar Nusa.

Ridlo, A. (2014). Zakat dalam perspektif Ekonomi Islam. Volume 7, Nomor 1, Halaman 119-137.

Sutrisno, Edy. (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, Kencana.

Umar, Husein. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, hlm. 17.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat.

Wibowo, A. (2015). Distribusi Zakat Dalam Bentuk Penyertaan Modal Bergulir Sebagai Accelerator Kesetaraan Kesejahteraan. Jurnal Umum Manajemen, Vol.12, No 2.

Wulandari, S. (2020). Analisa Strategi Pengumpulan dan Pendayagunaan Zakat Dampaknya Terhadap Peningkatan Muzakki (Studi Kasus Pada LAZISNU Jember).

Zabidi, Y. (2022). Perancangan Instrumen Pengukuran Produktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kerajinan Batik Kayu Krebet Bantul. Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto.




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v3i1.14015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rizky Chintyanisa


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com