Pengaruh Peer to Peer Lending dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Tingkat Kinerja UMKM di Kota Samarinda

Muhammad Ikhwanudin, Adi Tri Pramono

Abstract


Penelitian ini dilakukan oleh Muhammad Ikhwanudin dengan judulPeer to Peer Lending dan literasi keuangan syariah terhadap tingkat kinerja UMKM  Kota Samarinda di bawah bimbingan bapak Adi Tri Pramono. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpengaruhnya Peer to Peer lending dan Literasi Keuangan syariah terhadap tingkat kinerja UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam peneltian ini adalah pelaku UMKM di kota Samarinda dengan sempel 104 responden. Dan dalam penelitian ini Teknik pengambilan sampling adalah starifed random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan koesioner yang disebarkan melalui whatsapp dalam bentuk skala likert dengan pernyataan koesioner yang berupa data ordinal dan ditranformasikan kedalam bentuk data interval dengan metode suksesif interval (MSI). Alat analisis yang di gunakan adalah uji valitidas, uji reabilitas, uji normalitas, analisis linier berganda, uji hipotesis (uji f dan uji t), dan uji konfesien determinasi yang diolah dengan menggunakan IBM SPSS 29.0 version. Hasil peneltian ini menujukan bahwa peer to peer lending dan juga literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap tingkat kinerja UMKM.


Keywords


Peer to Peer Lending; Literasi Keuangan Syariah; UMKM

Full Text:

PDF

References


Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koprasi dan Usaha kecil dan Menengah 2022 Pemanfaatan P2PL di Kaltim tergolong rendah https://indagkop.kaltimprov.go.id/ (diakses pada 17 september 2023).

Disperindakop UKM Prov. Kaltim https://indagkop.kaltimprov.go.id/ (diakses pada tanggal 17 September 2023)

Fahmi (2018) analisis kinerja keuangan panduan bagi akademisi menejer dan investor dan mengnalisa bisnis dari aspek keuangan.

Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group.

Ge, R., Feng, J., Gu, B., & Zhang, P. 2017. Predicting and Deterring Default with Social Media Information in Peer-to-Peer Lending. Journal of Management Information Systems, 34(2), 401-424.

Kemenkop RI Laporan Kinerja Koprasi dan UKM 2018 https://ppid.kemenkopukm.go.id/ (diakses pada tanggal 17 September 2022).

Kemenkue Program Pemulihan Ekonomi nasional https://pen.kemenkeu.go.id/in/post/mengapa-program-pen (diakses pada 17 September 2023).

Purnamasari, Endah Dewi. 2020. Pengaruh Payment gateway Dan Peer to Peer Lending (P2P) Terhadap Peningkatan Pendapatan di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(1), 63.

Rossy Wulandari, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Provinsi DKI Jakarta)” (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019).

Safitri, Nofa. “Pengaruh Financial Technology Terhadap Kinerja Keuangan UMKM Di Kota Malang” (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang, 2021).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian.




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v2i3.13968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Ikhwanudin, Adi Tri Pramono


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com