ANALISIS GREEN ECONOMY DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi pada Bank Sampah Barkah Makmur Ploso-Pacitan)

elin dwi puspitasari

Abstract


Pengoptimalan pengelolaan sampah melalui bank sampah merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Bank sampah Barkah makmur lebih menekankan pada proses penyadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan cara memilah sampah, dengan keuntungan ekonomis dari penjualan sampah kering sehingga dapat memberdayakan ekonomi masyarakat. Hal ini sejalan dengan konsep ekonomi hijau, dimana bank sampah mendorong pertumbuhan pendapatan serta mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pelestarian lingkungan melalui Bank Sampah.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kondisi ekonomi nasabah pada Bank Sampah Barkah Makmur sebelum dilakukan pemberdayaan. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan ekonomi berbasis pelestarian lingkungan terhadap nasabah Bank Sampah Barkah Makmur. (3) Untuk mengetahui capaian pemberdayaan ekonomi nasabah Bank Sampah Barkah Makmur berbasis pelestarian lingkungan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian ini berada di Bank Sampah Barkah Makmur Kelurahan Ploso Kabupaten Pacitan dan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam.
Berdasarkan hasil wawancara dan analisis data, maka hasil dari peneliti adalah kondisi ekonomi Kelurahan Ploso dapat dikatakan belum merata karena perbedaan profesi. Implementasi pemberdayaan ekonomi dilakukan melalui sosialisasi serta edukasi untuk meningkatkan kesadaran pengelolaan sampah dan pelatihan daur ulang sampah. Capaian pemberdayaan nasabah ekonomi Bank Sampah Barkah Makmur berbasis pelestarian lingkungan ialah tidak terjadi peningkatan ekonomi karena kegiatan pelatihan daur ulang sampah karena keterbatasan anggaran dan kurangnya perhatian pemerintah terkait kegiatan pemberdayaan ekonomi nasabah Bank Sampah Barkah Makmur. Namun dari aspek kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melakukan pengelolaan sampah untuk meningkatkan nilai ekonomis sampah sudah mengalami peningkatan meskipun masih cukup rendah.


Keywords


Green Economy, Pemberdayan Ekonomi, Bank Sampah

Full Text:

PDF

References


Jurnal

Himmatul Khoiriyah, “Analisis Kesadaran Masyarakat Akan Kesehatan Terhadap Upaya Pengelolaan Sampah Di Desa Tegorejo Kecamatan Pegandon

Kabupaten Kendal,” Indonesian Journal Of Conservation, Volume 10, Nomor 1 (2021).

Intan Muning Harjanti Dan Pratamaningtyas Anggraini, “Pengelolaan Sampah Di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang, Kota Semarang,” Jurnal Planologi, Volume 17, Nomer 2 (2020).

Annikmah Farida Dkk., “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengelolaan Bank Sampah Berkah Di Sekampung Kabupaten Lampung Timur,” Wisanggeni: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Lampung Volume 1, Nomor 2 (2021), 36, https://doi.org/10.25217/wisanggeni.v1i1.1335.

Tantina Haryati, “Implementasi Green Economy Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga,” Jurnal Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Volume 1, Nomer 1 (2021).

Muchammad Zamzami Elamin Dkk., “Analisis Pengelolaan Sampah Pada

Masyarakat Desa Disanah Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang,” Universitas Airlangga, Volume 10, No 4 (2018).

Jailan Sahil Dkk, “Sistem Pengelolaan Dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate”, Volume 4, Nomor 2, (2016).

Anih Sri Suryani, “Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang),” Pusat Pengkajian, Pengolahan Data Dan Informasi (P3di)Sekretariat Jenderal Dpr RI, Volume 5, Nomor 1 (2014).

Dedy Riyadin Saputro Siti Zahrotun Nisa, “Pemanfaatan Bank Sampah Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat Di Kelurahan Kebonmanis Cilacap,” Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 3. Nomor 2, (2021).

Yusa Eko Saputro, Kismartini, Dan Syafrudin, “Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Melalui Bank Sampah,” Indonesian Journal Of Conservation, Volume 4, Nomor 2, (2015).

Renny Oktavia, “Bank Sampah Dan Kesejahteraan Masyarakat Di Sidoarjo (Perspektif Maqashid Syariah),” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, Volume 8, Nomor 2, (2021).

Ika Yunia Fauzia, “Urgensi Implementasi Green Economy Perspektif Pendekatan Dharuriyah Dalam Maqashid Al-Shariah,” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, Volume 2, Nomer 1 (2016).

Skripsi

Roiyyatus Sa’adah, “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Bank Sampah Sebagai Upaya Mewujudkan Green Ekonomi (Studi Kasus Bank Sampah

Manfa’at Desa Bolorejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung” Skripsi (Tulungagung: Iain Tulungagung, 2021).

Azelia Deskasari, “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Bank Sampah Bangkitku

Kelurahan Paal Lima Kecamatan Kota Baru Kota Jambi” Skripsi, (Jambi:UIN Sulthan Thaha Saifuddin, 2019).

Buku

Andi Hamzah, Penegakan Hukum Lingkungan (Jakarta: Sinar Grafika, 2005)

Makmun. “Green Economy: Konsep, Implementasi Dan Peranan Kementrian Keuangan.” Kementrian Keuangan, 2014.

Totok Mardikanto Dan Poerwoko Soebiato, Pemberdayaan Masyarakat (Bandung:

Alfabeta, 2017).

Surna Tjahja Djajadiningrat, Yeni Hendriani, and Mella Famiola, Green Economy:

Ekonomi Hijau Edisi Revisi (Bandung: Rekayasa Sains, 2014).

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta:

Balai Pustaka, 2005). Internet

https://pacitankab.bps.go.id/ (diakses pada 16 januari 2023 pukul 16: 34 WIB) https://radarmadiun.jawapos.com/berita-daerah/pacitan/17/09/2019/wargahasilkan-sampah-28-ton-per-hari-daya-tampung-tpa-dadapan-diperluas/

(diakses pada 18 november 2022 pukul 14:33 WIB) https://pacitankab.go.id/menggelorakan-sadar-sampah-untuk-masa-depan-laut

(diakses pada 18 januari 2023 pukul 17:10 WIB) https://radarmadiun.jawapos.com/berita-daerah/pacitan/17/09/2019/wargahasilkan-sampah-28-ton-per-hari-daya-tampung-tpa-dadapan-diperluas/

(diakses pada 18 november 2022 pukul 14:33 WIB) https://pacitankab.go.id/menggelorakan-sadar-sampah-untuk-masa-depan-laut (diakses pada 18 januari 2023 pukul 17:10 WIB)

Wawancara

Ani, Wawancara, 03 April 2023

Herni, Wawancara, 02 April 2023

Lies, Wawancara, 02 April 2023

Nur Hariyanto, Wawancara, 03 April 2023

Sri Widarti, Wawancara, 02 April 2023

Tutik, Wawancara, 03 April 2023

Yorosi, Wawancara, 03 April 2023




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v3i1.13902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 elin dwi suyadi


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com